Pinjaman dana mudah secara online tengah marak di kalangan masyarakat Indonesia. Tetapi, apakah pinjaman online aman? Bagaimana ciri-cirinya? Simak selengkapnya berikut ini.

pinjaman-online-aman

Pinjaman dana mudah melalui online ini tengah disukai masyarakat Indonesia karena prosesnya yang mudah dan sangat membantu pada saat sedang memiliki kebutuhan mendesak, tetapi dana belum ada. Layanan pinjaman online yang biasanya didirikan oleh perusahaan fintech ini juga sering digunakan sebagai pinjaman untuk belanja barang konsumsi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Sayangnya, ada banyak kasus pinjaman online ilegal yang merugikan para penggunanya. Jika Kamu ingin menggunakannya, maka Kamu harus berhati-hati dan memahami pinjaman online yang aman dan legal OJK.

Perbedaan Pinjaman Online dan Pinjaman Perseorangan di Bank

Perbedaan mendasar yang membuat pinjaman online sedang marak di tengah masyarakat Indonesia adalah kemudahan. Kebanyakan pinjaman online hanya memberikan persyaratan kepada penggunanya untuk mengirim foto KTP, lalu alamat email dan akun media sosial saja di selain mengisi informasi data diri. Setelah data persyaratan dikirimkan, jika semua sudah lengkap dan tidak ada masalah, maka Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat saja, dan Kamu sudah bisa mendapatkan dana yang diinginkan.

Hal ini tentunya berbeda dengan pinjaman di bank yang memiliki banyak persyaratan dan harus melalui proses yang panjang. Ada banyak dokumen yang harus dilampirkan oleh peminjam seperti KTP, Kartu Keluarga, Kartu Kredit, telepon rumah, orang tua, dan sebagainya. Bahkan setelah Kamu mengurus itu semua, jika ada persyaratan atau penilaian dari pihak yang masih meragukan data Kamu, maka pinjaman yang Kamu ajukan mungkin tidak cair.

Walaupun terlihat merepotkan, mengajukan pinjaman di bank lebih aman karena mereka menjamin kerahasiaan data dan melindungi Kamu dari berbagai praktik penagihan utang yang tidak sesuai dengan hukum. Hal ini bertolak belakang dengan pinjaman online yang perlu ditanyakan perihal data pengguna. Selain itu, banyak kasus penagihan dalam bentuk teror yang marak belakangan ini juga menjadi masalah yang tidak mudah.

Pahami Pinjaman Online yang Aman dan Legal OJK

Dalam hal mengajukan pinjaman online, agar Kamu tetap aman, maka Kamu perlu memahami beberapa hal yang ada di bawah ini:

1. Sebaiknya Kamu hanya mengajukan pinjaman online yang aman dan legal OJK

Fintech seperti ini sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selalu cek legalitas fintech yang Kamu mau ajukan sebelum mengunduh aplikasinya.

2. Cari fintech dengan pinjaman bunga rendah

Walaupun pada umumnya pinjaman online punya bunga yang tergolong tinggi, namun Kamu juga bisa mencari yang paling rendah di antara yang lainnya. Sebagai catatan, sebaiknya Kamu memilih pinjaman dengan bunga tidak lebih dari 1% per hari. Umumnya, penyedia pinjaman online yang aman dan legal OJK tidak lebih dari ini.

3. Selalu catat jumlah pinjaman dan tanggal jatuh tempo pembayaran

Walaupun sudah tertera di dalam aplikasi, sebaiknya Kamu juga mencatat di tempat lain untuk memudahkan Kamu mengingat atau mengurus jika ada masalah.

4. Tidak ada pungutan biaya sebelum dana pinjaman dicairkan ke rekening

Pinjaman online yang sah tidak memberatkan peminjam dengan keharusan membayar biaya administrasi dan sebagainya sebelum dana pinjaman cair ke rekening peminjam.

5. Pinjaman online yang aman dan sudah berizin serta terdaftar di OJK tidak akan memaksa Kamu untuk meminjam

Biasanya yang membujuk bahkan memaksa Kamu untuk meminjam adalah rentenir online. Jadi, Kamu jauhi jika merasa dipaksa oleh mereka.

Rekomendasi Pinjaman Online Aman dan Legal OJK

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi pinjaman online aman yang legal OJK. Simak rekomendasinya di bawah ini:

1. CashWagon

CashWagon merupakan salah satu penyedia pinjaman tanpa jaminan atau agunan dan slip gaji. Mereka mengklaim sebagai aplikasi pinjaman online instan yang dapat langsung cair hanya dalam waktu 30 menit saja.

Persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman online di aplikasi CashWagon yaitu:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia 22-60 tahun.
  • Memiliki KTP.
  • Karyawan atau profesional tertentu yang memiliki penghasilan tetap.
  • Berdomisili di Jabodetabek.

Aplikasi ini tidak memerlukan dokumen fisik untuk diserahkan. Kamu hanya perlu mengisi informasi yang ada di bawah:

  • Informasi pribadi
  • Informasi rekening bank

Tenor pinjaman online melalui aplikasi CashWagon adalah 10, 20 atau 30 hari. Dengan jumlah dana pinjaman berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta untuk pinjaman pertama dan Rp 5 juta untuk pinjaman kedua atau pinjaman yang selanjutnya.

2. KreditPintar

Kredit Pintar juga merupakan aplikasi pinjaman online tanpa slip gaji. Kamu bisa mendapatkan dana dengan cepat hanya dengan bermodalkan KTP dan Smartphone saja.

Syarat pengajuan pinjaman Kredit Pintar:

  • Memiliki KTP
  • Rekening bank atas nama peminjam
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 18-21 tahun jika belum menikah
  • Berusia 22-60 tahun jika sudah menikah
  • Berdomisili di Indonesia.

