Review Rupiah Cepat - Pinjaman Dana Online

Pada artikel kali ini ecerin akan berbagi informasi kepada Kamu tentang review Rupiah Cepat berdasarkan pengalaman salah satu tim kami pada saat mengajukan pinjaman online di aplikasi pinjol yang satu ini.

Review Rupiah Cepat (RuCep) Pengalaman Mengajukan Pinjaman Online


review-rupiah-cepat-aplikasi-pinjaman-online

Rupiah Cepat merupakan salah satu aplikasi pinjaman online ternama di Indonesia yang aman dan legal karena telah terdaftar serta mengantongi izin dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Apa itu Rupiah Cepat?

Rupiah Cepat adalah salah satu aplikasi pinjaman online di Indonesia yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Aplikasi Rupiah Cepat menawarkan pinjaman mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 5.000.000 dengan pilihan tenor hingga maksimal 3 bulan. Yang membedakan Rupiah Cepat dengan aplikasi pinjol lainnya adalah mereka mampu memproses setiap pengajuan yang ada dengan sangat cepat.

Tidak lama setelah kamu menyelesaikan semua proses pendaftaran, kamu akan mendapatkan notifikasi apakah pengajuanmu disetujui atau ditolak. Dan jika diterima, maka uang pinjaman di aplikasi Rupiah Cepat yang kamu ajukan akan segera dikirim ke rekening milik kamu.

Kantor dan Call Center Rupiah Cepat

Rupiah Cepat didirikan dan di miliki oleh PT Kredit Utama Fintech Indonesia (KUFI) yang berkantor pusat di Sunter Jakarta Utara. Direktur dari PT Kredit Utama Fintech Indonesia, Prihara Dwi Ariyanto, pernah bekerja di salah satu Bank terkemuka di Indonesia yaitu CIMB Niaga dan Bank Lippo. Dengan pengalaman keuangan yang dimilikinya selama lebih dari 10 tahun lamanya, Rupiah Cepat diharapkan mampu menjadi perusahaan yang memberikan solusi dalam perekonomian di negara Indonesia. Khususnya bagi para pengguna yang tidak dapat dilayani oleh lembaga keuangan tradisional.

Alamat kantor Rupiah Cepat

PT Kredit Utama Fintech Indonesia
Komplek Puri Mutiara Blok B Nomor BF 07-08
Jalan Griya Utama Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14350
Telpon Customer Service 0804 1909 999
Email cs@rupiahcepat.co.id
Website https://www.RupiahCepat.co.id
Facebook https://www.facebook.com/RupiahCepatOfficial/
Instagram https://www.instagram.com/rupiah.cepat/
Line @rupiahcepat

Penipuan Atas Nama Rupiah Cepat

Krediblog selalu mengingatkan kepada kamu untuk selalu waspada dan berhati-hati terkait oknum yang mengaku sebagai Customer Support dari aplikasi Rupiah Cepat. Baik yang menghubungi kamu melalui sosial media, blog atau website non official ataupun di channel yang lainnya. Kontak dan Call Center aplikasi pinjaman online Rupiah Cepat adalah seperti yang tertera pada tabel diatas atau kamu juga bisa cek sendiri di website Rupiah Cepat. Selain data yang ada diatas, sudah sepantasnya kamu untuk curiga bagaimanapun cara oknum meyakinkannya.

Misalnya saja di Twitter, tim Kami sering menjumpai ada banyak sekali akun yang menggunakan atau mengatasnamakan pihak dari aplikasi Rupiah Cepat. Hal yang sama juga terjadi di sosial media lainnya seperti Facebook dan Instagram. Jika kamu tidak menandai halaman atau Fanspage asli milik Rupiah cepat, kami menjamin kalau kamu akan tertipu dengan akun kloningan yang lainnya. Akun digital sangat mudah untuk ditiru, salah satu cara membedakannya adalah dengan melakukan deklarasi dari yang bersangkutan bahwa, “alamat Twitter kami ada di…”.

