Breaking News

Cara Menutup Polis Asuransi AXA Mandiri Beserta Syaratnya

Apakah Kamu merupakan salah satu pemilik polis asuransi AXA Mandiri? Apakah saat ini Kamu ingin mengajukan penutupan polis asuransi AXA Mandiri? Lantas, bagaimana cara menutup asuransi AXA Mandiri?

cara-tutup-polis-axa-mandiri

Ya, hampir semua perusahaan asuransi tidak terkecuali asuransi AXA Mandiri tentunya akan selalu berusaha untuk menawarkan berbagai produk dan layanan terbaik bagi para nasabahnya. Namun, di dalam perjalanannya sendiri, terkadang nasabah justru seringkali menemukan ketidakcocokan dengan produk asuransi yang sudah mereka pilih. Alhasil, mereka akhirnya berniat untuk menutup polis asuransi yang dimilikinya.

Kamu sendiri tidak perlu khawatir. Cara menutup polis asuransi jiwa ataupun yang lainnya dari AXA Mandiri bisa Kamu lakukan dengan mudah, kok. Prosesnya juga cukup gampang dan cepat. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Cara Memutup Polis Asuransi AXA Mandiri

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara menutup asuransi AXA Mandiri, Kamu perlu tahu terlebih dahulu jika ada 2 (dua) jenis prosedur tutup polis asuransi, yaitu sebagai berikut:
  • Cooling off, adalah prosedur penutupan polis asuransi AXA Mandiri jika Kamu belum menjadi nasabah.
  • Surrender, adalah prosedur penutupan polis asuransi bagi Kamu yang sudah menjadi memiliki polis. Nantinya, pihak asuransi tidak akan lagi bisa memberikan pertanggungan atas berbagai risiko yang terjadi pada nasabahnya. Selain itu, pihak asuransi juga akan menghitung semua premi yang telah dibayarkan sebelumnya.
Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah proses cara pengajuan penutupan polis asuransi AXA Mandiri:

1. Hubungi Customer Care AXA Mandiri

Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah menghubungi Customer Care asuransi AXA Mandiri. Adapun cara menghubungi customer care center AXA Mandiri bisa melalui tiga line, yaitu:
  • Telepon: 1500 803 (Life) & 1500 733 (General)
  • Email: customer@axa-mandiri.co.id (Life) atau customer.general@axa-mandiri.co.id (General)
  • Whatsapp: 0815 8608 6801
Nantinya, petugas customer service akan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada Kamu untuk proses verifikasi data, termasuk salah satunya yaitu alasan menutup polis asuransi. Setelah itu, Kamu akan diarahkan ke proses yang selanjutnya.

2. Unduh Formulir Penutupan

Cara menutup polis asuransi AXA Mandiri selanjutnya adalah, unduh formulir penutupan polis. Kamu bisa mengunduh formulir tersebut di website resmi AXA Mandiri, yaitu www.axa-mandiri.co.id.

Sebagai informasi tambahan, formulir penutupan asuransi ini juga mencakup formulir pengajuan penarikan dana. Pastikan kalau Kamu sudah mengisi semua bagian yang wajib diisi dengan lengkap dan jangan sampai ada data yang salah atau kurang, ya.

3. Kirim Dokumen Penutupan Polis Asuransi AXA Mandiri

Jika formulir penutupan sudah diisi dengan lengkap dan benar, maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan formulir tersebut ke kantor pusat AXA Mandiri. Namun, formulir penutupan tadi juga harus disertai dengan sejumlah dokumen persyaratan pelengkap yang lainnya, yaitu sebagai berikut:
  • Fotokopi kartu identitas, yaitu KTP/Paspor/KITAS.
  • Fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran polis.
  • Buku polis asli.
  • Kamu juga biasanya akan dikenakan biaya administrasi penutupan polis sebesar Rp 420.000 dan juga biaya medis.
Diatas merupakan beberapa persyaratan untuk metode penutupan cooling off. Sementara untuk metode penutupan surrender, dokumen persyaratan yang harus diserahkan kurang lebih sama, yaitu sebagai berikut:
  • Mengisi formulir yang sudah disediakan.
  • Fotokopi kartu identitas, yaitu KTP/Paspor/KITAS.
  • Fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran polis.
  • Buku polis asli.
  • Mengikuti aturan pajak asuransi yang berlaku.

4. Tunggu Proses Penutupan Polis Asuransi

Dokumen yang Kamu kirimkan nantinya akan diterima oleh pihak Financial Advisor Asuransi AXA Mandiri untuk kemudian dilakukan verifikasi data. Pada tahap yang satu ini, Kamu hanya perlu menunggu proses verifikasi tersebut sampai pengajuan penutupan polis asuransi selesai.

Untuk penutupan cooling off, prosesnya akan berlangsung sekitar 14 (empat belas) hari jam kerja terhitung setelah dokumen persyaratan diterima dengan lengkap. Sedangkan untuk penutupan Surrender, prosesnya lebihh singkat, yaitu sekitar 7 (tujuh) hari kerja saja.

Sambil Kamu menunggu proses penutupan polis asuransi, Kamu juga bisa melihat progress proses tersebut dengan cara menghubungi customer care AXA Mandiri melalui telepon, email, atau aplikasi pesan singkat Whatsapp dengan nomor yang telah disebutkan di atas.

Itulah informasi yang dapat Kami sampaikan terkait cara menutup asuransi AXA Mandiri bagi Kamu yang ingin melakukannya. Namun, sebelum Kamu yakin berniat melakukan penutupan, ada baiknya jika Kamu mempertimbangkan kembali secara matang, ya.

Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Financial Advisor yang bersangkutan untuk menemukan berbagai solusi dari ketidakcocokan yang Kamu temukan. Semoga artikel ini bermanfaat buat Kamu!

Type and hit Enter to search

Close