Breaking News

Cara Mudah Klaim Asuransi Mobil All Risk dan TLO Beserta Syaratnya

Bagi Kamu yang memiliki kendaraan, tentunya Kamu harus tahu bagaimana cara klaim asuransi mobil jika terjadi berbagai hal yang tidak Kamu inginkan. Tidak bisa kita pungkiri jika tingkat kecelakaan di Indonesia ini masih cukup tinggi. Hal ini umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah tingkat kedisiplinan aturan lalu lintas yang masih terbilang rendah. Inilah alasan utama yang membuat masyarakat harus memiliki perlindungan supaya bisa meminimalisir risiko akibat kecelakaan di jalan raya salah satunya dengan daftar polis asuransi mobil.

Asuransi mobil ini bisa menjadi perlindungan jika suatu saat nanti kendaraan kamu mengalami kerusakan atau kecelakaan. Dengan adanya polis asuransi kendaraan ini, maka kamu tidak perlu khawatir soal biaya perbaikan mobil Kamu karena semuanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Agar klaim asuransi bisa di terima, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Dalam artikel ini, inReviews akan membahas dengan tuntas tentang bagaimana cara dan proses klaim asuransi mobil dengan mudah dan cepat. Simak selengkapnya berikut ini!

Apa itu Klaim Asuransi?

Klaim asuransi adalah tuntutan yang diajukan oleh Pemegang Polis ke perusahaan Asuransi selaku Penanggung Asuransi, agar memenuhi hak Pemegang Polis sesuai dengan yang tertera di dalam ketentuan Polis. Contohnya saja, kamu memiliki Asuransi kendaraan yang menanggung biaya perbaikan kerusakan mobil milik Kamu.

Syarat Klaim Asuransi Mobil

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum Kamu mengikuti cara klaim asuransi dengan mudah. Apa saja persyaratannya? Simak selengkapnya di bawah ini!

  • Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotokopi.
  • Fotokopi SIM dan STNK.
  • Bukti laporan kepolisian jika mobil memang mengalami kerusakan berat karena kecelakaan atau kehilangan.
  • Formulir klaim asuransi harus di isi dengan lengkap dan ditandatangani.
  • Kronologi kejadian secara tertulis.
  • Foto semua kerusakan seperti, lecet, penyok dan sebagainya.
  • Jangan lupa juga untuk menyiapkan biaya klaim asuransi mobil atau biaya ditanggung sendiri (own risk) untuk klaim yang Kamu ajukan. Biaya ini berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribuan.

Cara Klaim Asuransi Mobil untuk All Risk dan TLO

cara-klaim-asuransi-mobil-all-risk-dan-tlo

Berikut ini merupakan beberapa tips dan cara klaim asuransi mobil untuk all risk dan TLO yang bisa kamu ikuti prosesnya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

cara-klaim-asuransi-mobil-kredit

Saat kebutuhan mobilitas tinggi, terkadang membuat sebagian orang memilih untuk mengambil kredit mobil agar kebutuhannya terpenuhi. Yang menjadi pertanyaannya, Apakah mobil kredit Kamu sudah ada asuransinya? Walaupun mobil Kamu masih dalam masa kredit, mobil tetap bisa mendapatkan klaim asuransi jika suatu saat nanti mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana cara klaim asuransi mobil kredit? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Segera Buat Laporan Jika Terjadi Kerusakan

Walaupun mobil Kamu masih dalam masa kredit, tetapi tidak menutup kemungkinan jika mobil akan mengalami lecet atau kerusakan. Disinilah salah satu manfaat asuransi mobil bagi para pemiliknya. Bagi Kamu seorang pemilik mobil kredit yang ingin mengajukan klaim, maka segera laporkan jika terjadi kerusakan kepada pihak asuransi. Ceritakan kronologi kejadian dengan jujur, kenapa mobil Kamu bisa sampai mengalami kerusakan. Jangan lupa juga mengambil foto bagian mobil yang mengalami kerusakan untuk dijadikan sebagai bukti pada saat melakukan cara pengajuan klaim asuransi mobil.

2. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan dengan Lengkap

Selanjutnya Kamu juga perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan syarat dan ketentuan klaim asuransi mobil dari perusahaan yang menerbitkannya. Beberapa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengajuan klaim asuransi mobil kredit yaitu fotokopi STNK, polis asuransi kendaraan, fotokopi SIM dan surat keterangan dari polisi yang menyatakan bahwa mobil Kamu mengalami kerusakan di atas 70%. Masukkan semua kelengkapan dokumen yang telah disiapkan ke dalam sebuah map yang nantinya akan dibawa pada saat dilakukan pemeriksaan persyaratan dokumen klaim di kantor perusahaan asuransi. Pastikan juga kalau masa klaim sudah sesuai dengan berapa lama kontrak pada polis asuransi mobil tersebut berlaku.