Caranya adalah:

Isi formulir informasi data pribadi di dalam aplikasi Kredit Pintar.
Tunggu proses verifikasi data selesai.
Setelah proses verifikasi selesai, dana pinjaman akan langsung dikirimkan ke rekening peminjam.
Aplikasi pinjaman online Kredit Pintar tidak memungut biaya apapun.

Kamu juga bisa memilih jenis pinjaman dengan tenor pembayaran mulai dari 14 hari, 30 hari, hingga 3 bulan sesuai dengan kebutuhan Kamu.

3. TunaiKita

Selanjutnya adalah platform pinjaman uang yang bernama TunaiKita juga menawarkan pinjaman online tanpa jaminan dan syarat mudah.

Syarat untuk pengajuan pinjaman di aplikasi TunaiKita adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 21-60 tahun
  • Memiliki KTP
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki Rekening bank lokal
  • Berdomisili di area Jabodetabek.

Dokumen yang diperlukan:

  • Foto KTP
  • Kontak pribadi
  • Verifikasi video
  • Informasi pekerjaan
  • Informasi akun media sosial.

Jumlah pinjaman yang ditawarkan berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Untuk minimun dengan tenor pembayaran mulai dari 10 hari dan maksimum 30 hari. Suku bunganya sendiri adalah sebesar 0,95 persen per hari.

4. Pinjam Gampang

Pinjam Gampang adalah aplikasi pinjaman online 24 jam yang dapat Kamu unduh di Google Play Store. Kamu tidak perlu menyerahkan dokumen dalam bentuk kertas (fisik) sebagai jaminan.

Cukup ikuti petunjuk di dalam aplikasi dan menyiapkan KTP serta kartu bank sebelum mengajukan permohonan. Jumlah pinjamanannya mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 5 juta. Jangka waktu atau tenor pinjaman 7 hari dan 14 hari.

Persyaratannya adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Memiliki sumber pendapatan tetap.
  • Berdomisili di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bekasi, Tangerang, Bogor dan Tangerang Selatan.

5. DanaBijak

DanaBijak merupakan salah satu aplikasi pinjaman uang online yang tidak memerlukan slip gaji.

Persyaratannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berdomisili di Jabodetabek.
  • Minimal penghasilan Rp 2,5 juta.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku.
  • Memiliki Rekening bank.
  • Foto terbaru
  • Alamat email dan nomor telepon yang aktif.

6. UangTeman

Selanjutnya adalah aplikasi pinjaman online yang bernama UangTeman. Aplikasi ini menawarkan batas pinjaman hingga maksimal Rp 2 juta dengan biaya layanan mulai dari 0,75 persen hingga 1 persen per hari.

UangTeman menggunakan sistem dengan satu kali pembayaran yang meliputi uang pokok serta kewajiban biaya layanan.

Syarat pengajuannya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 21 hingga 65 tahun.
  • Memiliki pekerjaan atau penghasilan yang tetap.

7. DanaRupiah

Aplikasi fintech yang satu ini menawarkan batas pinjaman antara Rp 400 ribu hingga Rp 8 juta dengan tenor mulai dari 21 sampai 90 hari. Suku bunganya sebesar 1 persen per hari.

Untuk mencegah debitur jatuh tempo dan lupa membayar, DanaRupiah akan mengirimkan pesan pengingat pembayaran melalui SMS tepat pada saat tanggal jatuh tempo.

Persyaratan pengajuannya juga cukup mudah, selain harus WNI, kamu juga harus berusia di atas 18 tahun.

8. WinWin

WinWin adalah aplikasi pinjaman online yang berasal dari daerah Surabaya yang sudah berdiri sejak tahun 2016 yang lalu. Pada awalnya pengajuan pinjam WinWin hanya dapat diakses melalui website saja, tetapi kini sudah dapat diakses melalui aplikasi mobile.

Saat ini, daerah yang bisa diproses oleh aplikasi pinjam WinWin hanya mencakup Jakarta dan Surabaya saja.

Jumlah pinjaman tertinggi adalah Rp 2 juta dengan masa pinjaman selama 30 hari.

Dalam website nya, WinWin menyebutkan jika mereka wajib bertatap muka secara langsung dengan calon nasabah untuk proses validasi persyaratan dokumen.

9. DanaCepat

DanaCepat adalah pinjaman online berupa aplikasi mobile yang dapat Kamu unduh di Google Play Store. Perbedaan DanaCepat dengan fintech yang lainnya yaitu memberikan pinjaman awal maksimum Rp 1 juta dalam waktu paling lama 14 hari.

Dalam aplikasi mobile, setiap nasabah akan mendapatkan credit score yang dibuat oleh pihak aplikasi DanaCepat. Nilai pinjaman bisa ditingkatkan asal credit score nasabah baik dan meningkat di DanaCepat.

Sayangnya, syarat dan dokumen yang diperlukan tidak dijelaskan secara rinci dalam aplikasi mobile.

Untuk mengetahuinya, Kamu harus mengajukan pinjaman online terlebih dahulu, mengisi informasi data seperti nomor telepon dan email, baru bisa mengetahui persyaratan dokumen dan ketentuannya.

Kesimpulan

Jika Kamu sedang membutuhkan pinjaman online yang aman, maka lebih baik Kamu mengajukannya di aplikasi pinjol legal yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jangan sampai Kamu terjerat dan diteror oleh oknum pinjol ilegal yang tengah marak saat ini.

Itulah beberapa informasi terbaru yang dapat Kami sampaikan mengenai apakan pinjaman online aman beserta beberapa rekomendasi terbaik dari Kami.