AdaPundi merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang aman dan legal karena telah terdaftar serta mengantongi izin OJK yang menawarkan kredit konsumtif dana tunai cepat cair dengan syarat cukup hanya KTP. Pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi tentang review AdaPundi berdasarkan pengalaman tim Kami dapatkan pada saat mencobanya, proses pengajuan online, syarat mudah dan persetujuan cepat merupakan keunggulan dari aplikasi Adapundi.

Review AdaPundi Menurut Pengalaman

review-adapundi-aplikasi-pinjaman-online

Tidak bosan-bosannya kami untuk mengingatkan kamu agar selalu berhati-hati terhadap bunga dan biaya kredit. Karena bunga pinjaman di Adapundi cukup tinggi.

Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman, sebaiknya kamu hanya melakukan pengajuan pinjaman online di aplikasi pinjol yang sudah berizin OJK.

Salah satu aplikasi pinjaman online yang sudah berizin, terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Adapundi. Saat melihat link iklannya, tim Kami memutuskan untuk mengunduh aplikasi dan mengajukan pinjaman di Adapundi.

Apa itu Pinjaman Adapundi?

Adapundi adalah layanan pinjaman uang berbasis online atau Fintech P2P Lending yang aman dan legal karena telah berizin resmi OJK. AdaPundi telah resmi mengantongi izin usaha dan diawasi oleh OJK dengan nomor Surat Izin KEP-48/D.05/2021.

Jadi, perusahaan P2P ini telah memiliki legalitas yang jelas. Bukan aplikasi pinjol illegal, bukan penipuan atau tidak akan bangkrut serta tutup secara tiba-tiba.

Alamat Kantor dan Call Center AdaPundi

Adapundi didirikan oleh PT Info Tekno Siaga dan terdaftar di OJK dengan nomor S-448/NB.213/2019. Berikut ini merupakan alamat kantor AdaPundi dan nomor telepon Call Centernya:

Alamat Kantor AdaPundi

Jl. Gatot Subroto No.Kav. 18, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170

Nomor dan Email Call Center AdaPundi

Nomor Call Center:021 50860666
Email Call Center: cs@AdaPundi.com.

Pengajuan pinjaman dilakukan melalui aplikasi Adapundi yang bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.

Unduh Aplikasi AdaPundi

Kamu bisa mengunduh dan mengajukan pinjaman online di AdaPundi melalui Smartphone iOS dan juga Android melalui link berikut ini:

Aplikasi AdaPundi Versi Android

AdaPundi Android

Aplikasi AdaPundi Versi iOS


Instal dan buka aplikasi Adapundi, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama diri sendiri sebagai peminjam.

Ada pundi memiliki 2 produk pinjaman, yaitu Konsumtif dan Produktif. Namun dalam artikel tentang AdaPundi review hanya membahas tentang pengajuan pinjaman konsumtif saja.
 

Jenis Produk Pinjaman AdaPundi (Limit dan Tenor)

Adapundi telah menyediakan dua produk pinjaman, yaitu Produktif dan Konsumtif dana tunai dengan rentang limit cukup besar serta berbagai pilihan tenor cicilan.

Berikut ini adalah fitur Adapundi kredit konsumtif: 
  • Plafon: Rp 300 ribu sd Rp 20 juta
  • Tenor: 61 hari sd 360 hari (1 tahun)
Jika kita lihat dari sisi plafon dan tenor, Adapundi telah menawarkan fleksibilitas untuk para pengguna layanannya. Mau pinjam kecil sampai besar sudah disediakan, demikian juga dengan masa kredit atau tenor pembayaran pinjamannya bisa singkat sampai lama juga diberikan pilihan.

Namun, untuk plafon dan tenor yang ditawarkan ke peminjam, biasanya ditentukan oleh hasil credit score AdaPundi.

