Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi tentang review EasyCash berdasarkan pengalaman Kami sendiri agar informasinya lebih valid dan informatif. Penasaran, proses apa saja yang harus dilakukan agar pengajuan pinjaman di aplikasi EasyCash bisa di ACC atau disetujui? Simak selengkapnya berikut ini!

review-aplikasi-easycash

Easycash adalah salah satu aplikasi pinjaman online di Indonesia yang aman dan legal karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK yang menawarkan dana tunai cepat cair dengan syarat cukup KTP saja sebagai jaminannya. Apakah aplikasi pinjol itu penipu atau tidak?, dimana EasyCash bisa diunduh?

Dari pengalaman Kami pada saat mengajukan pinjaman di EasyCash, proses pengajuannya cepat dan juga persyaratan yang mudah merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi fintech P2P lending. Tapi kita sebagai peminjam perlu memperhatikan biaya dan bunga kredit yang dibebankan, ternyata cukup tinggi loh.

Perkembangan teknologi Fintech membuat masyarakat milenial seperti sekarang ini bisa mengajukan kredit secara online dengan cepat dan mudah. Berbeda sekali dengan beberapa tahun yang lalu, pada saat proses kredit hanya bisa dilakukan melalui bank saja, yang tidak hanya sebatas lama tetapi juga sulit.

Fintech menawarkan cara baru dalam mengajukan pinjaman, yaitu:
  • Syarat hanya e-KTP dan foto selfie
  • Bisa cair cepat kuranhg dari 24 jam sejak mengirimkan pengajuan
  • Tenor fleksibel. Mulai dari tenor pendek 30 hari sampai cicilan 6 bulan
  • Proses online tanpa harus tatap muka. Tidak perlu bertemu dan juga tidak menyerahkan dokumen fisik.
  • Tidak ada survey.
Namun, kemudahan layanan fintech tersebut dicederai oleh maraknya pinjol ilegal yang banyak merugikan pengguna aplikasi pinjaman online. Baik dari bunga yang sangat tinggi, atau cara penagihan yang tidak sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk itu, jika kamu memang berminat mengajukan pinjaman online, maka kamu hanya perlu menggunakan pinjaman online yang sudah berizin OJK.

Salah satu aplikasi pinjaman online yang aman dan legal karena telah terdaftar serta memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan OJK yaitu Easycash. Untuk itu, Kami kemudian mencoba meminjam dana dan membagikan review EasyCash pada artikel ini.

Review EasyCash

Easycash adalah perusahaan Fintech P2P Lending resmi berizin OJK yang dijalankan oleh PT Indonesia Fintopia Technology pada 13 November 2017.

Data statistik menunjukan pemberian pinjaman peer to peer aplikasi EasyCash (sumber dari situs resmi perusahaan) berikut ini:
  • Total Pinjaman yang telah dicairkan sejak didirikan sejumlah Rp 6.1 Triliun
  • Jumlah Total Peminjam yang aktif + lunas 1,362,942
  • Jumlah total Peminjam masih aktif 507,550
Dari data yang ada di atas, maka kita bisa melihat bahwa aplikasi Easycash mempunyai finansial dan komitmen yang kuat dalam memberikan kredit / pinjaman.

Pengajuan pinjaman dilakukan melalui aplikasi Easycash yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan Apple Store.

Buka aplikasi Easycash, kemudian lakukan registrasi dan isi informasi data diri sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.

Secara garis besar, proses pengajuan pinjaman online di aplikasi EasyCash sebagai berikut:
  1. Unduh Aplikasi EasyCash di Google Play Store / App Store
  2. Isi formulir pengajuan pinjaman
  3. Proses analisa data dan persetujuan
  4. Dana pinjaman ditransfer ke rekening peminjam

Alamat Kantor dan Call Center CS EasyCash

Alamat kantor EasyCash berada di Menara Dea 2 Lantai 18-20, Jalan Mega Kuningan Barat 1-2 Kav E4 setiabudi, Kuningan Timur Jakarta Selatan 12950, DKI Jakarta, Indonesia.
Customer Service: 021-50200060
Email: service@geteasycash.asia

Fitur Pinjaman dan Tenor

Easycash menyediakan produk pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek yang harus dilunasi sekaligus (pokok + bunga) pada akhir pinjaman atau dicicil selama beberapa bulan.

Fitur pinjaman di aplikasi Easycash adalah: 
  • Plafon: Rp 1 juta hingga Rp 5 juta
  • Tenor: 15 hari sampai 6 bulan
Jika dilihat dari sisi plafon dan tenor, Easycash menawarkan fleksibilitas buat para penggunanya. Mau minjem dana kecil sampai besar juga disediakan, demikian juga dengan masa kredit bisa singkat atau lama juga diberikan pilihan.

