Mempromosikan produk asuransi memang bisa di bilang tidak telalu mudah, apalagi jika Kamu merupakan salah satu agen baru yang baru terjun ke dunia asuransi. Nah, pada artikel kali ini Kami akan membagikan informasi terkait bagaimana cara menawarkan asuransi lewat WhatsAspp. Simak selengkapnya berikut ini!

menawarkan-asuransi-lewat-whatasapp

Untuk bisa mendapatkan nasabah asuransi memang sulit atau bisa jadi malah mudah. Dalam artian mudah jika Kamu melakukannya dengan tekun, sesuai dengan passion dan pantang menyerah. Di sisi lain, akan terasa sulit jika tidak sesuai dengan passion dan mudah menyerah serta putus asa.

Bagi Kamu yang ingin bisa mendapatkan nasabah asuransi yang banyak, pastikan jika Kamu hanya menjual asuransi kesehatan terbaik yang sudah dikenal dan dipercaya oleh banyak orang, seperti Prudential, Allianz, dan sebagainya. Karena hal ini akan mempermudah penjualan asuransi Kamu. Saat ini untuk menjual berbagai produk dan jasa bisa di bilang sangatlah mudah. Dengan munculnya teknologi internet, maka kita bisa menjualnya melalui online di berbagai platform, salah satunya yaitu WhatsApp. Namun menjual asuransi tidak seperti menjual produk fisik, karena ada beberapa langkah penting diperlukan.

Dimulai dengan mencari atau membuat prospek, menjalin hubungan yang baik, bertemu prospek dan sampai pada tujuan utama yaitu menawarkan polis asuransi kesehatan. Memanfaatkan teknologi yang ada merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan klien dan juga menutup percakapan dengan klien dengan mudah.

Dengan terjalinnya kepercayaan antara agen asuransi dan nasabah, maka pembukaan, pencairan dan penutupan polis dapat berjalan dengan lancar. Tetapi, bagaimana cara menawarkan asuransi melalui WhatsApp? lihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menawarkan Asuransi Lewat WhatsApp

Ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan sebelum melakukan promosi dengan cara menawarkan asuransi melalui WhatsApp. Simak selengkapnya berikut ini:

Cari Tahu Informasi Tentang Asurans yang Akan Kamu Tawarkan

Asuransi yang cocok jangan hanya sebatas mengikuti jejak teman Kamu yang menawarkan asuransi tanpa melakukan riset market terlebih dahulu. Bisa jadi teman Kamu sendiri malah mendapatkan “harga khusus” karena keistimewaan dari kantornya. Bisa juga teman kamu mendapatkan program atau penawaran khusus dari sales di perusahaan atau ada kemungkinan dia menjadi sales dari perusahaan asuransi tersebut.

Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel dan Bonafit

Kuncinya percayakan barang Kamu kepada perusahaan yang sudah kredibel dan bonafit. Kenapa harus memilih perusahaan asuransi yang kredibel dan bonafit? Karena perusahaan ini telah terbukti dengan rekam jejak yang telah teruji dan memiliki kpepercayaan tinggi dari para konsumen yang ada di seluruh Indonesia.

Pilih Jenis Asuransi yang Tepat dan Sesuai

Ada banyak jenis asuransi yang ada di Indonesia. Kamu harus mengetahui asuransi mana yang tepat untuk kamu.

Siapkan Dokumen Dasar

Untuk mendaftarkan nasabah asuransi yang baru, ada beberapa dokumen yang harus Kamu siapkan terlebih dahulu yaitu:

  • Formulir pendaftaran asuransi.
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM).
  • NPWP atau SIUP Catatan: untuk asuransi yang menyediakan pilihan pendaftaran lewat online, tidak memerlukan banyak dokumen. Kamu hanya perlu menyiapkan STNK / BASTK untuk bisa mendapatkan persetujuan asuransi dalam waktu kurang dari 24 jam.

Baca Polis Asuransi dan Bayar Premi Secara Teratur

Tugas Kamu adalah membaca dan memahamin polis asuransi agar tidak ada masalah pada saat akan melakukan klaim asuransi di kemudian hari.

Manfaat Menawarkan Asuransi Melalui Whatsapp

Dapat bertemu secara langsung dengan klien dan calon klien memang seringkali membawa keuntungan tersendiri. Namun, jika penunjukan tidak bisa digunakan, maka cara digital juga bisa menjadi penyelamat pada saat masa-masa sulit. Ada banyak Manfaat jika Kamu menawarkan Asuransi lewat Whatsapp, yaitu:

Hemat Waktu dan Tenaga

Dalam hal membuat dan memenuhi janji, baik itu agen ataupun calon klien harus menyiapkan waktu, tenaga, dan terkadang juga membutuhkan uang. Hal ini dikarenakan tidak selalu ada calon klien yang bersedia untuk bertemu di tempat tinggalnya. Seringkali agen asuransi juga harus mendatangi tempat kerja, atau keduanya juga bisa bertemu di tempat yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini tidak selalu mudah karena seringkali ada kendala yang bisa menyebabkan janji harus dibatalkan.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, baik agen ataupun calon klien dapat bertemu dimana saja dan kapan saja tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak. Bahkan, percakapan juga bisa berlangsung sangat lama, walaupun terkadang harus dijeda terlebih dahulu karena ada berbagai alasan.

Dapat Menjangkau Siapa Saja

Saat bertemu wawancara, biasanya hanya akan ada agen asuransi dan calon klien. Tentunya akan menjadi bonus jika calon klien Kamu membawa partner yang lainnya, tentu bisa jadi merupakan calon klien. Tetapi jika Kamu menggunakan WhatsApp, maka siapa saja dapat menjadi klien yang potensial. Karena Kamu hanya perlu membuat konten di Stories atau menyiarkan pesan. Jarak yang jauh juga bukan menjadi penghalang untuk tetap dapat menawarkan produk asuransi Kamu.