Biasanya setelah kita membayar pinjaman pertama secara tepat waktu, plafon yang ditwarkan pada pinjaman kedua bisa lebih tinggi, jika kita tidak telat melunasi tagihannya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan ketepatan pembayaran agar bisa meminjam uang lagi.
 

Area Layanan AdaPundi

Area jangkauan layanan aplikasi Adapundi saat ini sudah dapat menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. 

Kamu dapat melakukan pengecekan di dalam aplikasi AdaPundi. Apabila daerah tempat tinggal kamu tertera, maka kamu sudah dapat melakukan pengajuan pinjaman.

Suku Bunga dan Tabel Angsuran Simulasi Kredit

Berikut ini merupakan informasi terkait suku bungan dan tabel angsuran simulasi kredit di aplikasi AdaPundi:

1. Bunga per Hari

Bunga pinjaman di aplikasi Adapundi adalah sebesar 0.4% per hari. Hal ini sudah sesuai dengan ketentuan dan regulasi dari Asosiasi Fintech bahwa maksimum bunga kredit yang bisa dibebankan ke pengguna P2P yaitu sebesar 0.4% per hari.

2. Tidak Ada Potongan Biaya Admin di Awal

Aplikasi Adapundi tidak melakukan pemotongan biaya administrasi di awal.

Peminjam akan menerima dana pencairan yang telah disetujui secara utuh dan langsung di transfer ke rekening bank terdaftar.

3. Simulasi Kredit

Di situs dan aplikasi AdaPundi telah tersedia simulasi kredit untuk mengetahui jumlah pembayaran cicilan per bulan berdasarkan pilihan limit dan tenor kredit.

Tabel angsuran di Adapundi bisa dihitung sendiri menggunakan simulasi kredit yang telah disediakan.

Berikut ini merupakan contoh skema pembayaran pinjaman bulanan di AdaPundi:

Limit Tenor Total
Bayar
Bunga
300 ribu 61 hari Rp 373 ribu 24.40%
20 juta 61 hari Rp 24.8 juta 24.40%

Syarat Mengajukan Pinjaman di AdaPundi

AdaPundi menjamin proses pengajuan pinjaman uang yang mudah dan cepat. Berikut ini merupakan syaratnya pengajuan pinjaman di AdaPundi:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki e-KTP
  • Berumur antara 18 sampai 55 tahun pada saat pengajuan pinjaman uang.
  • Memiliki rekening bank atas nama peminjam yang sesuai KTP terdaftar.

Cara Mengajukan Pinjaman di AdaPundi

Berikut ini merupakan review proses cara pengajuan pinjaman di AdaPundi:

  1. Unduh aplikasi AdaPundi di Google Play Store.
  2. Instal dan buka aplikasi AdaPundi.
  3. Registrasi atau Daftar menggunakan nomor ponsel kamu yang aktif.
  4. Izinkan akses ponsel yaitu lokasi.
  5. Klik Pinjam Sekarang.
  6. Isi informasi data diri pada formulir yang telah disediakan secara lengkap.
  7. Isi Informasi Data Pekerjaan.
  8. Isi Kontak Darurat dengan nama dan nomor kontak kerabat atau keluarga kamu.
  9. Lakukan proses deteksi wajah sesuai dengan perintah aplikasi.
  10. Upload Foto KTP.
  11. Isi informasi data rekening pencairan.
  12. Pengajuan pinjaman di proses.

Cara Bayar Pinjaman di AdaPundi

Berikut ini merupakan langkah-langkah proses cara membayar pinjaman di aplikasi AdaPundi:

  1. Buka aplikasi AdaPundi yang ada di Smartphone kamu.
  2. Klik menu tagihan yang ada di dalam aplikasi AdaPundi.
  3. Salin kode virtual account AdaPundi sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih.
  4. Transfer sejumlah uang sesuai tagihan di aplikasi AdaPundi dengan tujuan pengiriman ke kode virtual yang kamu salin.
  5. Cek status pembayaran tagihan di dalam aplikasi AdaPundi.
  6. Selesai, pembayaran tagihan pinjaman kamu di aplikasi AdaPundi sudah berhasil dan lunas.

