6 Cara Menghapus Data di Kredit Pintar Dengan Mudah dan Cepat

Cara menghapus data di Kredit Pintar bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat melalui tutorial yang ada di bawah ini. Sebagai informasi tambahan, Kredit Pintar merupakan aplikasi yang menyediakan layanan pinjaman uang secara online dan sudah legal terdaftar di OJK.

Setiap kali Kamu menginstal aplikasi pinjaman online, maka akan ada permintaan untuk mengakses kontak yang tersimpan di dalam smartphone, nah hal ini sama seperti yang dilakukan oleh aplikasi pinjol untuk menyadap Smartphone Kamu untuk memperoleh data. Jika kamu telanjur masuk ke dalam dunia pinjol ilegal yang suka menyebarkan data pengguna, berikut ini merupakan cara menghapus data di pinjaman online.

Sebelum kamu menghapus informasi data diri di pinjaman online, pastikan terlebih dahulu jika kamu sudah melunasi semua tagihan beserta dengan beban bunganya. Jangan lari dari tanggung jawab dengan meminjam uang tanpa membayarnya. Karena hal tersebut merupakan salah satu tindakan yang menyalahi aturan dan melanggar hukum.

Cara Menghapus Data di Kredit Pintar

menghapus-data-di-kredit-pintar

Biasanya aplikasi pinjaman online akan meminta izin untuk mengakses nomor kontak, lokasi, jaringan internet, sms, serta telepon kamu. Bahkan lebih parahnya lagi, ada beberapa aplikasi pinjol yang meminta akses media sosial, internet banking, hingga e-commerce milik para nasabahnya. Maka dari itu, kamu perlu waspada dalam menggunakan dan menyebarkan informasi data diri Kamu, berikut ini merupakan enam cara menghapus data di Kredit Pintar agar kamu tidak terus menerus di teror.

1. Hubungi Call Center Kredit Pintar

Jika pinjaman online atau angsuran Kredit Pintar yang kamu ajukan sudah lunas, silakan menghubungi pihak call center Kredit Pintar di nomor (021) 50598882. Ajukan permohonan untuk menghapus data pribadi kalian. Sertakan juga bukti valid bahwa utang dari pinjaman sudah Kamu lunasi.

2. Hapus Data Aplikasi Kredit Pintar

  1. Buka Pengaturan yang ada di smartphone Kamu.
  2. Pilih menu pengaturan Aplikasi.
  3. Cari aplikasi Kredit Pintar.
  4. Pilih "Hapus Data dan Cache".

Setelah melakukan cara menghapus data di aplikasi Kredit Pintar atas, maka data tersebut akan otomatis terhapus dan aplikasi akan kembali seperti semula pada saat pertama kali Kamu buka. Hal ini dapat meminimalisir tersebarnya data diri Kamu sebagai peminjam.

3. Hapus Aplikasi Kredit Pintar

  1. Buka Pengaturan yang ada di Smartphone Kamu.
  2. Pilih Aplikasi.
  3. Cari aplikasi Kredit Pintar.
  4. Pilih Uninstall.

Dengan menghapus aplikasi Kredit Pintar, diharapkan agar Kamu tidak terjerat lagi untuk meminjam di pinjaman online yang berisiko.

4. Ganti Nomor SIM Card

Setelah aplikasi Kredit Pintar dihapus, silakan kamu mengganti kartu SIM Card dengan yang baru. Hal ini bertujuan agar tidak muncul lagi notifikasi pesan dari aplikasi pinjaman online. Sehingga dapat menghilangkan jejak dari pinjaman online yang pernah Kamu gunakan.

5. Hubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Kamu bisa menghubungi OJK jika dalam kurun waktu tertentu setelah kamu melunasi semua utang tetapi Kamu merasa terjadi penyalahgunaan data pribadi.

Melaporkan aplikasi tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar dapat diproses apakah aplikasi tersebut memang benar berada di bawah pengawasan OJK. Jika terbukti aplikasi pinjol ilegal, tentunya pihak OJK akan langsung memblokir aplikasi tersebut. Kamu dapat menghubungi OJK melalui kontak di bawah ini:

  • Website OJK: www.ojk.go.id
  • WhatsApp resmi OJK: 081-157-157-157
  • Email: waspadainvestasi@ojk.go.id
  • Kontak resmi OJK: nomor 157.

Kesimpulan

Tetap jaga informasi data diri pribadi kamu agar tetap aman pada saat melakukan transaksi secara online di berbagai aplikasi pinjol yang sudah terdaftar di OJK.

Itulah beberapa informasi terbaru mengenai bagaimana cara menghapus data di Kredit Pintar dengan mudah dan cepat yang bisa Kamu lakukan.