Julo adalah salah satu aplikasi pinjaman online di Indonesia yang aman dan legal serta mengatongi izin dari OJK yang menawarkan cicilan dana tunai tanpa jaminan cepat cair. Bagaimana review aplikasi pinjaman online Julo untuk syarat dan cara pengajuannya? Apa kekurangan dan kelebihan dari pinjol yang satu ini? Selengkapnya, simak di bawah ini!

review-julo-kredit-dan-pinjaman-online

Julo merupakan salah satu fintech P2P Lending yang legal dan berizin resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi pinjaman onlone Julo ini dimiliki oleh PT. JULO TEKNOLOGI FINANSIAL (‘Julo’).

Berikut ini merupakan review Julo sesuai dengan pengalaman kami saat mengajukan pinjaman online di aplikasi Julo. Simak selengkapnya berikut ini:

Apa itu Julo?

Julo adalah salah satu layanan pinjaman online di Indonesia yang aman dan legal karena telah terdaftar serta memiliki izin usaha dari OJK dengan nomor legalitas S-589/NB.213/2018. Alamat kantor Julo berada di Office 88@Kasablanka Tower A, Jl. Raya Casablanca No.Kav 88, RT.16/RW.5, Menteng Dalam, Tebet, South Jakarta City, Jakarta 12870.

Julo menawarkan pinjaman online dana tunai kredit tanpa agunan dengan bunga yang cukup menarik. Tersedia pilihan plafon pinjaman, yaitu jangka pendek dengan tenor 30 hari, dan kredit cicilan 3 sampai 6 bulan.

Limit pinjaman di aplikasi Julo yang bisa diajukan nasabah tergantung dari hasil penghitungan credit scoring Julo yang dibuat berdasarkan data dan analisa calon nasabah.

Pinjaman online Julo menargetkan calon nasabah yang mengajukan melalui smartphone karena aplikasi Julo ini hanya bisa diunduh di Google Play Store.

Produk Pinjaman di Julo

Berikut ini merupakan produk pinjaman di dalam aplikasi Julo, yaitu:

  • Julo Mini: Jumlah pinjaman mulai dari Rp 1,000,000 dengan tenor pembayaran 30 hari serta bunga 10% per bulan.
  • Julo Cicilan: Jumlah pinjaman mulai dari Rp 8,000,000 dengan tenor pembayaran 3 – 6 bulan serta bunga 1.5% – 4% per bulan.

Apakah calon peminjam bisa mengajukan semua produk pinjaman yang ada di dalam aplikasi Julo tersebut?

Tergantung hasil dari credit scoring nasabah yang akan ditentukan oleh tim dari aplikasi Julo.  Apa itu Credit Scoring Julo? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Pengajuan Pinjaman di Aplikasi Julo

Langkah pertama untuk mengajukan Julo adalah mengunduh aplikasi di Google Play Store. Proses pengajuan adalah sebagai berikut:

1. Unduh Aplikasi Julo

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Julo di Google Play Store.

Setelah itu, instal dan masuk ke aplikasi pinjaman Julo, yang di dalamnya akan menampilkan dua jenis produk, yaitu cicilan dan agunan.

Untuk daftar aplikasi Julo, kamu perlu email dan password.

Julo akan melakukan verifikasi melalui email dengan mengirimkan pesan kode OTP ke alamat email yang Kamu cantumkan saat daftar.

Aplikasi Julo akan menghubungkan email kamu dengan sistem milik mereka. Setelah verifikasi email selesai, silahkan tentukan jumlah pinjaman yang akan diajukan.

2. Pilih Plafon Kredit

Julo menawarkan plafon pinjaman di dalam aplikasi mulai dari Rp 500,000 hingga Rp 8,000,000. Karena ini merupakan pengalaman pertama mengajukannya, kami memilih plafon pinjaman yang paling kecil.

Disini Kami memilih Rp 500,000 kemudian klik ‘Lanjutkan’.