Lalu apa tujuan mereka meniru dan mengaku sebagai Customer Support dari Rupiah Cepat? ada banyak sekali motif dengan berbagai tujuan. Untuk jenis penipuan aplikasi jenis pinjaman ini biasanya berupa permintaan Fee sebagai syarat pengajuan layanan pinjaman atau agar pengajuannya cepat di acc, menunjukkan nomor rekening yang salah untuk tujuan pembayaran tagihan, meminta informasi data pribadi hingga yang paling buruk ialah mengambil alih akun Rupiah Cepat kamu.

Syarat Mengajukan Pinjaman di Rupiah Cepat

Syarat daftar atau mengajukan pinjaman di aplikasi Rupiah Cepat sangat mudah dan tidak ribet, hanya dengan jaminan KTP maka kamu sudah bisa melakukan pengajuan. Namun dalam proses pendaftarannya tetap terdapat langkah-langlah yang harus kamu lewati.

Syarat umum pendaftaran pengajuan pinjaman Rupiah Cepat:
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Memiliki e-KTP dan,
  • Memiliki rekening Bank atas nama pribadi
Data-data pada saat pendaftaran yang harus dilengkapi diantaranya: informasi pekerjaan, kontak darurat, informasi tambahan dan data diri kamu.

Legalitas Rupiah Cepat di OJK

Jangan khawatir, aplikasi Rupiah Cepat sudah legal terdaftar di OJK dan bahkan sudah mengantongi izin usaha dengan nomor surat KEP -132/D.05/2019.

Pada publikasi situs OJK per April 2020, terdapat total 161 pinjaman online yang terdaftar dan berizin OJK, dengan rincian 25 berizin dan 135 terdaftar. Aplikasi pinjaman Rupiah Cepat termasuk ke dalam 25 Fintech yang sudah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Fintech yang sudah resmi berizin OJK berarti sudah berdiri selama minimal 1 tahun karena untuk mendapatkan izin ini mereka harus melewati masa peninjauan terlebih dahulu selama 1 tahun. Kemudian 1 tahun setelah mendapatkan tanda terdaftar, Fintech tersebut harus mengajukan permohonan perizinan ke OJK. Seperti yang terlihat pada nomor legalitasnya, aplikasi Rupiah Cepat, sudah berdiri setidaknya lebih dari 2 tahun.

Unduh Aplikasi Rupiah Cepat

Untuk saat ini, aplikasi pinjaman Rupiah Cepat baru tersedia dan bisa di unduh pada platform Android saja dan belum bisa digunakan oleh pengguna iOs. Namun jika kamu merupakan salah satu pengguna iOs dan ingin mengajukan pinjaman, Rupiah Cepat telah menyediakan pengajuan via website khusus untuk pengguna iOs dengan cara membuka link berikut via browser safari dari perangkat iOs kamu: Rupiah Cepat iOS. Tim Kami belum pernah mencobanya karena tidak ada yang memiliki perangkatnya.

Secara umum, rating aplikasi Rupiah Cepat di Google Play Store lumayan bagus. Mereka mendapatkan rating 4,4 dari 590.000 pengguna. Pengguna yang memberikan bintang 5 kebanyakannya adalah mereka yang merasa sudah terbantu dengan layanan pinjaman Rupiah Cepat ini. Mereka memberi kredit khusus untuk kecepatan dan kemudahan dalam proses mengajukannya. Dan mereka yang memberikan bintang 1 adalah yang merasa dikecewakan. Kasusnya sangat bervariasi mulai dari pengajuannya ditolak, limit pinjaman yang tak kunjung bertambah hingga pengguna yang memiliki masalah pada saat pembayaran pinjaman di Rupiah Cepat.

Kamu yang berniat mengajukan pinjaman online di aplikasi Rupiah Cepat bisa mendownloadnya langsung dari Google Play Store. Atau jika kamu membaca ini dari Smartphone Android, maka kamu juga bisa mendownloadnya melalui link berikut ini:
 Rupiah Cepat Android

Bunga Pinjaman Rupiah Cepat

Aplikasi Rupiah Cepat terkesan ambigu dalam memberikan keterangan bunga. Informasi terkait bunga pinjaman di Rupiah Cepat hanya mereka tuliskan di deskripsi Google Play Store dan tidak kami temukan pada website, bahkan di bagian FAQ.