3. Ajukan Klaim Secara Digital Melalui Aplikasi

Di era yang sudah semakin canggih seperti saat ini, tips dan cara klaim asuransi mobil juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan melalui proses pengajuan klaim perlindungan mobil melalui online. Saat ini telah banyak polis asuransi yang menyediakan layanan cara klaim asuransi mobil melalui aplikasi yang bisa digunakan pada smartphone untuk mempermudah proses pengajuan ganti rugi terkait kerusakan kendaraan. Untuk mengajukannya, kamu hanya perlu login ke dalam aplikasi yang telah disediakan kemudian isi formulir klaim yang telah tersedia dengan lengkap. Jangan lupa juga upload foto kerusakan pada kendaraan sebagai bukti untuk mengajukan klaim ganti ruginya. Akan tetapi, jika Kamu mengajukan klaim secara digital ditolak, maka Kamu tidak ada salahnya untuk mencoba cara lainnya yaitu dengan mendatangi kantor asuransi secara langsung dan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

4. Pantau Progress Pengajuan Klaim Asuransi Menggunakan Aplikasi

Setelah proses pengajuan klaim asuransi mobil berhasil, maka selanjutnya Kamu pantau terus progress pengajuan klaimnya. kamu juga bisa melakukan pengecekan progress pengajuan melalui aplikasi yang telah disediakan oleh pihak perusahaan asuransi. Dengan menggunakan cara yang satu ini, maka pemohon tidak perlu lagi bolak balik ke kantor cabang perusahaan asuransi hanya sekedar untuk mengetahui progress dari pengajuan klaim yang dilakukan. Pada masa pandemi seperti saat ini, cara klaim asuransi mobil menggunakan aplikasi ini akan sangat membantu Kamu untuk menghindari kontak dengan banyak orang diluar. Akan tetapi progress klaim asuransi digital biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan Kamu datang secara langsung ke kantor asuransi.

5. Datangi Kantor Asuransi Langsung

Tidak semua orang yang melakukan cara klaim asuransi mobil melalui aplikasi berhasil dan juga diterima. Jika pengajuan klaim asuransi Kamu melalui aplikasi tidak kunjung diproses atau bahkan gagal, maka jalan lainnya adalah dengan mendatangi kantor asuransi secara langsung. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen yang dibutuhkan termasuk dokumentasi kerusakan kendaraan. Proses pengajuan klaim yang dilakukan secara langsung di kantor asuransi akan diproses pada hari itu juga sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Jika klaim asuransi diterima, maka akan segera dilakukan proses penjemputan mobil untuk dilakukan perbaikan di bengkel rekanan.

Perlu Kamu garis bawahi jika cara klaim asuransi mobil kredit yang satu ini hanya bisa dilakukan untuk pembelian mobil yang masih baru saja. Pada saat proses pengajuan kredit mobil, biasanya akan ada pihak kreditur yang langsung mendaftarkan asuransi untuk melindungi kendaraan kamu walaupun mobil masih dalam masa kredit. Dengan begitu, maka kamu tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat nanti mobil Kamu mengalami kerusakan pada saat masa kredit karena tetap bisa mengajukan klaim asuransi mobil.

Untuk catatan Kamu juga, berapa lama proses klaim asuransi mobil? Umumnya, proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel ini hanya akan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 hari. Hanya saja, proses klaim ini akan menjadi lebih lama jika jumlah klaim yang masuk dari para nasabah perusahaan asuransi sudah banyak sampai menimbulkan antrean.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

cara-klaim-asuransi-mobil-lecet

Melihat mobil kesayangan Kamu mengalami kerusakan walaupun hanya sekedar lecet sedikit pasti akan membuat Kamu menjadi kesal dan tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet ini? Bagi Kamu pemilik mobil yang memiliki asuransi All Risk, maka mobil lecet sedikit saja bisa mengajukan klaim asuransi untuk menanggung biaya perbaikan.

Cara klaim asuransi mobil lecet atau baret ini sebenarnya sangat mudah prosesnya jika semua dokumen dan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pengajuan bisa kamu siapkan dengan lengkap. Lalu, apa saja syarat klaim asuransi mobil lecet? Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengajukan klaim mobil lecet, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Laporkan ke Pihak Asuransi

Hal pertama yang harus Kamu lakukan jika ingin mengajukan klaim asuransi mobil yang lecet adalah dengan melaporkannya dulu ke pihak perusahaan asuransi. Saat mobil Kamu mengalami lecet, Kamu segera menghubungi pihak asuransi melalui telepon atau pesan singkat untuk membuat laporan. Selanjutnya hal yang perlu Kamu lakukan yaitu membuat dokumentasi bagian mobil mana saja yang lecet untuk dilampirkan dalam proses pengajuan klaim asuransi. Setelah mendapatkan laporan, maka pihak asuransi selanjutnya akan menyiapkan laporan pengajuan dan menunggu kamu untuk membawa dokumen lengkap yang dibutuhkan sebagai syarat cara klaim asuransi mobil lecet.