Cara Batalkan Pinjaman di AdaPundi

Berikut ini adalah langkah-langkah proses cara membatalkan pinjaman di aplikasi AdaPundi:

1. Hubungi Call Center AdaPundi

Langkah pertama cara membatalkan pengajuan pinjaman di aplikasi AdaPundi adalah dengan menghubungi call center. Kamu bisa batalkan pinjaman yang telah diajukan dengan menghubungi kontak call center AdaPundi di Nomor:021 50860666 atau mengirim Email ke cs@AdaPundi.com.

2. Berikan Informasi Terkait Pinjaman di AdaPundi ke Call Center

Jika sudah terhubung dengan Call Center, informasikan pinjaman kamu di AdaPundi ke pihak call center beserta dengan alasan kamu kenapa ingin membatalkan pinjaman. Informasi pinjaman ini nantinya akan digunakan untuk mengecek apakah pengajuan kamu masih bisa dibatalkan atau tidak.

3. Konfirmasi Pembatalan Pinjaman Online di aplikasi AdaPundi

Apabila pengajuan pinjaman kamu di aplikasi AdaPundi masih bisa dibatalkan, maka petugas call center AdaPundi akan meminta konfirmasi bahwa kamu memang ingin membatalkan pinjaman atau tidak. Setelah itu, kamu bisa mengkonfirmasinya dengan mengatakan setuju untuk membatalkan pengajuan pinjaman di aplikasi AdaPundi.

4. Tunggu Pinjaman Dibatalkan

Langkah terakhir adalah menunggu pemberitahuan atau notifikasi apakah pembatalan pengajuan pinjaman online di AdaPundi sudah berhasil atau tidak. Biasanya pemberitahuan tersebut akan muncul di dalam aplikasi AdaPundi.

Review Kelebihan dan Kekurangan AdaPundi

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan aplikasi pinjaman online AdaPundi:

Kelebihan Adapundi

Dari pengalaman mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol yang satu ini, ada beberapa kelebihan AdaPundi:
  • Proses Pengajuan Mudah dan Cepat
AdaPundi menawarian kemudahan pada saat proses pengajuan pinjaman, terbukti pada saat meminjam uang di aplikasi pinjol yang satu ini, kita cukup unduh aplikasi, foto selfie dan isi formulir informasi data diri dengan lengkap.

Aplikasi pinjaman online ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan darurat kamu yang menuntut proses pinjaman uang mudah tanpa syarat yang ribet.
  • Tidak Ada Verifikasi Telepon
AdaPundi tidak menghubungi nasabah untuk melakukan pengecekan data informasi yang dikirimkan. Tentunya hal ini mempermudah proses pengajuan.

Selama ini dalam pengajuan pinjaman online di fintech yang lainnya, debitur harus stand by untuk melakukan verifikasi melalui telepon, jika gagal dihubungi, maka pengajuan pinjaman akan ditolak.

Verifikasi telepon biasanya sering menyebabkan kegagalan pada saat melakukan pengajuan pinjaman online. Ada banyak alasan, misalnya nomor yang terdaftar tidak bisa dihubungi, gangguan sinyal dan sebagainya.

Belum lagi, verifikasi telepon ini tidak hanya sebatas dilakukan ke peminjam saja, tetapi juga ke kontak darurat yang kita cantumkan pada saat mengisi data. Semakin besar kemungkinan proses verifikasi gagal.

Oleh karena itu, proses pengajuan pinjaman di aplikasi Adapundi yang tanpa verifikasi telepon ini tentunya akan sangat membantu. Kemungkinan pinjaman bisa disetujui menjadi lebih besar.
  • Syarat Pengajuan Hanya KTP, Tanpa Slip Gaji
Adapundi tidak meminta slip gaji pada saat proses pengajuan pinjaman. Peminjam cukup mengupload KTP saja. Hal ini tentunya berbeda dengan pinjaman lain di fintech pada umumnya, apalagi di bank, yang mewajibkan peminjam mengirimkan dokumen slip gaji.