Pada Google Play Store, mereka menulis besaran bunga pinjaman Rupiah Cepat maksimal 24% pertahun. Ketika tim ecerin mengajukan pinjaman, bunga yang dikenakan adalah 22% per tagihan untuk pinjaman sebesar Rp 900.000 dengan tenor pembayaran 20 hari.

Kami tidak mengerti maksud dari pihak Rupiah Cepat dengan bunga 24% pertahun, tetapi mereka mengenakan bunga sebesar 22% untuk pinjaman yang “hanya” Rp 900.000 dan tenor yang “cuma” 20 hari adalah jenis layanan yang termasuk ke dalam kategori “cukup kali ini aja!”.

Mereka juga menyebutkan bahwa tidak ada biaya admin yang dikenakan, tim ecerin memberikan konfirmasi bahwa, “Ya” itu benar. Namun itu bukanlah kabar baik melainkan keputusan yang dengan jelas dapat dimengerti. Mengenakan biaya admin (berapapun itu) untuk pinjaman yang bunganya hampir 1/4 dari besar pinjaman adalah tindakan yang sungguh keterlaluan.

Denda Keterlambatan

Aplikasi pinjaman Rupiah Cepat termasuk ke dalam kategori fintek lending yang “keras” terkait dengan denda keterlambatan cicilan. Jika kamu terlambat membayar tagihan, maka kamu akan dikenakan denda sebesar 2%/hari. Denda akan terus dibebankan sampai kamu membayar dan melunasi tagihan. Artinya semakin lama kamu telat bayar, maka akan semakin besar denda yang harus kamu bayarkan.

Kita ambil contoh pinjaman tim ecerin sebesar Rp 900.000. Misal karena satu alasan tim kami tidak bisa membayar tagihan sampai 30 hari lamanya, itu artinya pada saat pelunasan jumlah total yang harus kami bayarkan adalah Rp 1.747.572. Dengan rincian Rp 1.092.233 cicilan tertagih dan Rp 655.339 denda keterlambatan selama 30 hari. Setelah meminjam uang di aplikasi Rupiah Cepat, tim ecerin jadi mengetahui kenapa banyak orang yang terjebak dalam jerat pinjaman online.

Metode Pembayaran Pinjaman Rupiah Cepat

Pinjaman Rupiah Cepat menyediakan berbagai pilihan metode untuk pembayaran tagihan. Sudah menerapkan Virtual Account statis untuk Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB, Danamon dan Permata.

Tagihan pinjaman di aplikasi Rupiah Cepat juga bisa dibayarkan melalui OVO dan minimarket. Namun untuk minimarket yang bisa untuk melakukan pembayaran hanya Alfamart saja.

Cara Mengajukan Pinjaman di Aplikasi Rupiah Cepat

Setelah kamu mengetahui lebih rinci tentang aplikasi pinjaman online Rupiah Cepat, sekarang saatnya kamu mengetahui langkah-langkah proses mengajukannya. Di bawah ini merupakan Live Record pengajuan pinjaman salah satu tim ecerin.com.

Tim Kami akhirnya mendapatkan pinjaman sebesar Rp 900.000 dengan tenor pembayaran selama 20 hari. Tagihan yang harus dibayarkan adalah Rp 1.092.233 atau dibebankan bunga sebesar Rp 192.233. Perhatikan tabel berikut:

Nominal pinjamanRp 900.000
Tenor pinjaman20 hari
Yang harus dibayarkanRp 1.092.233
Bunga dalam %21,4%
Bunga dalam rupiahRp 192.233
Tutorial cara pinjam di Rupiah Cepat:

1. Instal Aplikasi Rupiah Cepat

Unduh dan instal aplikasi Rupiah Cepat melalui Google Play Store.

2. Daftar dan verifikasi nomor ponsel

Masukkan nomor HP dan verifikasikan dengan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Lanjutkan langkah berikutnya dengan membuat kata sandi.