3. Data KTP

Tahap berikutnya adalah mengisi formulir informasi data diri di dalam aplikasi. Ada 4 jenis data yang diminta dan kita harus mengisinya dengan lengkap, yaitu:
  • Identitas Diri
  • Informasi Keluarga
  • Informasi Pekerjaan & Pendidikan
  • Informasi Keuangan
  • Rekening Bank Pribadi
Dimulai dari mengisi identitas diri, Julo akan meminta pengambilan foto KTP dengan kamera HP yang kita gunakan untuk mengajukan pinjaman online. Sistem AI Julo akan secara otomatis membaca semua informasi data yang ada di KTP.

Hasil tangkapan foto KTP (nama, tanggal lahir dll) akan ditunjukkan dalam aplikasi dan Julo meminta data pribadi tersebut untuk kita koreksi jika terdapat kesalahan.

Selanjutnya, masih dalam pengisian identitas diri, di sini kita harus mengisi alamat tempat tinggal, status tempat tinggal, serta nomor kontak darurat. Kita juga harus membuat pernyataan bahwa ponsel yang digunakan untuk pengajuan adalah milik sendiri atau bukan hasil minjem.

Kemudian, untuk memastikan sekaligus melakukan verifikasi nomor ponsel, Julo akan mengirimkan verifikasi OTP ke nomor ponsel yang kita daftarkan dalam aplikasi.

4. Informasi Kontak Darurat

Julo akan meminta data keluarga sebagai kontak darurat, yaitu:

  • Informasi pasangan: nama dan nomor telepon
  • Informasi keluarga kandung: nama, nomor telepon dan hubungan keluarga

5. Informasi Pendidikan dan Pekerjaan

Julo akan meminta informasi pendidikan, yaitu jenjang pendidikan, jurusan, tempat pendidikan dan nilai IPK (jika kuliah).

Selanjutnya, terkait dengan informasi pekerjaan, kita akan diminta untuk mengisi nama perusahaan, alamat perusahaan, mulai bekerja dan juga tanggal gajian.

6. Informasi Keuangan

Sampai pada bagian akhir proses pengisian data, yaitu informasi keuangan peminjam. Disini kita perlu mengisi data keuangan, seperti:
  • Penghasilan per bulan
  • Pengeluaran per bulan
  • Sewa / Cicilan Rumah per bulan
  • Cicilan hutang per bulan
  • Penghasilan bersih rata - rata per bulan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.
  • Ditanyakan juga apakah kita memiliki kendaraan pribadi? dan jika ya, maka kita pilih jenisnya (mobil, motor) serta statusnya sudah lunas atau masih nyicil.

7. Rekening Bank

Untuk kepentingan mencairkan pinjaman, Julo akan meminta kita untuk mengisi data no rekening, bank dan nama di rekening yang sesuai dengan di KTP peminjam.

Karena pihak Julo tidak memperbolehkan kita memakai rekening orang lain untuk mencairkan pinjaman. Maka dari itu, kita harus menggunakan rekening atas nama kita sendiri sebagai peminjamnya.

8. Ajukan Pinjaman

Setelah semua data terisi secara lengkap, Julo akan melakukan verifikasi data tersebut dan memberikan kesempatan kepada calon peminjam untuk mengecek ulang data-data yang sudah diisi.

Pada bagian akhir dari formulir informasi data, sebelum tombol pengajuan, Julo akan meminta persetujuan tentang: Syarat dan Ketentuan; Privacy Policy dan Proses Pemeriksaan data pribadi.

Setelah kamu memahaminya, selanjutnya kotak persetujuan dicentang, silahkan klik ‘Kirim Formulir’, yang berarti proses pengajuan pinjaman sudah disampaikan ke tim Julo.

9. Credit Scoring

Setelah kita selesai melengkapi semua langkah yang ada diatas, Julo akan menjalankan dan menentukan credit scoring untuk kita. Pada dasarnya, di setiap pengajuan akan muncul, yang namnya  ‘Julo Poin’.

Julo poin ini sangat penting, karena hasilnya akan menentukan jenis produk apa yang bisa kita ambil sebagai peminjam.

