Selain fasilitas PayLater atau aplikasi Kredit Online, saat ini tengah marak juga penggunaan layanan Pinjol atau pinjaman online. Tidak bisa dipungkiri jika memang biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin hari semakin meningkat saja, terlebih lagi bagi mereka para korban PHK dari perusahaan yang terdampak oleh krisis finansial karena pandemi kemarin ini.

Kami yakin disini banyak dari Kamu yang sudah menjadi pengguna layanan pinjol seperti Dana Cicil dari Akulaku, Pinjaman Tunai dari Kredivo atau SPinjam dari Shopee. Nah, pada saat Kamu mengajukan pinjaman di beberapa layanan tersebut, pasti Kamu bakal diminta untuk melakukan tahap verifikasi wajah sebagai salah satu persyaratannya.

Tahukah Kamu jika tahap verifikasi wajah terkadang sering menjadi alasan beberapa orang enggan untuk menggunakan layanan aplikasi pinjol. Alasannya juga cukup beragam, ada yang menganggap kalau proses verifikasi wajah telah melanggar privasi hingga menjadi alasan pengajuan pinjol tidak cair karena seringkali gagal pada saat proses verifikasi wajah.

Oleh karena itu, sekarang telah tersedia beberapa aplikasi pinjol yang memungkinkan Kamu dapat mencairkan limit pinjaman tanpa harus melakukan verifikasi wajah. Penasaran apa saja aplikasi pinjaman online tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah

Seperti yang telah Kami jelaskan diatas, jika saat mengajukan limit SPinjam di Shopee dan beberapa aplikasi pinjol yang lainnya, maka setiap calon pengguna diwajibkan lolos verifikasi wajah. Jika dalam tahap tersebut tidak lolos proses verifikasinya, maka pinjaman yang Kamu ajukan tidak akan cair.

pinjol-tanpa-verifikasi-wajah

Sementara itu pada saat tidak lolos tahap verifikasi wajah, biasanya hal ini disebabkan karena foto di eKTP Kamu sudah tidak jelas atau buram, sehingga sistem tidak dapat mencocokkannya dengan wajah asli Kamu. Masalah seperti ini cukup sering dialami oleh banyak calon pengguna aplikasi pinjol resmi legal OJK.

Walaupun demikian, tidak jarang masih banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan adanya aplikasi pinjaman online tanpa harus melakukan verifikasi wajah. Apabila Kamu juga sedang mencari layanan fintech yang serupa, mungkin beberapa aplikasi yang ada di bawah ini bisa menjadi referensi terbaik untuk mengajukan pinjol tanpa verifikasi wajah, antara lain :

1. AsaKita

Aplikasi pinjol tanpa verifikasi wajah yang pertama adalah AsaKita. Aplikasi ini bisa Kamu download secara gratis melalui Google Play Store dan App Store. Sementara itu, untuk mengajukan pinjaman di aplikasi AsaKita bisa dilakukan tanpa verifikasi wajah. Karena Kamu hanya perlu menyiapkan syarat berupa eKTP, nomor HP pribadi yang aktif, alamat Email atau Gmail dan koneksi internet.

Setelah menyiapkan semua persyaratan diatas, maka selanjutnya Kamu tinggal mengikuti instruksi pengajuan pinjaman di dalam aplikasi AsaKita. Selain itu, AsaKita juga menyediakan limit pinjaman yang cukup besar, yaitu mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.000.000. Bukan hanya itu saja, Kamu juga bisa memilih tenor pengembalian sampai dengan 12 bulan (1 tahun).

2. KoinWorks

Selanjutnya ada juga aplikasi pinjol resmi legal karena telah mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta memungkinkan para penggunanya untuk mendapatkan limit pinjaman tanpa perlu melalui proses verifikasi wajah. Bukan hanya sebatas itu saja, berdasarkan informasi yang kami peroleh juga, aplikasi KoinWorks ini dapat memberikan limit pinjaman hingga maksimal Rp 2.000.000.000 ( Dua Milyar Rupiah).

Namun dengan limit yang begitu besar ditambah lagi proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan tanpa verifikasi wajah, tentu saja KoinWorks memberlakukan syarat yang lainnya untuk para calon penggunanya. Ya, tentu saja syarat utama untuk mengajukan pinjaman di aplikasi pinjaman online yang satu ini adalah Kamu harus mempunyai SIUP dan usaha yang dijalani harus sudah berjalan minimal 1 tahun. Bagaimana, apakah Kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi pinjol KoinWorks?

3. Gudang Dana

Selain kedua aplikasi yang ada diatas, kami juga merekomendasikan aplikasi Gudang Dana sebagai salah satu aplikasi pinjol tanpa verifikasi wajah. Melalui aplikasi ini Kamu dapat mengajukan pinjaman dengan proses pencairan yang super cepat, bahkan bisa dibilang instan.

