CAR 3i Network adalah jaringan keagenan PT Asuransi Jiwa CAR Life yang menawarkan berbagai manfaat asuransi, investasi, dan juga pendapatan kepada para nasabahnya.


cara-tutup-polis-car-3i

Nah, pada kesempatan kali ini Kami akan memberikan informasi kepada Kamu terkait bagaimana cara tutup polis di CAR 3i Network? Serta prosedur penarikan dananya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menutup polis asuransi CAR 3i, disini ecerin akan mengulas sedikit mengenai perusahaan yang satu ini, berikut ulasannya.

Apa itu Asuransi CAR 3i?

3i Network adalah sistem jaringan pemasaran asuransi yang dimiliki oleh PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance) dalam merekrut agen. Jadi, perusahaan ini bukanlah penyedia layanan telekomunikasi seperti yang diduga oleh banyak orang. 

Dalam hal ini, maka nasabah CAR Life Insurance dapat direkrut melalui jaringan tersebut. Selanjutnya, mereka akan diberikan pelatihan yang sesuai dengan standar berlisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sebelum bisa memasarkan produk serta merekrut nasabah yang lainnya. Secara sekilas polanya hampir sama dengan bisnis multi level marketing atau MLM.

3i Network merupakan singkatan dari Insurance, Investment, Income, Network. Artinya melalui sistem keagenan yang satu ini, maka nasabah bisa mendapatkan asuransi, investasi, serta pendapatan.

Cara Menutup Polis Asuransi CAR 3i Network

Berikut ini merupakan langkah-langkah proses cara tutup polis CAR 3i Network yang bisa kamu ikuti.

1. Hubungi Customer Care CAR 3i Network

Nomor telepon perusahaan asuransi CAR 3i ada dua, yaitu:

  • Phone : 021-56961929
  • Fax : 021-56961939

Silahkan Kamu hubungi salah satu dari dua nomor perusahaan asuransi CAR 3i di atas untuk mengajukan permohonan penutupan polis.

2. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Beberapa dokumen sebagai persyaratan yang harus Kamu lengkapi untuk cara menutup polis asuransi di CAR 3i, yaitu:

  • Buku Polis Asli.
  • Fotokopi identitas KTP.
  • Fotokopi Halaman Depan Buku Tabungan (Jika nama pemilik rekening tidak sama dengan nama pemegang polis, makaharus melampirkan surat pernyataan tanda tangan di atas materai).
  • Isi Formulir Permohonan Perubahan Produk Unitlink (bisa ambil di kantor cabang CAR atau hubungi lancar@car.co.id) dengan baik dan benar.

3. Datang ke Kantor Cabang / Pusat CAR 3i

Datangi kantor cabang/pusat perusahaan untuk mengirimkan kelengkapan dokumen persyaratan cara menutup polis asuransi CAR 3i Network ke alamat:


L@NCAR (Layanan Nasabah CAR)
Central Asia Raya Life Insurance
Wisma CAR Life
Jl. Gelong Baru Utara No. 5-8, Jakarta Barat 11440
Proses penutupan polis asuransi CAR 3i Network maksimal selama 14 hari kerja setelah berkas diterima kantor pusat CAR 3i Network.

Setelah cara menutup polis asuransi di CAR 3i Network berhasil disetujui, dana akan dikirimkan ke rekening pemegang polis.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi CAR 3i Network Indonesia

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh produk dari Asuransi CAR Indonesia ini. Beberapa agen masih memasarkan produk yang satu ini dengan istilah tabungan. Padahal produk yang sebenarnya mereka pasarkan bukanlah tabungan, melainkan asuransi unit link.

Bagi Kamu yang sudah memahami apa itu asuransi unit link, biasanya ada kecenderungan untuk menghindarinya karena uang pertanggungan yang akan didapatkan tentunya jauh lebih kecil dibandingkan dengan asuransi jiwa murni.

Sangat wajar jika uang pertanggungan yang akan diterima nantinya jauh lebih kecil karena premi yang dibayarkan oleh nasabah akan dibagi ke dalam dalam dua manfaat, yaitu proteksi dan investasi, sehingga setiap manfaat tersebut tidak akan bisa maksimal.

Sebagaimana yang telah diterapkan pada sistem agen asuransi pada umumnya, para agen yang tergabung dalam jaringan keagenan ini dapat menjual produk asuransi yang sama dengan keuntungan mendapatkan komisi dari jaringannya. Istilah ini disebut oleh para agennya adalah gaji. Padahal gaji yang sebenarnya sangat berbeda sekali dengan komisi. 

Gaji merupakan pendapatan atas kinerja seseorang di dalam perusahaan dengan nilai yang sudah disepakati sebelumnya. Lain halnya dengan komisi yang akan didapatkan ketika kita berhasil melakukan penjualan. Artinya, kamu tidak akan pernah mendapatkan komisi jika tidak berhasil menjual produk CAR 3i.

Untuk mempelajari sistem dan perencanaan marketing keagenan CAR 3i, biasanya para agen akan memanfaatkan aplikasi 3i Mobiss yang didapatkan dari Google Play Store melalui ponsel berbasis Android.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan 3i Network CAR yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan saat Kamu bergabung dalam program ini.

Itulah beberapa informasi yang dapat Kami sampaikan terkait cara menutup polis asuransi CAR 3i Network dan juga penarikan dananya.

Sebelum Kamu memutuskan untuk mengikuti cara menutup polis CAR 3i, ada baiknya kalau Kamu memikirkannya terlebih dahulu dengan baik sampai benar-benar matang.