Review Indodana - Pinjaman Dana Tunai dan Paylater

review-indodana-pinjaman-dana-tunai-dan-paylater

Review Indodana

Indodana adalah platform fintech dengan layanan utama pinjaman dana tunai dan PayLater. Dengan menggunakan aplikasi Indodana ini, kamu bisa meminjam uang tunai melalui online dan berbelanja dengan konsep beli sekarang bayar nanti. Sekilas, layanan yang Indodana tawarkan sangat mirip dengan Kredivo dan Akulaku. Jika layanannya serupa, maka kelebihan apa yang Indodana tawarkan? karena jika tidak ada nilai tambahannya, maka lebih baik kita memilih aplikasi yang sudah lebih dulu ada.

Profil PT. Dana Artha Teknologi

PT. Dana Artha Teknologi adalah nama yang ada dibalik platform Indodana. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2017, atau tepatnya setahun lebih muda dari layanan Kredivo dan Akulaku. Sama halnya seperti misi kebanyakan perusahaan fintech yang lainnya, Indodana juga berinisiatif untuk menjembatani berbagai kebutuhan penggunanya yang tidak memiliki akses langsung ke Bank. PT Artha Dana Teknologi menghadirkan Indodana sebagai solusi agar bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai produk keuangan. Mereka juga telah membuka layanan Pendanaan untuk kamu yang memiliki dana lebih dan juga ingin menginvestasikannya di jalur fintech.

Hal yang menarik dari PT. Dana Artha Teknologi adalah orang-orang dibelakangnya sangat kental pengalamannya dalam dunia keuangan. Rony Wijaya selaku direktur dari perusahaan ini pernah bekerja di BOKU, sebuah startup Payment Gateway di Silicon Valley. Linda Wirawan yang menjabat sebagai komisaris merupakan mantan Head of Marketing di Bank BCA dan Head of Branding di Bank OCBC NISP. Serta ada lagi Carlo Gandasubrata yang juga bertindak sebagai komisaris, hingga kini dia masih menjabat sebagai Head of Partnership di salah satu website portal produk keuangan. Singkat kata, mereka merupakan orang-orang yang mengerti tentang bagaimana cara menjalankan sebuah bisnis keuangan.

Alamat Kantor dan Call Center Indodana

Jika dibansingkan dengan aplikasi pinjaman online lainnya pada segment yang sama, Indo dana terbilang sepi dari oknum yang mengaku sebagai Call Center. Hal ini bisa kita lihat dari tidak adanya foto yang “aneh” pada halaman Google Bisnis milik mereka. Biasanya para oknum penipu ini akan memposting foto yang telah di edit dan ditambahkan nomor WhatsApp mereka. Tujuannya adalah tentu saja agar pengunjung berfikir bahwa nomor tersebut adalah milik pengaduan resmi tim Support aplikasi Indodana.

Alamat Kantor Indodana

Indo dana memiliki 2 kantor, yaitu kantor operasional dan kantor pusat. Alamat yang kamu lihat pada halaman Google Bisnis atau Maps adalah lokasi dari kantor operasional aplikasi Indodana.

Kantor Operasional Indodana
Jl. Tomang Raya No. 38, Jatipulo Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11430

Kantor Pusat Indodana
Menara BCA Grand Indonesia Lantai 36 Jl. MH Thamrin No. 01 Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350

Nomor Telpon Call Center Indodana

Kamu bisa menghubungi Customer Service atau Call Center Indodana di nomor berikut. Pastikan kamu menghubungi pada jam kerja agar keluhan yang kamu sampaikan bisa langsung ditangani.

Customer Service
Telepon : (021) 4059 5888
Email : cs@indodana.com
Jam kerja : Senin-Jumat 08:00-17:00

Social Media
Facebook: https://www.facebook.com/indodana.official
Instagram: https://www.instagram.com/indodana.id
Linkedin: https://www.linkedin.com/company/indodana

Status Indodana di OJK

Apakah Indodana sudah terdaftar di OJK? Tidak hanya sebatas terdaftar, Indodana juga sudah mendapatkan izin permanen dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pertama kali mendaftarkan diri di OJK pada 20 Maret 2018 dan 2 tahun kemudian tepatnya pada 19 Mei 2020 Indodana telah mendapatkan izin resmi dengan nomor surat KEP – 15/D.05/2020. Kamu yang ingin mengajukan pinjaman dana atau paylater di Indodana tidak perlu khawatir, karena memiliki izin dari OJK berarti mereka tunduk serta patuh terhadap ketentuan yang ada.