Jadi, jika Kamu ingin mendapatkan pinjol dari aplikasi ini, maka Kamu cukup mengunggah foto KTP serta beberapa foto diri yang bisa diambil dari galeri smartphone Kamu. Namun sayangnya Gudang Dana ini hanya menyediakan limit relatif kecil, yaitu Rp 600.000 dengan tenor pembayaran selama 7 hari.

4. Prima Plus

Selanjutnya ada aplikasi pinjol bernama Prima Plus yang memungkinkan pengguna bisa memperoleh limit pinjaman mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 4.000.000. Tenor pembayaran yang tersedia mulai dari 7 hari sampai dengan 30 hari (1 bulan).

Sementara itu, untuk proses pengajuan pinjaman di aplikasi Prima Plus ini tidak mengenal proses verifikasi wajah. Disini Kamu hanya perlu menyiapkan KTP sebagai syarat utama pengajuan pinjaman. Namun Kamu juga tetap harus hati-hati, karena aplikasi Prima Plus hingga saat ini belum mendaftarkan dirinya pada sistem Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

5. DanaBijak

Pinjol tanpa verifikasi wajah yang lainnya juga ditawarkan oleh aplikasi Dana Bijak. Aplikasi pinjaman online yang satu ini hanya meminta syarat berupa KTP, Foto Selfie sambil memegang KTP, NPWP dan mengisi formulir informasi data diri. Sementara itu, Dana Bijak juga menyediakan limit pinjaman yang cukup besar dengan proses pencairan sekitar 15 menit. Selain bisa diakses melalui aplikasi, Kamu juga bisa mengajukan pinjaman melalui situs resmi Dana Bijak di https://www.danabijak.com.

6. Dompet Beruntung

Dompet Beruntung juga masuk ke dalam jajaran aplikasi pinjol tanpa verifikasi wajah dengan limit besar menurut ecerin.com. Pada aplikasi pinjaman online yang satu ini, Kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp 4.000.000. Sedangkan untuk syarat pengajuannya cukup siapkan KTP, rekening Bank dan informasi penghasilan Kamu per bulan.

Selain itu, pengajuan pinjaman di aplikasi Dompet Beruntung juga hanya bisa dilakukan oleh warga negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun dan maksimal 55 tahun. Sekali lagi, pada proses pengajuan pinjaman di aplikasi Pinjol ini Kamu sama sekali tidak diminta untuk melakukan verifikasi wajah.

7. Dana Rupiah (DanRup)

Terakhir ada aplikasi pinjol bernama Dana Rupiah. Sama seperti aplikasi pinjaman online yang ada diatas, Dana Rupiah juga menawarkan proses pengajuan pinjaman tanpa perlu verifikasi wajah. Di aplikasi yang satu ini Kamu hanya perlu memenuhi syarat berupa KTP, rekening Bank serta sudah berusia diatas 21 tahun dan kurang dari 55 tahun.

Sementara itu, limit pinjaman yang ditawarkan oleh aplikasi Dana Rupiah juga terbilang besar, yaitu antara Rp 200.000 hingga maksimal Rp 80.000.000. Walaupun begitu, cukup disayangkan karena suku bunga yang berlaku pada aplikasi pinjaman Dana Rupiah juga cukup besar. Jadi, pastikan sebelum Kamu meminjam uang di Dana Rupiah, penghasilan bulanan Kamu cukup untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Keuntungan dan Kerugian Mengajukan Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah

Sampai disini Kamu sudah berhasil mengetahui informasi terbaru aplikasi pinjol tanpa verifikasi wajah. Sementara itu, Kamu juga perlu tahu jika aplikasi pinjaman online yang menerapkan ketentuan seperti itu ternyata bisa memberikan beberapa keuntungan dan kerugian bagi para penggunanya, yaitu:

Keuntungan
  • Persetujuan jauh lebih mudah dan cepat.
  • Tidak menerapkan syarat dan ketentuan yang rumit.
  • Proses pencairan lebih cepat dan instan.

Kerugian
  • Beberapa aplikasi pinjol tanpa verifikasi wajah belum terdaftar di OJK.
  • Suku bunga yang ditetapkan tergolong besar.
  • Tenor pembayaran cenderung lebih singkat.

Kesimpulan

Jadi seperti itulah beberapa rekomendasi aplikasi pinjol tanpa verifikasi wajah yang berhasil Kami rangkum. Aplikasi pinjaman online yang ada diatas bisa digunakan oleh Kamu yang seringkali tidak bisa meminjam uang karena selalu gagal pada tahap verifikasi wajah atau muka.

Namun jika Kami boleh menyarankan kepada Kamu, jika tidak masalah dengan tahap verifikasi wajah, sebaiknya gunakan aplikasi pinjol resmi legal sudah terdaftar di OJK. Dengan begitu, maka Kamu tidak perlu memikirkan berbagai risiko buruk yang mungkin saja bisa Kamu alami.