Namun, plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan oleh EasyCash ke peminjam, bisa berubah tergantung pada hasil credit score kamu. 

Setelah kamu selesai mengisi data, lalu nantinya data yang kamu kirimkan akan diolah oleh credit scoring, aplikasi akan menampilkan jumlah plafon dan tenor yang bisa kamu pinjam. Bisa saja penawarannya berbeda dengan apa yang ditampilkan di dalam aplikasi.

Penggunaan aplikasi di smartphone membuat fintech bisa menawarkan pinjaman online secara customized. Menapilkan hasil yang berbeda setiap orang, tergantung pada hasil analisa dan profil dari peminjam.

Biasanya setelah kamu melunasi tagihan pinjaman pertama, maka plafon pinjaman kedua bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung catatan pembayaran dari peminjam. Karena itu, kamu perlu membayar pinjaman sebelum jatuh tempo (japo) agar bisa meminjam lagi.
 

Area Layanan EasyCash

Area layanan Easycash saat ini sudah dapat menjangkau hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia. 

Kamu dapat melihat area layanan di dalam aplikasi EasyCash. Apabila nama daerah tempat tinggal kamu sudah tercantum, maka kamu bisa mengajukan pinjaman online.
 

Bunga dan Biaya Pinjaman

Easycash membebankan dua jenis biaya ke peminjam, yaitu: bunga dan biaya admin.

1. Bunga per Hari

Bunga di Easycash yaitu sebesar 0.8% per hari. Hal ini sesuai dengan ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke nasabah P2P adalah sebesar 0.8% per hari.

Catatan: sesuai dengan ketentuan OJK dan asosiasi Fintech yang terbaru, bunga pinjaman maksimal di P2P diturunkan menjadi 0.4% per hari.
 

2. Biaya Admin Pada Saat Pencairan Pinjaman

Selain bunga, Easycash juga memotong biaya admin yang dipotong pada saat pencairan, yaitu sebesar 10% dari pinjaman. Peminjam akan menerima pencairan lebih kecil dari yang disetujui, karena telah di potong biaya admin atau layanan.

Misalnya saja pinjaman yang disetujui adalah Rp 1 juta, maka yang akan dicairkan ke rekening hanya Rp 900 ribu. Perhitungan bunga untuk pinjaman Rp 1 juta.

Pengembalian pinjaman merujuk pada jumlah yang telah disetujui dan bukan pada jumlah yang dicairkan ke rekening peminjam. Itulah sebabnya biaya admin ini pada dasarnya menambah beban bunga peminjam.
 
Dokumen dan Peryaratan Pengajuan Pinjaman di EasyCash
Persyaratan mengajukan pinjaman di aplikasi EasyCash adalah:
  • Warga Negara Indonesia (WNI),
  • Memiliki e-KTP,
  • Memiliki rekening bank atas nama peminjam,
  • Memiliki nomor HP aktif,
  • Memiliki penghasilan tetap.
Rekening bank yang sesuai dengan identitas KTP milik peminjam menjadi syarat penting agar pinjaman yang diajukan bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah bagus, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan KTP peminjam, maka aplikasi EasyCash tidak akan mencairkan pinjaman.

Dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman di aplikasi EasyCash hanya foto KTP saja.

Tidak ada permintaan untuk menyerahkan dokumen id card atau slip gaji. Tidak dimintanya slip gaji akan sangat mempermudah proses pengajuan.
 

Proses Verifikasi Pinjaman

Pihak aplikasi EasyCash akan melakukan proses verifikasi. Tujuan proses verifikasi ini adalah memastikan data valid atau tidak dan menganalisa kemampuan peminjam membayar tagihan.

Verifikasi merupakan salah satu proses yang penting dalam menganalisa kredit. Hasil verifikasi biasanya akan menentukan keputusan disetujui atau tidaknya pengajuan pinjaman kamu di EasyCash.

Tidak sedikit calon nasabah yang ditolak karena gagal di tahap verifikasi data.

Yang menariknya adalah pihak EasyCash tidak melakukan proses verifikasi ke calon peminjam baik lewat telepon atau bahkan melalui kunjungan. Tidak ada konfirmasi lagi setelah selesai mengajukan pinjaman di dalam aplikasi EasyCash.

Jelas, proses verifikasi di pinjaman online EasyCash ini akan mempermudah dan meningkatkan kemungkinan kredit kamu disetujui. Kemungkinan credit scoring di EasyCash sudah sedemikian bagusnya sehingga tidak perlu lagi melakukan verifikasi melalui telepon.

Cara Mengajukan Pinjam di Easycash

Berikut ini adalah review cara pengajuan pinjaman online di aplikasi Easycash, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Unduh Aplikasi EasyCash

Masuk ke Google Playstore atau App Store, silahkan unduh aplikasi easycash atau melalui link berikut ini: EasyCash Android

Setelah diunduh, instal dan masuk ke dalam aplikasi, nanti akan muncul pilihan untuk mengajukan pinjaman atau berinvestasi.