3. Ajukan pinjaman

Pada tab “Rumah” klik pada menu ‘Lihat Lebih Banyak' untuk mengajukan pinjaman di aplikasi Rupiah Cepat. Abaikan saja ‘Jumlah Pinjaman' karena hal itu sama sekali tidak berpengaruh pada pengajuan. Nanti kamu akan diarahkan ke form kelengkapan data.

4. Lengkapi informasi data diri

Lengkapi informasi data diri yang dibutuhkan, diantaranya ialah: informasi pekerjaan, kontak darurat dan informasi tambahan.

5. Lengkapi informasi identitas

Kamu akan diminta untuk memberikan foto KTP dan foto selfi dengan memegang KTP. Dilanjutkan dengan proses verifikasi wajah, perhatikan petunjuk yang benar untuk melakukan verifikasi wajah. Jika kedua langkah ini sudah berhasil kamu lakukan, maka pengajuan pinjaman online kamu di aplikasi Rupiah Cepat akan otomatis terkirim.

6. Pengajuan pinjaman sukses

Kamu akan menerima notifikasi melalui SMS yang memberitahukan jika status pengajuan pinjaman kamu sukses. Jika pengajuan kamu diterima, maka dana pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening peminjam. Dan akan muncul tagihan yang harus kamu bayarkan di dalam aplikasi.

7. Pengajuan pinjaman selesai

Proses pengajuan pinjaman di aplikasi Rupiah cepat sudah selesai.

Limit Saldo Pinjaman di Aplikasi Rupiah Cepat

Limit pinjaman yang akan kamu dapatkan tergantung dari kredit skoring Rupiah Cepat. Mereka menggunakan bantuan big data dan AI (Artificial Intelligence) untuk melakukan kalkulasi data yang kamu masukkan dengan parameter yang telah mereka tentukan. Setelah itu akan didapat “nilai pantas” untuk setiap pengajuan. Nilai pantas inilah yang kamu dapatkan dalam bentuk limit pinjaman. Kisarannya mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 5.000.000. Kredit skoring ini adalah mutlak wewenang dari pihak Rupiah Cepat. Dalam pengalaman tim Kami yaitu sebesar Rp 900.000.

Limit saldo adalah bagian pertama yang tidak kita suka dari pinjaman Rupiah Cepat. Tidak masalah kredit skoring tim Kami hanya Rp 900.00, namun seharusnya pihak dari pinjaman Rupiah Cepat memberikan konfirmasi apakah limit saldo Rp 900.000 tersebut akan jadi dipinjam semua atau mau kurang dari itu.

Bagian kedua yang tidak kita sukai adalah ketiadaan konfirmasi pemilihan tenor pembayaran. Sekali lagi tidak masalah jika kredit skoring ecerin hanya Rp 900.000, tetapi seharusnya pihak pinjaman Rupiah Cepat memberikan kejelasan untuk pilihan tenor pembayaran yang tersedia.

Disini yang terjadi adalah pihak Rupiah Cepat memberikan kredit skoring kemudian secara sepihak langsung menjadikan hasil dari kredit skoring tersebut seluruhnya sebagai pinjaman dengan tenor yang bisa dikatakan suka-suka mereka. Tanpa adanya konfirmasi dan juga tanpa persetujuan dari peminjam.

Yang Seharusnya Dilakukan Pihak Rupiah Cepat

Hubungan pinjam meminjam adalah anatar kepercayaan. Atas dasar itu, maka setiap keputusan yang diambil harus secara jelas dan terbuka, diketahui serta disetujui oleh kedua belah pihak. Alasan Kami memberikan rating rendah pada review Rupiah Cepat diatas adalah karena mereka tidak melakukan hal itu. Mereka mengambil keputusan sepihak tanpa melakukan konfirmasi terakhir ke peminjam.

