Pinjaman KUR BRI 2022: Tabel Angsuran, Syarat dan Cara Pengajuan

Tabel Angsuran KUR BRI 2022 - Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2022 masih dibuka untuk memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha UMKM yang berkeinginan untuk mengajukan pinjaman dengan bunga yang ringan. Menariknya lagi program kredit mikro dari pemerintah ini juga telah mendapatkan subsidi suku bunga. Bahkan pada tahun 2022 ini suku bunga hanya sebesar 6% per tahun.

Seiring dengan berkembangnya waktu, program kredit usaha rakyat atau KUR BRI telah menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia dalam mengajukan pinjaman tunai sebagai modal pengembangan usaha. Selain suku bunga ringan, program ini juga diberikan dengan proses dan syarat pengajuan yang mudah. Kamu bisa melihat tabel angsuran KUR BRI 2022 sebagai bahan pertimbangannya.

Bank BRI sebagai perbankan berplat merah ini masih menjadi tumpuan pemerintah dalam menyalurkan pinjaman produktif tersebut. Tidak heran dengan kinerja serta reputasi yang baik, bank BRI mendapatkan amanah untuk menyalurkan kredit melalui Dana KUR BRI 2022 hampir 60% dari total anggaran yang dikeluarkan pemerintah sebesar Rp 373,17 Triliun.

Syarat KUR BRI 2022

Sebelum Kamu melihat tabel kur BRI 2022. Ada baiknya jika Kamu terlebih dahulu memahami jika perbankan yang telah memiliki satelit pribadi ini menyalurkan beberapa jenis KUR. Adapun kredit usaha rakyat yang paling banyak disalurkan oleh bank BRI yakni KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR Pembiayaan bagi TKI.

KUR Mikro merupakan pinjaman modal usaha dan investasi bagi para pelaku usaha kecil mikro dengan plafon pinjaman maksimal sebesar Rp 25 Juta. Sedangkan KUR Ritel sendiri merupakan pinjaman modal kerja dan investasi. Adapun nominal pengajuannya sebesar Rp 25 Juta hingga Rp 500 Juta.

Sedangkan KUR atau pembiayaan bagi TKI merupakan layanan yang diberikan secara khusus bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Tujuannya yaitu sebagai pembiayaan penempatan ke negara tujuan dengan nominal kredit maksimal hingga Rp 25 Juta.

Adapun syarat dalam mengajukan kredit usaha rakyat atau KUR BRI dapat Kamu lihat bersama di bawah ini:

Syarat KUR BRI Mikro

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki jenis usaha produktif dan layak sebagai penerima program KUR BRI.
  • Usaha telah berjalan Minmal selama 6 bulan.
  • Penerima kredit tidak sedang menjalani atau menikmati fasilitas kredit produktif baik dari bank BRI atau dari perbankan yang lainnya.
  • Melakukan pengajuan kredit dengan mengisi formulir permohonan serta melengkapi berkas data yang dibutuhkan seperti KTP,
  • Kartu Keluarga, dan Surat Legalitas Usaha.
  • Fotocopy legalitas jaminan tambahan, baik itu BPKB Motor atau jenis aset lainnya yang dapat dipergunakan sebagai agunan.

Syarat KUR BRI Kecil/ Ritel

Sementara itu, bagi Kamu yang bermaksud mengajukan pinjaman KUR Ritel BRI dengan nilai pengajuan antara Rp 25 Juta hingga Rp 500 Juta, Kamu dapat menyimak ketentuan dan syarat pengajuan yang ada di bawah ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) pelaku usaha produktif dan layak menerima kredit usaha rakyat atau KUR jenis ritel dari bank BRI.
  • Pemohon tidak sedang menikmati layanan kredit produktif baik yang diterima melalui bank BRI atau perbankan yang lainnya.
  • Usaha yang berjalan setidaknya telah berusia minimal setengah tahun (6 bulan).
  • Usaha yang dimiliki merupakan usaha legal yang telah mengantongi surat ijin atau surat keterangan yang dapat digunakan sebagai jaminan.
  • Fotocopy aset berharga baik berupa BPKB Mobil atau sertifikat rumah yang rencananya akan dijadikan sebagai agunan / jaminan tambahan.

Syarat KUR BRI Bagi TKI

Khusus untuk pembiayaan TKI hanya dapat diajukan oleh calon tenaga kerja indonesia yang telah melakukan kontrak kerja saja. Berikut ini merupakan syarat mengajukan KUR BRI jenis TKI yang perlu Kamu penuhi.

