Breaking News

Lupis BPJS: Cara Menggunakan, Klaim, Manfaat untuk Pasien dan Rumah Sakit

Lupis BPJS saat ini tengah menjadi salah satu perbincangan yang paling hangat dalam beberapa pekan terakhir. Bagaimana tidak, salah satu aplikasi yang dirilis oleh BPJS Kesehatan yang satu ini wajib untuk kamu ketahui dan pahami jika ingin bisa mendapat manfaat yang paripurna dari asuransi tersebut.

lupis-bpjs

Sebagai asuransi resmi dari pemerintah, BPJS tidak akan pernah berhenti untuk berinovasi. Badan penyelenggara kesehatan yang satu ini juga turut ikut serta mengikuti era digital agar bisa mempermudah para pesertanya.

Maka dari itu, BPJS Kesehatan mengeluarkan aplikasi Lupis BPJS yang bisa kamu gunakan untuk melakukan klaim pembayaran serta cek riwayat kesehatan dengan mudah dan juga cepat.

Apakah Kamu penasaran, bagaimana cara daftar dan menggunakan aplikasi Lupis BPJS Kesehatan ini? Kalau begitu, masi simak terus pembahasan yang ada di artikel kali ini karena Kami akan membagikan informasinya secara mendetail kepada Kamu mengenai apa itu Lupis BPJS Kesehatan.

Apa itu Lupis BPJS?

Lupis BPJS Kesehatan adalah aplikasi atau layanan pendukung yang diluncurkan oleh BPJS untuk membantu mempermudah para peserta, khususnya untuk pihak rumah sakit dalam mengecek data serta tagihan biaya perawatan pasien. Melalui layanan yang satu ini, maka rumah sakit yang kamu kunjungi jadi lebih mudah pekerjaannya pada saat mendata tagihan kesehatan yang diberikan.

Data yang dicatat oleh pihak rumah sakit ini biasanya berupa data tagihan yang tidak ditanggung oleh INA-CBG (Indonesian Case-Based Groups), yang merupakan metode pembayaran BPJS Kesehatan pada Faskes lanjutan.

Adapun Faskes lanjutan yang Kami maksudkan di sini adalah Rumah Sakit Umum (RSU) dan untuk swasta dimulai dari tipe A sampai tipe D, dan rumah sakit rujukan khusus tanpa harus pindah Faskes.

Selain hanya mengcover fasilitas kesehatan tertentu saja, sistem perawatannya juga tidak menyeluruh. Jika kamu ingin Lupis BPJS membantu klaim tagihan Kamu, maka kamu hanya bisa melakukan rawat inap dan rawat jalan dengan risiko kesehatan tertentu saja.

Secara umum, aplikasi Lupis BPJS ini tidak jauh berbeda dengan PCare Vaksin yang bisa digunakan oleh tenaga kesehatan untuk memantau dan mengelola data para peserta vaksinasi.

Cara Menggunakan Lupis BPJS Kesehatan

Cara menggunakan aplikasi Lupis BPJS ini cukup simpel dan mudah, karena tidak jauh berbeda pada saat kamu menggunakan JMO untuk cek JHT.

Hanya saja, Lupis BPJS Kesehatan ini berbasis web dan bukan aplikasi, maka Kamu harus mengunjungi website Lupis BPJS dan login di sana.

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara menggunakan Lupis BPJS Kesehatan:

  1. Kunjungi situs resmi Lupis BPJS di lupis.bpjs-kesehatan.go.id.
  2. Login dengan menggunakan username dan password BPJS Kesehatan milik Kamu.
  3. Masukkan data Lupis dan isi formulir informasi data diri yang dibutuhkan. Pastikan data yang kamu isi tersebut benar dan sesuai identitas, ya.
  4. Apabila data yang kamu masukkan sudah benar, maka sistem akan memproses informasi dalam bentuk format txt.
  5. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Data yang sudah kamu input tersebut nantinya akan langsung tersimpan dalam sistem Lupis BPJS dan dapat diakses juga oleh pihak rumah sakit.

Cara Klaim Lupis BPJS Kesehatan untuk Pihak Rumah Sakit (RS)

Lalu, bagaimana jika pihak rumah sakit ingin melakukan klaim biaya kesehatan yang sudah diterima oleh pasien BPJS? Caranya juga sangat mudah, lho. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah ecerin sebutkan diatas, ya.