Pada penerapan aplikasi, Rupiah Cepat bisa memberikan kredit skoring dalam bentuk limit pinjaman, dan dari limit pinjaman yang didapat tersebut pengguna kemudian diberikan pilihan berapa yang akan dipinjam berikut dengan pilihan tenor pembayarannya. Disitu harusnya tertera lengkap jika pinjam sekian akan dikenakan bunga sekian persen, sehingga harus bayar sekian. Terserah formatnya mau seperti apa, tapi berikan pengguna kesempatan terakhir untuk membuat pertimbangan terhadap pilihannya. Sistem ini diaplikasikan dengan sangat baik oleh banyak fintek lending lainnya yang ada di Indonesia, sebut saja Pinjaman Kredit Pintar dan Pinjaman Tunaiku.

Apa yang aplikasi Rupiah Cepat terapkan sekarang adalah sebuah prosedur yang sangat tidak bikin nyaman pengguna kalau tidak mau dibilang “menjebak”. Dampaknya adalah hilang rasa aman dan timbulnya perasaan kesal.

Cara Bayar Tagihan Pinjaman di Aplikasi Rupiah Cepat

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membayar pinjaman di aplikasi Rupiah Cepat:
  1. Masuk dan Login ke aplikasi Rupiah Cepat yang ada di Smartphone kamu
  2. Klik menu Tagihan yang terletak pada menu bagian bawah di dalam aplikasi Rupiah Cepat
  3. Salin kode virtual account Rupiah Cepat sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih
  4. Lanjutkan pembayaran pinjaman di Rupiah Cepat dengan mengirimkan sejumlah uang sesuai tagihan yang ada di dalam aplikasi Rupiah Cepat ke kode Virtual Akun Rupiah Cepat sebagai tujuan pengirimannya
  5. Cek status pembayaran di dalam aplikasi Rupiah Cepat
  6. Selesai, tagihan pinjaman kamu di aplikasi Rupiah Cepat sudah lunas.

Cara Batalkan Pinjaman di Aplikasi Rupiah Cepat

Kamu bisa membatalkan pinjaman di Rupiah Cepat dengan cara menghubungi Call Center Rupiah Cepat di nomor 0804-1909-999 atau kamu juga bisa langsung menghubungi media sosial Rupiah Cepat di sini=> Facebook Rupiah Cepat untuk langsung menginformasikan terkait pembatalan pinjaman kamu di aplikasi Rupiah Cepat.

Kelebihan dan Kekuranga Rupiah Cepat

Aplikasi pinjaman online Rupiah Cepat seperti namanya bisa memberi kamu pinjaman dengan proses yang cepat. Tidak lebih dari 5 menit setelah pengajuan kamu berhasil disetujui, maka akan menerima pinjaman yang dijanjikan. Sayangnya menurut sudut pandang Kami hal itu terlalu cepat sehingga cenderung lebih dekat ke terburu-buru. Ada beberapa poin yang sangat esensial dalam proses mengajukan pinjan online namun terlewat. Jika kamu memiliki pilihan aplikasi pinjol yang lainnya, silahkan lanjutkan dengan yang itu saja dan skip yang satu ini. Aplikasi Rupiah Cepat bukan pilihan yang tepat, kecuali kamu memang sedang berada dalam kondisi seperti: membutuhkan uang secepatnya dan kesulitan mengajukan pinjaman di aplikasi lain.

KELEBIHAN

  • Proses pendaftaran mudah
  • Syarat gampang
  • Dana pinjaman langsung dikirimkan setelah pengajuan berhasil disetujui

KEKURANGAN

  • Tidak ada pilihan nominal pinjaman yang akan diajukan
  • Tidak ada pilihan tenor pembayaran
  • Proses pinjaman ditentukan secara sepihak tanpa persetujuan terakhir dari peminjam

Review Pengalaman Telat Bayar Rupiah Cepat

Tim inReviews memiliki pengalaman telat bayar atau gagal bayar (galbay) Rupiah Cepat pada saat pengajuan pinjaman yang kedua, aplikasi pinjaman online yang satu ini hanya menelepon nomor pengajuan dan juga kondar saja saat melakukan penagihan, mereka tidak melakukan kunjungan kerumah untuk tagih pinjaman.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan perihal Rupiah Cepat review berdasarkan pengalaman salah satu ngademin di situs inReviews.Net.