Mudah Melakukan Promosi Asuransi

Jika dulu ketika kita akan mengiklankan sesuatu harus menggunakan Broadcast Messages, maka sekarang ada lebih banyak cara menawarkan atau mempromosikan produk asuransi. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan fitur story.

Kamu bisa membuat konten yang menarik, bukan hanya sebatas konten yang menawarkan produk secara langsung. Konten semacam ini, terutama bergenre komedi, yang mampu menarik lebih banyak perhatian. Lebih mudah menawarkan asuransi melalui WhatsApp. Kamu juga bisa membuat stiker unik dan lucu yang berisi promo asuransi serta menggunakannya pada saat melakukan percakapan.

Cara Menawarkan Asuransi Lewat WhatsApp

Berikut ini merupakan beberapa langkah cara menawarkan asuransi lewat WhatsApp yang bisa Kamu lakukan:

Perkenalkan Diri Kamu

Menawarkan asuransi kepada teman atau kolega yang dikenal tentu akan jauh lebih mudah daripada kepada seseorang yang tidak Kamu kenal sebelumnya. Jika pesan yang akan dikirim adalah untuk orang yang tidak terlalu dikenal atau bahkan tidak kenal sama sekali, maka hal pertama yang perlu Kamu lakukan adalah memperkenalkan diri Kamu terlebih dahulu dengan menyebutkan nama dan tujuan pengiriman pesan. Hal ini bertujuan karena ada banyak orang yang tidak merasa nyaman ketika menerima pesan dari orang asing.

Minta Izin Untuk Memberikan Edukasi atau Pendidikan Asuransi

Meminta kesediaan dari calon nasabah untuk mendapatkan konten edukasi tentang produk asuransi yang Kamu tawarkan. Hal ini akan lebih mudah jika agen asuransi sendiri sudah mengetahui apa kebutuhan calon kliennya, misalnya saja memiliki anak usia sekolah yang membutuhkan asuransi pendidikan dan sebagainya.

Jika mereka tidak menyukainya, maka Kamu jangan memaksakan. Namun jika mereka tertarik, maka Kamu lanjutkan pembicaraan ke topik yang diinginkan. Jika sudah mendapatkan kepercayaan dari klien, agen asuransi harus tetap menjaga kepercayaan tersebut. Untuk bisa mendapatkan closing, maka seseorang harus terlebih dahulu perlu memahami produk asuransi yang mereka tawarkan. Jika target sudah didapatkan, maka terapkan cara menawarkan asuransi melalui WhatsApp atau media sosial yang lainnya.

Kenali Jenis-Jenis Asuransi

Ada beberapa jenis asuransi berbeda yang dapat disesuaikan dengan nasabah, diantaranya yaitu:

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini akan memberikan manfaat finansial bagi nasabah pemegang polis jika terjadi kematian, sakit mendadak, ataupun cacat tetap total atau sebagian yang disebabkan karena risiko kecelakaan atau sakit. Sebelum nasabah akan memilih asuransi jiwa, berikan pemahaman terlebih dahulu terkait sistem dan metode yang ditawarkan. Ada penyedia asuransi yang menerapkan sistem pembayaran setelah kematia,  namun ada juga yang mengizinkan Pemegang Polis untuk mengklaim dana asuransi sebelum kematiannya.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang paling banyak diminati nasabahnya. Asuransi kesehatan ini akan menangani masalah terkait kesehatan dan melindungi nasabah secara finansial dalam menutupi biaya mulai dari proses pengobatan penyakit yang di derita hingga pemulihan. Secara umum, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh asuransi satu ini seperti cacat, sakit, dan kematian.

Asuransi Pendidikan

Menyiapkan dana pendidikan dimulai sejak dini merupakan salah satu cara untuk melindungi masa depan anak. Asuransi pendidikan merupakan salah satu pilihan yang memberikan manfaat proteksi bagi pendidikan.

Asuransi Investasi

Nasabah bisa mendapatkan asuransi sekaligus hasil investasi yang disebut juga dengan asuransi unit link. Sesuai dengan namanya, asuransi unit link ini akan memberikan manfaat berupa perlindungan dan nilai tunai yang diperoleh dari pengembangan dana investasi yang sesuai dengan pilihan investasi tersedia.

Asuransi Kendaraan

Kendaraan juga perlu dilindungi dari berbagai risiko yang tidak diinginkan, seperti kehilangan atau kerusakan. Manfaat membeli premi asuransi kendaraan adalah untuk memberikan perlindungan dan rasa ketenangan secara finansial jika dihadapkan pada risiko kerusakan kendaraan.

Asuransi Kecelakaan

Pada umumnya orang tidak akan terlalu memperhatikan asuransi kecelakaan karena menganggap jika perusahaan tempat mereka bekerja telah memberikan perlindungan terhadap kecelakaan kerja. Tetapi, cobalah untuk meninjau kembali aktivitas dan kondisi di tempat kerjanya. Jika pekerjaan nasabah termasuk ke dalam kategori rawan kecelakaan, maka sebaiknya menyediakan produk asuransi kecelakaan. Hal ini karena risiko dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, baik itu di jalan maupun di tempat kerja sekalipun.

Kesimpulan

Cara mempromosikan produk asuransi melalui WhatsApp sebenarnya mudah untuk dilakukan, yang terpenting Kamu memahami setiap jenis produk asuransi, dan asuransi apa yang cocok bagi nasabah.

Itulah informasi terbaru yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana cara menawarkan asuransi lewat WhatsApp dengan mudah dan cepat.