Akan tetapi, jika Kamu sudah sampai pada tahap penyimpanan data dalam format txt, unggah beberapa berkas penunjang yang dibutuhkan terlebih dahulu, ya.

Misalnya saja berkas protokol terapi dan regimen obat, resep alat kesehatan, serta tanda terima ke pasien agar dapat mempermudah proses verifikasi. Jika prosesnya sudah, maka Kamu tinggal memasukkan berkas tersebut dan tunggu pihak BPJS memproses permintaan yang Kamu kirimkan.

Manfaat Lupis BPJS Luar Paket INA

Ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan pada saat menggunakan aplikasi Lupis BPJS Kesehatan.

Dari segi rumah sakit, pihak RS akan lebih mudah memberikan pelayanan kepada para pasiennya. Tetapi sebelumnya, pastikan terlebih dahulu kalau semua data pasien sudah dimasukkan dengan lengkap dan jelas di dalam sistem Lupis.

Sementara dari sisi peserta atau pasiennya sendiri, kamu bakalan bisa lebih memahami terkait benift dari asuransi yang kamu dapatkan dari BPJS Kesehatan. Kamu juga jadi semakin mengenal penyakit apa saja yang pernah kamu alami. Sehingga untuk ke depannya nanti kamu bisa lebih berhati-hati dalam memperlakukan diri Kamu sendiri.

Bahkan, melalui Lupis BPJS juga, Kamu bisa mengetahui berapa besaran biaya kesehatan yang kamu keluarkan atau yang sudah di tanggung oleh BPJS, lho.

Biar lebih jelasnya lagi, berikut ini merupakan manfaat Lupis BPJS Kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Mengetahui Riwayat Kesehatan

Dengan kehadiran layanan Lupis BPJS ini akan memberikan manfaat yang sangat signifikan buat pihak rumah sakit. Ketika ada pasien yang berobat, maka pihak RS tidak perlu bertanya dan memasukkan data medis milik pasien lagi.

Berbagai informasi terkait pasien, mulai dari informasi data diri, riwayat kesehatan, pembayaran, paket asuransi, dan sebagainya yang pernah diklaim dapat diketahui dengan lebih mudah dan juga cepat.

2. Sebagai Sarana Klaim Kesehatan

Apakah Kamu mau klaim Lupis BPJS untuk iuran kacamata? ya, bisa banget dong. Dengan menggunakan Lupis BPJS klaim, maka kamu bisa mengklaim fasilitas dan alat kesehatan seperti berikut ini:

  • Kacamata: Peserta BPJS kelas III akan mendapatkan plafon kacamata maksimal sebesar Rp 150.000, kelas II Rp 200.000, dan kelas I Rp 300.000.
  • Protesta gigi: Biaya klaim yang di tanggung oleh Lupis BPJS maksimal sebesar Rp 1.000.000 yang akan diberikan dalam dua tahun. Kalau untuk protesa, biaya yang bisa di klaim maksimal sebesar Rp 500.000/ setiap rahang.
  • Alat gerak: Alat gerak yang dimaksud disini itu seperti kaki palsu dan tangan palsu. Alat gerak tersebut bisa kamu klaim dengan biaya tagihan maksimal sebesar Rp 2.500.000 yang akan diberikan paling cepat sekali dalam lima tahun.
  • Alat bantu dengar: Biaya klaim Lupis BPJS kesehatan ini maksimal sebesar Rp 1.000.000 dengan pembelian alat di apotek rekanan BPJS. Berlaku untuk lima tahun sekali.
  • Beberapa alat kesehatan yang lainnya: misalnya saja tulang belakang dengan plafon maksimal sebsar Rp 350.000 dan collar neck Rp 150.000. Semuanya akan diberikan paling cepat sekali dalam dua tahun.

Kesimpulan

Itulah informasi yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini tentang Lupis BPJS Kesehatan 2022. Lupis BPJS merupakan layanan pendukung kesehatan dari BPJS yang berbasis website.

Layanan Lupis BPJS ini akan membantu para peserta dan juga pihak rumah sakit pada saat mendata dan melakukan penagihan biaya tagihan kesehatan. Dengan menggunakan Lupis BPJS Kesehatan ini, maka semua kegiatan kesehatan yang dilakukan bisa berjalan lebih efektif dari biasanya dan efisien.

Type and hit Enter to search

Close