Pilih mengajukan pinjaman untuk mendapatkan dana tunai cepat cair di EasyCash. Perhatikan bahwa di aplikasi sudah tercantum logo OJK yang menunjukkan bahwa perusahaan ini legal terdaftar dan diawasi OJK.

Logo OJK ini penting untuk kamu karena saat ini banyak aplikasi pinjaman online ilegal. Akan sangat berbahaya jika kamu mengajukan pinjaman di pinjol illegal.

2. Daftar dan Verifikasi kode OTP

Daftar dengan nomor ponsel kamu dan lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui notifikasi SMS. 

Setelah mengunduh aplikasi EasyCash, calon peminjam akan diminta untuk mengisi no ponsel aktif, yang digunakan untuk daftar pengajuan pinjaman (ini wajib), lalu Easycash akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor terdaftar melalui notifikasi SMS yang harus di masukkan kodenya ke aplikasi.

Calon peminjam harus menggunakan ponsel yang sama untuk mengajukan kredit. Penggantian ponsel bisa menyebabkan penolakan pengajuan pinjaman di aplikasi EasyCash.

3. Ajukan Pinjaman

Setelah selesai mendaftar dan verifikasi nomor telepon, aplikasi Easycash akan menampilkan plafon pinjaman dan tenor pembayaran yang bisa diambil.

Tapi, pada tahap ini peminjam belum bisa memilih plafon dan tenor sesuai dengan keinginan. 

Kenapa? Karena proses pengajuan pinjaman di aplikasi Easycash nantinya akan meminta calon peminjam untuk mengisi data secara lengkap, lalu sistem credit scoring Artificial Intelligence (AI) akan mengolah dan setelah itu akan menetapkan berapa besar plafon pinjaman dan berapa tenor pembayaran yang bisa diajukan.
 

4. Foto KTP

Ambil foto KTP kamu dan pastikan jika foto KTP diambil dalam kondisi terang, jelas, terbaca dan juga ditempatkan pada form yang sudah tersedia.

5. Konfirmasi Data KTP

Foto KTP yang sudah diambil akan terbaca secara otomatis oleh mesin AI easycash. Hasilnya nanti akan ditampilkan dan peminjam harus melakukan konfirmasi atas kebenaran data tersebut.

6. Foto Selfie Memegang KTP

Ambil foto selfie memegang KTP dengan kamera ponsel. Pada tahap ini, kamu tidak diperbolehkan untuk mengambil foto dengan menggunakan kamera dari HP lain.

Pastikan juga kalau hasil foto selfie terlihat jelas, tidak kabur dan sesuai dengan panduan dari aplikasi EasyCash. Hasil foto selfie sangat penting karena akan dibaca oleh sistem AI EasyCash untuk dianalisa.

7. Data Rekening Bank

Untuk tujuan pencairan pinjaman, maka nama di rekening bank harus sama dengan identitas KTP yang didaftarkan. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan fraud atau penyalahgunaan data.

Untuk memastikan hal itu, aplikasi Easycash secara otomatis akan mengambil nama pengajuan pada identitas KTP yang sudah di daftarkan sebagai nama rekening peminjam. Nama rekening bank yang sudah tercantum tidak bisa dirubah lagi.

Hal ini akan menjadi masalah buat mereka jika nama di KTP berbeda dengan nama yang ada di rekening bank. Sistem Easycash tidak memungkinkan hal itu.
 

8. Informasi Data Pribadi dan Alamat

Data pertama yang harus kamu isi adalah identitas diri peminjam, mulai dari nama, alamat, no HP, status pernikahan, no WA, alasan meminjam, status tempat tinggal dan alamat rumah.

Semua formulir harus kamu isi dengan lengkap. Jika tidak lengkap, maka proses pengajuan tidak bisa dilanjutkan.

9. Informasi Kontak Darurat

Selain informasi data diri, kamu juga harus mengisi formulir kontak darurat dengan memasukan nama dan nomor telepon orang terdekat, seperti keluarga, rekan kerja, suami / istri, atau anak kamu.
 

10. Informasi Pekerjaan

Tahap berikutnya adalah pengisian informasi data pekerjaan dan jumlah penghasilan per bulan. Proses yang satu ini termasuk paling penting karena berdasarkan informasi ini, maka pihak EasyCash menentukan apakah peminjam memiliki kemampuan keuangan untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.