Berikut ini merupakan hasil Julo Poin tim Kami, yaitu B+, yang mana kita bisa mengambil dua jenis produk pinjaman di aplikasi Julo, yaitu:

Julo Mini: Rp 1,000,000 tenor 30 hariJulo Cicil: Rp 8,000,000 cicilan 3 – 6 bulan

Disini Kami memilih Julo Mini dengan mengajukan pinjaman sebesar Rp 500,000 dengan tenor pembayaran selama 30 hari.

10. Verifikasi

Setelah lolos di aplikasi dengan nilai credit scoring (B+), lalu Kami memilih produk pinjaman, selanjutnya tim Julo akan menyampaikan jika akan ada proses verifikasi melalui telepon.

Disini kita harus menunggu karena verifikasi tidak dilakukan pada saat itu juga.

Di hari berikutnya, tim analis Julo menghubungi Kami melalui nomor telepon yang telah di daftarkan untuk melakukan verifikasi dan menyampaikan hal berikut:
  • Pertama, memberitahukan bahwa pengajuan pinjaman online telah disetujui Julo.
  • Kedua, Julo menyampaikan kalau pinjaman yang disetujui sebesar Rp 1,000,000. Tim Kami mengajukan produk pinjaman yang Rp 500,00 dengan tenor pwmbayaran selama 30 hari serta disebutkan tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman, yang jika mengalami keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda.
  • Ketiga, Julo meminta Kami untuk menyebutkan tanggal lahir dan nomor rekening untuk pencairan dana pinjaman, sebagai syarat verifikasi dan jika tidak bisa menyebutkan kedua data tersebut, maka verifikasi kita akan gagal, maka dari itu kamu harus mengingatnya terutama no rekening bank untuk pencairan.
  • Keempat, meskipun pengajuan pinjaman sudah disetujui, Julo menyebutkan bawah masih ada tahapan proses yang selanjutnya sebelum mencairkan uang ke rekening Kami, yaitu:
    • Tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman di dalam aplikasi Julo
    • Rekaman suara persetujuan Kami dengan cara membaca kalimat yang tertera di dalam aplikasi Julo.
  • Kelima, tim Julo menyebutkan jumlah dana pencairan pinjaman yang masuk rekening akan dipotong untuk biaya provisi di depan sebesar Rp 50,000, sehingga dari pinjaman yang di setujui sebesar Rp 1 juta, Kami akan menerima bersihnya sejumlah Rp 950,000 sementara pengembalian pinjaman sejumlah Rp 1,103,000 (yang dihitung dari total persetujuan plafon Rp 1,000,000).
Setelah proses verifikasi selesai, kita akan diminta untuk mengecek aplikasi Julo karena disana sudah terdapat perjanjian pinjaman yang perlu kita tanda tangani secara elektronik.

Syarat Pencairan Dana Pinjaman Aplikasi Julo

Meskipun pengajuan pinjaman sudah disetujui dan berhasil diverifikasi oleh Julo, masih ada satu langkah lagi yang harus kita selesaikan, yaitu tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan rekaman suara persetujuan di dalam aplikasi Julo.

Julo akan mengirimkan tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan kewajiban rekaman suara di dalam aplikasi.

  • Pertama, kita harus tanda tangan di aplikasi dalam kotak yang sudah disediakan disana.
  • Kedua, kita harus merekam suara di dalam aplikasi Julo dengan membaca pernyataan yang sudah dituliskan dalam aplikasi.

Proses tangan elektronik dan rekaman suara memiliki batas waktu, yaitu harus diselesaikan dalam waktu 3 hari sejak dikirimkan dan jika kita melewati batas waktu tersebut, maka pengajuan pinjaman di aplikasi Julo akan dibatalkan.

Cara Bayar Tagihan Pinjaman di Aplikasi Julo

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membayar pinjaman di aplikasi Julo:

  1. Masuk dan Login ke aplikasi Julo di Smartphone kamu
  2. Klik menu aktivasi yang ada di menu bagian bawah
  3. Salin kode virtual account Julo sesuai dengan metode pembayaran yang kamu pilih
  4. Lanjutkan pembayaran pinjaman di aplikasi Julo dengan mengirimkan sejumlah uang sesuai tagihan di dalam aplikasi Julo ke Virtual Akun Julo sebagai tujuan pengirimannya
  5. Cek status pembayaran di dalam aplikasi Julo
  6. Selesai, tagihan pinjaman kamu di aplikasi Julo sudah lunas.