  • Calon debitur merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan berangkat ke luar negeri.
  • Mengajukan permohonan kredit dengan cara mengisi formulir pengajuan KUR TKI BRI.
  • Melengkapi berkas yang dibutuhkan mulai dari KTP, KK, Surat perjanjian penempatan kerja, dan sebagainya.
  • Kredit usaha rakyat memang layak menjadi andalan masyarakat Indonesia mulai dari kelas menengah ke bawah khususnya. Terlebih lagi bagi mereka yang bekecimpung di dunia usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mencari pinjaman modal usaha agar dapat berkembang.

Melalui program tersebut, tentu saja kesempatan mengembangkan usaha Kamu akan semakin terbuka lebar. Bagi Kamu yang berkeinginan untuk mengajukan modal usaha pada tahun 2022 ini, maka Kamu bisa mengunjungi unit bank BRI terdekat untuk mengajukan KUR BRI. Atau sekedar memperjelas informasinya terlebih dahulu.

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2022

Proses pengajuan pinjaman KUR BRI 2022 bisa dilakukan melalui online. Berikut ini merupakan cara mengajukan pinjaman KUR BRI online 2022:

  1. Buka browser di HP atau PC Kamu.
  2. Masuk ke halaman resmi kur.bri.co.id untuk mengajukan pinjaman KUR BRI 2022 online
  3. Pilih menu "Ajukan Pinjaman".
  4. Login menggunakan alamat email Kamu dan masukkan kata sandi Kamu jika memang Kamu sudah memiliki akun.
  5. Jika Kamu belum memiliki akun di halaman tersebut, maka Kamu dapat memilih menu "Daftar".
  6. Bisa juga dengan mendaftar menggunakan akun Google.
  7. Tunggu verifikasi yang dikirimkan oleh pihak bank BRI melalui e-mail yang telah didaftarkan.
  8. Setelah akun Kamu sudah jadi, login kembali pada laman https://kur.bri.co.id/ dengan menggunakan email dan password.
  9. Klik menu Ajukan Pinjaman KUR.
  10. Baca dengan teliti halaman syarat dan ketentuan, kemudian klik menu “Saya adalah nasabah bank BRI” serta “Setuju dan Ajukan Pinjaman”.
  11. Klik menu "I’m not a Robot".
  12. Isi informasi data diri secara lengkap, seperti nama lengkap, NIK, alamat, nama ibu kandung, dan sebagainya.
  13. Isi informasi data usaha dengan lengkap, seperti jenis usaha, penghasilan, biaya usaha, nomor rekening BRI, dan sebagainya.
  14. Unggah beberapa dokumen seperti KTP, surat keterangan usaha, pas foto, serta foto usaha yang Kamu miliki.
  15. Klik menu "Selanjutnya" untuk masuk ke halaman pengajuan pinjaman KUR BRI 2022.
  16. Isi informasi data pengajuan (nominal pengajuan dan tenor).
  17. Klik menu "Hitung angsuran" untuk melihat jumlah angsuran yang akan dibayarkan.
  18. Klik menu "Ajukan pinjaman".
  19. Setelah itu akan muncul halaman pengajuan informasi mengenai pinjaman KUR BRI 2022 disetujui atau tidak.

Tabel Angsuran KUR BRI 2022

Dengan berpatokan besaran suku bunga yaitu sebesar 6%, maka Kamu dapat menghitung tabel angsuran KUR BRI 2022 seperti yang ada di bawah ini:

Tabel-kur-bri-2022
Tabel angsuran KUR BRI 2022

Untuk pinjaman mulai dari Rp 1 Juta hingga Rp 50 Juta khususnya jenis KUR Mikro BRI dan TKI tabel angsuran BRI 2022 dapat Kamu simak sebagai berikut.

Sementara itu bagi Kamu yang berkeinginan mengajukan KUR BRI di atas Rp 50 Juta, maka Kamu dapat mendatangi kantor pelayanan Bank BRI terdekat.

Dengan melihat tabel angsuran KUR BRI 2022 yang sudah ecerin bagikan di atas, dapat Kamu pastikan jika pinjaman tersebut merupakan pinjaman dengan bunga rendah karena mendapatkan subsidi suku bunga dari pemerintah Indonesia. Untuk itu, Kamu tidak perlu ragu lagi pada saat akan memilih fasilitas kredit usaha rakyat melalui Bank BRI daripada memilih jenis produk pinjaman yang lainnya.