Data pekerjaan yang wajib di isi adalah:
  • Jumlah penghasilan per bulan
  • Lama Masa Kerja
  • Nama Perusahaaan tempat bekerja
  • Alamat Perusahaan
  • Tanggal Penerimaan Gaji
  • Nomor Telepon Perusahaan

11. Pengajuan Pinjamaan Diproses

Setelah semua informasi data yang di perlukan kamu isi, maka sistem credit scoring Easycash akan mengolah dan memunculkan rekomendasi plafon pinjaman serta tenor pembayaran yang bisa kamu ambil.
 

12. Persetujuan dan Plafon Disetujui (Kalkulator)

Keputusan credit scoring adalah proses final, yaitu approve atau reject, disetujui atau ditolaknya pengajuan pinjaman kamu.

Plafon yang direkomendasikan EasyCash untuk Kami lebih rendah jika dibandingkan dengan plafon awal yang ditampilkan ketika membuka aplikasinya. Kemungkinan disebabkan karena ini adalah pinjaman pertama kita.

Karena nanti setelah kita berhasil melunasi pinjaman pertama dengan tepat waktu, maka Kami akan langsung mendapatkan kenaikan limit pinjaman. Kenaikkan limit kredit ini memungkinkan Kami untuk mengambil jumlah pinjaman yang lebih besar di kesempatan berikutnya.

Apabila pengajuan ditolak, maka kamu bisa mengajukan kembali. Untuk bisa melakukan pengajuan kembali, nanti EasyCash akan memberitahukannya melalui notifikasi di aplikasi.
 

13. Tanda Tangan Elektronik

Setelah pengajuan pinjaman di aplikasi EasyCash disetujui, silahkan klik.menu "pinjam segera".

Tahap berikutnya adalah proses tanda tangan elektronik atas Perjanjian Pinjam Meminjam. Tanda tangan elektronik ini adalah kesepakatan yang sudah disetujui oleh OJK antara peminjam dan pemberi pinjaman untuk melakukan persetujuan perjanjian lewat online, dan tidak perlu tanda tangan basah.
 

14. Proses Pencairan Pinjaman di EasyCash

Setelah selesai proses tanda tangan elektronik di dalam aplikasi, maka Easycash akan menyatakan bahwa proses sudah selesai dan pencairan pinjaman akan dilakukan dalam waktu 24 jam.

Pencairan pinjaman akan dilakukan ke rekening bank yang sudah didaftarkan. Harus kamu pastikan kalau nama di rekening bank sesuai dengan yang tercantum di KTP peminjam.

Cara Bayar Tagihan Pinjaman di Aplikasi EasyCash

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membayar pinjaman di aplikasi EasyCash, simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Pembayaran:
  1. Masuk dan Login ke aplikasi EasyCash yang ada di Smartphone kamu
  2. Klik menu Tagihan yang terletak pada menu bagian bawah di dalam aplikasi EasyCash
  3. Salin kode virtual account EasyCash sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih
  4. Lanjutkan pembayaran pinjaman di EasyCash dengan mengirimkan sejumlah uang sesuai tagihan yang ada di dalam aplikasi EasyCash ke kode Virtual Akun EasyCash sebagai tujuan pengirimannya
  5. Cek status pembayaran di dalam aplikasi EasyCash
  6. Selesai, tagihan pinjaman kamu di aplikasi EasyCash sudah lunas.

Cara Batalkan Pinjaman di EasyCash

Kamu bisa membatalkan pinjaman di aplikasi EasyCash dengan cara menghubungi Customer Service: 02150200060 atau dengan mengirimkan email ke service@geteasycash.asia.

Note: Kamu hanya bisa membatalkan pinjaman di aplikasi EasyCash apabila dana belum dicairkan dan di transfer ke rekening bank kamu. Apabila dana sudah dicairkan ke rekening kamu, maka dengan terpaksa kamu harus membayarnya sesuai dengan tagihan yang tertera di dalam aplikasi EasyCash.

Review Kekurangan dan Kelebihan EasyCash dari Sudut Pandang Pengguna

Berikut ini merupakan review EasyCash tentang kekurangan dan kelebihan layanannya. Simak selengkapnya berikut ini:

A. Kelebihan EasyCash

  • Proses Pengajuan Mudah
  • Tidak Ada Verifikasi Melalui Telepon
  • Tidak Diminta Slip Gaji
  • Kecepatan Persetujuan Instant hanya 3 Menit
  • Dana Pinjaman Cepat Cair
  • Legal Terdaftar dan Diawasi OJK
  • Tersedia kalkulator untuk menghitung bunga dan denda di dalam aplikasi EasyCash

B. Kekurangan EasyCash

  • Bunga dan Biaya Admin Tinggi
  • Plafon Pinjaman Kecil
  • Tenor Pembayaran Pendek
Itulah informasi mengenai review pinjaman online EasyCash, mulai dari syarat pengajuan, cara mengajukan, hingga kekurangan dan kelebihan dari pinjol yang satu ini.