Selain itu, Indodana juga telah memiliki sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI/ISO 270001. Yaitu sebuah standar keamanan yang menjamin kerahasian data milik pengguna. Apakah berarti data kita akan aman dan tidak akan disalahgunakan? tentunya tidak ada jaminan 100%, namun dengan menerapkan ISO 270001 dalam sebuah perusahaan, setidaknya mereka bisa meminimalisasi masalah keamanan informasi yang mungkin akan timbul.

Cara Pendaftaran Indodana

Tidak ada langkah khusus untuk proses daftar, hampir sama dengan pendaftaran dengan aplikasi pinjol lainnya, yaitu:
  1. Unduh aplikasi Indodana
  2. Daftar dengan nomor ponsel aktif
  3. Lengkapi informasi data diri, pekerjaan, dan akun bank
  4. Ajukan pinjaman dana tunai/paylater.
Karena aplikasi Indodana memiliki dua jenis layanan yaitu pinjaman dana tunai dan paylater, maka kamu bisa mendaftar dari salah satu layanan tersebut. Nantinya data yang kamu telah kamu kirimkan akan diverikasi secara langsung dan kurang dari 30 menit maka kamu akan mengetahui hasilnya.

Syarat Pendaftaran dan Mengajukan Pinjaman Dana Tunai atau Paylater di Indodana

Namun ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum melakukan pendaftaran di Indodana. Jika kamu tidak memenuhinya, maka pendaftaran kamu akan di tolak.

Syarat pendaftaran Indodana:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki e-KTP.
  • Berusia 20 sampai 65 tahun.
  • Memiliki penghasilan Rp 3.500.000 per bulan.
  • Memiliki akun bank atas nama sendiri.
  • Memiliki akun internet banking/BPJS/NPWP (opsional).

Kelangkapan dokumen Indodana:

  • Foto KTP
  • Foto selfie dengan memegang KTP
  • Akun internet banking/BPJS/NPWP atau juga bisa diganti dengan foto slip gaji/id card

Data pengajuan yang harus dilengkapi:

  • Informasi data pribadi
  • Informasi data pekerjaan
  • Kontak darurat
  • Upload dokumen
  • Validasi penghasilan

Izin akses aplikasi Indodana:

  • Kamera
  • Lokasi
  • Telepon
Untuk saat ini area layanan Indo dana belum secara nasional atau masih terbatas hanua melayani kota tertentu saja. Jika kamu kebetulan berdomisili di luar kota yang disebutkan aplikasi, maka kamu bisa menghubungi tim Support untuk menanyakan apakah bisa diberikan pertimbangan.

Area layanan Aplikasi Indodana:

  • Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi)
  • Banten (Serang, Cilegon)
  • Jawa Barat (Bandung, Cimahi, Karawang, Cianjur, Cirebon, Garut, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya dan Sukabumi)
  • Jawa Tengah (Yogyakarta, Semarang dan Surakarta)
  • Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Jember dan Pasuruan).
  • Bali (Denpasar, Badung)
  • Sumatera (Batam, Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Medan, Padang dan Pekanbaru).
  • Kalimantan (Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Palangka Raya dan Samarinda)
  • Sulawesi (Makassar, Manado).

Fitur Pinjaman di Indodana

Seperti yang telah dijelaskan oleh Kami sebelumnya diatas, jika ada dua jenis pinjaman online di Indodana yang bisa kamu pilih, yaitu Pinjaman Dana Tunai dan Paylater. Simak selengkapnya berikut ini:

A. Pinjaman Dana Tunai Indodana

Dana Tunai adalah nama layanan pinjaman uang tunai yang ada di aplikasi Indodana. Layanan ini ditujukan untuk pengguna yang sedang membutuhkan uang cash. Melalui pinjaman online Dana Tunai di Indodana ini kamu bisa meminjam uang hingga Rp 8.000.000 dengan pilihan tenor 1 sampai 6 bulan.