Cara Batalkan Pinjaman di Aplikasi Julo

Kamu bisa membatalkan pinjaman di aplikasi Julo dengan mengikuti cara di bawah ini:

  1. Hubungi Call Center Julo di nomor 021500919034 dan 021500919035, atau kamu juga bisa membatalkan pinjaman di aplikasi Julo dengan menghubungi via email ke cs@julo.co.id.
  2. Sampaikan alasan kamu ke Call Center Julo, kenapa kamu ingin membatalkan yang telah diajukan.
  3. Jika kamu membatalkan pinjaman di aplikasi Julo via email, maka kamu bisa langsung mengutarakan alasan kamu terkait pembatalan pinjaman yang telah diajukan. Jangan lupa untuk menuliskan nomor telepon kamu di email yang akan kamu kirimkan, agar Call Center Julo bisa menghubungi kamu.
  4. Tungguh proses pembatalan pinjaman selesai dilakukan, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Julo.
Note: Kamu hanya bisa membatalkan pinjaman di aplikasi Julo apabila dana belum dicairkan. Apabila dana sudah dicairkan ke rekening kamu, dengan terpaksa kamu harus membayarnya sesuai dengan tagihan yang tertera di aplikasi Julo.

Biaya Denda Keterlambatan

Penting untuk diperhatikan perihal biaya, salah satunya yang besar adalah biaya terlambat membayar pinjaman.

Julo telah menetapkan denda keterlambatan pembayaran pinjaman, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Diberikan grace period selama 4 hari sejak tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman, baru pada hari ke-5 akan dikenakan biaya keterlambatan
  • Biaya keterlambatan pada hari ke 5 kena Rp 50,000 lalu sampai hari ke-10 kena Rp 50,000 dan di hari ke-30 kena Rp 100,000 sehingga total denda keterlambatan pembayarannya adalah Rp 200,000 selama terlambat 30 hari sejak jatuh tempo.
  • Setelah itu, di setiap periode 30 hari keterlambatan, tim Julo akan mengenakan denda sebesar Rp 100,000.

Biaya keterlambatannya yang cukup besar karena jumlah dendanya dalam 1 bulan (30 hari) hampir sama saja dengan bunga pinjaman. 

Bahkan jika kita terlambat melebihi 30 hari, maka jumlah dendanya akan jauh lebih besar dari biaya bunga pinjaman pokok.

Review Pinjaman Online Julo

Dari pengalaman mengajukan pinjaman di Julo, berikut ini merupakan hasil dan kesan dari Julo Review:

Kelebihan Julo

  • Proses pengajuan pinjaman dana cepat, simpel dan online. Hal ini merupakan kelebihan yang utama karena sangat memanjakan peminjam.
  • Dana tunai. Uang kredit pinjaman di aplikasi Julo bisa kita gunakan sesuai dengan kemauan kita.
  • Tanpa agunan. Tidak butuh pinjaman untuk bisa mengajukan kredit atau pinjaman online di Julo.
  • Legal dan resmi berizin OJK. Aplikasi pinjaman online Julo aman, karena sudah legal dan memperoleh izin OJK sehingga resmi beroperasi dan diawasi oleh OJK. Hal ini sangat penting ditengah maraknya pinjol ilegal.

Kekurangan Julo

  • Bunganya terlalu tinggi. Maksimal bunga pinjaman online adalah sebesar 0.8%.
  • Plafon pinjaman relatif rendah. Dibandingkan dengan KTA bank, yang sama - sama tanpa jaminan, pinjaman di Julo menawarkan plafon kredit yang lebih kecil.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Review cara mengajukan pinjaman online Julo yang sesuai dengan pengalaman dari tim ecerin.