Tidak dimintanya slip gaji pada saat proses pengajuan pinjaman, tentu saja akan mempermudah proses pengajuan buat peminjam.
  • Persetujuan Pinjaman Instant
Proses persetujuan pengajuan pinjaman dilakukan secara cepat dan bisa dikatakan instant. Hanya membutuhkan waktu 3 menit sejak pengajuan dikirimkan, maka pihak Adapundi sudah memberikan notifikasi persetujuan. Peminjam sudah memperoleh informasi apakah pengajuan disetujui atau di tolak hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Proses verifikasi yang instant ini, jelas sangat berbeda sekali dengan proses meminjam uang di Bank atau Leasing. Bank paling cepat membutuhkan waktu hingga 1 minggu untuk mendapatkan informasi terkait pengajuan yang kita kirimkan.
  • Legal Terdaftar dan Diawasi OJK
Adapundi adalah pinjaman online terpercaya yang aman karena sudah legal terdaftar, mengantongi izin usaha dan diawasi OJK. Keberadaannya tentu sudah resmi legal. Memiliki alamat kantor yang jelas sehingga kita bisa menghubungi mereka apabila ada kendala. Eksistensinya jelas.

Biasanya penyedia pinjaman uang mempunyai layanan nasabah yang responsif. Dengan begitu, maka nasabah bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi berbagai kendala.
  • Tanpa Potongan Biaya Dimuka
Berbeda dengan kebanyakan aplikasi pinjol lainnya, Adapundi tidak melakukan pemotongan biaya admin di awal.
Nasabah yang telah disetujui pengajuan pinjamannya akan menerima dana pencairan secara utuh tanpa potongan.

Kekurangan Adapundi

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan aplikasi Adapundi, sesuai pengalaman Kami:
  • Bunga Pinjaman Mahal
Bisa kita hitung dengan bunga per hari 0.4% maka dalam jangka waktu sebulan bunga yang harus dibayarkan sebesar 12% total bunga dalam setahun adalah sebesar 144%.

Bandingkan dengan bunga KTA di bank yang hanya berada di kisaran 20% hingga 30% per tahun. Tentunya jauh lebih rendah dari besarnya bunga di aplikasi pinjol Adapundi.
  • Plafon Pinjaman Kecil
Dibandingkan dengan KTA atau kartu kredit, limit pinjaman di aplikasi Adapundi relatif kecil. Maksimal hanya sebesar Rp 20 juta.

Bahkan untuk pinjaman pertama, aplikasi Adapundi memberikan limit lebih kecil. Kenaikkan limit baru bisa dilakukan pada pinjaman yang berikutnya, dengan syarat catatan pembayaran harus bagus dan tepat waktu.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan dana tunai dalam jumlah besar, maka aplikasi Adapundi tidak direkomendasikan. Lebih baik kamu mengajukan pinjaman di KTA bank.
  • Tenor Pembayaran Pendek
Masa kredit atau tenor pembayaran pinjaman di Adapundi cukup pendek, yaitu maksimal 1 tahun. Mungkin ini berkaitan dengan plafon pinjaman yang kecil dan juga pengelolaan risiko.

Berbeda dengan KTA bank yang bisa menawarkan tenor pinjaman sampai 60 bulan. Tenor yang panjang membantu jumlah cicilan menjadi lebih kecil dan meringankan peminjam.
  • Akses Data Pribadi
Dalam proses pengajuannya, aplikasi AdaPundi meminta akses data pribadi, yaitu Lokasi.

Hal ini memiliki arti jika fintech bisa mengetahui dan memantau lokasi ponsel peminjam setiap saat. 

Tidak semua orang bersedia data pribadinya di akses. Apalagi jika dilakukan oleh pihak ketiga.