Tabel pinjaman Dana Tunai Indo dana:
Nominal Tenor
Rp 1.000.000 3 bulan
Rp 2.000.000 3 bulan
Rp 3.000.000 3 bulan
Rp 4.000.000 3 bulan
Rp 5.000.000 3 bulan
Rp 6.000.000 3, 4, 5, 6 bulan
Rp 7.000.000 3, 4, 5, 6 bulan
Rp 8.000.000 3, 4, 5, 6 bulan

Cara mengajukan pinjaman dana tunai di aplikasi Indodana:
  1. Unduh aplikasi Indodana di Google Play Store atau melalui link berikut: Indodana Dana Tunai
  2. Daftar nomor Hp. Buka aplikasinya dan masukkan nomor Hp, kemudian lanjut dengan verifikasi.
  3. Pilih produk pinjaman. Klik menu Dana Tunai dan tentukan jumlah pinjaman yang ingin kamu ajukan dan klik “AJUKAN PINJAMAN”.
  4. Isi informasi data diri. Lengkapi semua formulir yang diminta dan syarat yang diperlukan.
  5. Kirim pengajuan. Jika kamu sudah yakin dan semua sudah lengkap, klik “AJUKAN” untuk mengirimkan informasi data pengajuan pinjaman.
  6. Tunggu proses verifikasi. Kamu akan mendapatkan hasil dari pengajuan yang kamu kirimkan kurang dari 30 menit atau paling lama 1×24 jam hari kerja.
Pengajuan pinjaman dana tunai di Indodana yang telah kamu kirimkan akan diproses paling lama 1×24 jam namun bisa juga lebih cepat dari itu. Jika pengajuan pinjaman online kamu di acc, maka kamu akan langsung menerima dananya. Tidak ada lagi konfirmasi alias dana akan langsung masuk ke rekening kamu yang telah di daftarkan pada saat mengisi informasi data pengajuan.

B. Paylater Indodana

Seperti namanya, PayLater adalah sebuah layanan di aplikasi Indodana yang memungkinkan kamu untuk membeli barang dengan cara bayar nanti bahkan bisa di kredit atau dibayar secara mencicil setiap bulannya. Menjadi hebat karena sistemnya sudah terintegrasi dengan ratusan merchant yang telah bekerjasama. Jadi apapun yang ingin kamu beli dan dimanapun kamu akan melakukannya, bayarnya bisa secara otomatis menggunakan layanan Paylater dari Indodana.

Cara daftar dan mengajukan paylater di aplikasi Indodana:
  1. Unduh aplikasi Indodana melalui link berikut: Indodana Paylater
  2. Daftar dengan nomor Hp aktif. Buka aplikasi Indodana dan masukkan nomor Hp kamu, kemudian lanjut dengan verifikasi kode OTP yang di kirim melalui SMS.
  3. Pilih layanan PayLater. Pilih “Ajukan limit PayLater” pada menu utama di dalam aplikasi Indodana.
  4. Isi informasi data pribadi. Lengkapi semua formulir yang diminta dan syarat yang diperlukan.
  5. Kirim pengajuan paylater. Jika kamu sudah yakin semuanya lengkap, klik “AJUKAN” untuk mengirimkan informasi data pengajuan yang telah kamu isi.
  6. Tunggu proses verifikasi. Kamu akan mendapatkan informasi hasil dari pengajuan kamu kurang dari 30 menit atau paling lama 1×24 jam pada hari kerja.
Cara Berbelanja dengan Paylater Indodana:
  1. Kunjungi toko online atau marketplace yang telah bekerjasama dengan Indodana.
  2. Pilih barang yang ingin kamu beli dengan menggunakan pembayaran paylater.
  3. Tambahkan barang pilihan kamu ke keranjang.
  4. Jika proses belanja sudah selesai, maka selanjutnya masuk ke halaman Checkout.
  5. Pada Menu metode pembayaran, pilih Indodana paylater.
  6. Login ke akun Indo dana kamu.
  7. Cek kembali detail pembelian dan tenor cicilan yang telah kamu pilih.
  8. Jika semua sudah sesuai, klik “BAYAR”.
  9. Masukkan OTP yang telah dikirimkan melalui notifikasi SMS.
  10. Transaksi berhasil.

Cara Bayar Tagihan Pinjaman Dana Tunai dan Paylater di Indodana

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membayar pinjaman dana tunai dan paylater di aplikasi Indodana:
  1. Buka aplikasi Indodana yang ada di Smartphone kamu
  2. Klik menu tagihan yang ada di dalam aplikasi Indodana
  3. Salin kode virtual account Indodana sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih
  4. Transfer sejumlah uang sesuai tagihan di aplikasi Indodana dengan tujuan pengiriman ke kode virtual yang kamu salin
  5. Cek status pembayaran tagihan di dalam aplikasi Indodana
  6. Selesai, pembayaran tagihan pinjaman kamu di aplikasi Indodana sudah berhasil dan lunas.

Cara Batalkan Pengajuan Pinjaman dana Tunai dan Paylater di Aplikasi Indodana

Kamu bisa membatalkan pengajuan pinjaman dana tunai dan paylater di Indodana dengan cara menghubungi Call Center Indodana di nomor Telepon: (021) 4059 5888 atau melalui Email: cs@indodana.com pada jam kerja.

Jelaskan alasan kamu ke Call Center kenapa ingin membatalkan pengajuan pinjaman dana tunai atau paylater kamu di aplikasi Indodana.

Note: kamu hanya bisa membatalkan pengajuan apabila dana atau paylater belum disetujui dan dicairkan ke rekening. Jika pengajuan dana atau paylater kamu sudah dicairkan, maka kamu harus membayar sesuai dengan tagihan yang ada di dalam aplikasi Indodana.

Kekurangan dan Kelebihan Indodana

Berikut ini merupakan review kekurangan dan kelebihan Indodana menurut sudut pandang tim ecerin:

Kekurangan

  • Bunga pinjaman besar
  • Biaya admin yang tinggi

Kelebihan

  • Pendaftaran yang mudah
  • Proses pengajuan cepat
  • Tenor pembayaran variatif
  • Sistem dan tampilan rapi

Kesimpulan Review Indodana

Jika kamu sedang membutuhkan aplikasi pinjaman online dan kredit, maka Indodana bisa menjadi alternatif sebagai pilihan. Bahkan untuk layanan kreditnya juga mereka telah menyajikan kualitas yang sama baiknya dengan aplikasi yang sudah lebih dulu ada. Namun khusus untuk layanan pinjamannya, kamu harus berfikir dua kali untuk menjadikan Indo dana sebagai pilihan. Karena mereka mengenakan biaya yang cukup tinggi.

Kelebihan Indo dana adalah pada kesiapan sistem milik mereka. Kamu tidak akan melihat masalah sepele seperti kesalahan teknis dan apapun yang menganggu kenyamanan pengguna. Sebagai contoh keseriusan dari Indodana, merekalah satu-satunya (sejauh yang Kami telah dicoba) aplikasi fintech yang sudah menerapkan Autodebet untuk metode pembayaran tagihan. Namun jika kamu tidak menginginkannya,  jangan lupa dinonaktifkan pada saat melakukan pendaftaran.

Tim ecerin berharap dengan modal kuat yang sudah dimiliki saat ini, aplikasi Indodana bisa menjadi pesaing Kredivo. Harus ada yang memberikan perlawanan yang sepadan agar persaingan di pasar kredit bisa lebih kompetitif. Bagaimana dengan Akulaku? Si Merah tidak usah di ikut sertakan. Karena jika pelayanannya “gitu-gitu aja” maka gelombang hijrah akan segera terjadi. Indodana dengan kondisinya yang sekarang lebih bisa memberikan pengalaman menyenangkan untuk penggunanya daripada Akulaku.