2. Lampirkan Bukti Foto Bagian Mobil yang Lecet

Saat Kamu ingin mengajukan klaim asuransi mobil, jangan lupa untuk menyertakan foto bagian mobil yang lecet atau rusak. Foto ini akan menjadi bukti pada saat melaporkan sekaligus harus dilampirkan pada berkas persyaratan pengajuan klaim. Jangan lupa juga untuk memberikan informasi yang jujur terkait kronologi kejadian yang mengakibatkan mobil bisa mengalami kerusakan tersebut agar cara klaim asuransi mobil bisa diterima oleh perusahaan.

3. Siapkan dan Dokumen yang Dibutuhkan dengan Lengkap

Setelah Kamu membuat laporan dan mendokumentasikan kondisi mobil yang lecet, cara klaim asuransi mobil selanjutnya adalah dengan melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Adapun dokumen yang akan diperlukan untuk melakukan klaim asuransi mobil lecet ini yaitu fotokopi STNK, fotokopi SIM, fotokopi polis asuransi mobil, formulir klaim asuransi dan surat keterangan polisi yang menyatakan kalau mobil mengalami lecet akibat kecelakaan. Siapkan juga semua dokumen dalam satu map berkas yang nantinya akan di bawa ke kantor perusahaan asuransi untuk proses pengajuan klaim asuransi kerusakan.

4. Isi Formulir Pengajuan Klaim Asuransi Mobil Lecet

Setelah semua dokumen yang diperlukan sudah siap, selanjutnya kamu bisa langsung mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Cara klaim asuransi mobil yang selanjutnya yaitu dengan mengisi formulir pengajuan yang telah disiapkan oleh pihak asuransi dengan lengkap. Kamu bisa mengisi formulir asuransi secara online atau offline dengan datang langsung ke kantor cabang asuransi terdekat. Saat ini telah banyak polis asuransi yang menyediakan layanan dengan fasilitas klaim asuransi melalui online secara digital untuk mempermudah proses pengajuan klaim. Setelah formulir lengkap dan siap, maka pihak asuransi akan mengecek kondisi kerusakan mobil Kamu.

5. Sampaikan Informasi dan Kronologi Kejadian Kecelakaan

Untuk memastikan apakah kamu bisa mendapatkan klaim asuransi mobil lecet atau tidak, maka pihak asuransi akan bertanya mengenai kronologi kejadian kecelakaan. Sampaikan semua informasi mengenai kronologi kejadian dengan jujur dan runtut agar cara klaim asuransi mobil Kamu bisa diterima. Jika diperlukan, nantinya pihak asuransi akan melakukan pengecekan kondisi kerusakan secara langsung di bengkel rekanan.

6. Pantau Progress Pengajuan Klaim

Umumnya pihak asuransi tidak akan secara langsung memberikan keputusan apakah pengajuan klaim kamu disetujui atau ditolak. Maka dari itulah kamu harus selalu memantau progress pengajuan klaim baik itu melalui aplikasi resminya atau dengan menghubungi costumer service untuk melakukan pengecekan status klaim. Jika cara klaim asuransi mobil diterima, Kamu segera datangi bengkel rekanan untuk dilakukan perbaikan terhadap mobil Kamu yang mengalami kerusakan tersebut.

7. Gunakan Jasa Bengkel Rekanan

Klaim asuransi kendaraan ini hanya bisa digunakan di bengkel rekanan pihak asuransi saja. Jika klaim asuransi Kamu sudah disetujui, maka Kamu harus segera mendatangi bengkel rekanan terdekat untuk mendapatkan perbaikan. Bengkel akan melakukan perbaikan sesuai dengan klaim asuransi yang telah disetujui oleh pihak perusahaan asuransi saja. Jika ada bagian klaim yang tidak disetujui, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan.

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu jika tidak semua cara klaim asuransi mobil yang diajukan saat kendaraan mengalami kerusakan dapat diterima oleh pihak asuransi. Karena perusahaan asuransi hanya akan menerima klaim jika pemohon melengkapi semua dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Jika kerusakan mobil ini diakibatkan karena kelalaian pengemudi seperti menyetir saat mabuk atau dan tidak memiliki SIM, maka pengajuan klaim asuransi Kamu pasti akan ditolak.

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

cara-klaim-asuransi-mobil-all-risk

Asuransi mobil all risk adalah salah satu jenis asuransi kendaraan yang paling banyak digunakan khususnya bagi mereka para pemilik mobil dengan harga tinggi. Dengan menggunakan asuransi yang satu ini, maka semua jenis kerusakan mulai dari kerusakan kecil, besar bahkan hingga risiko kehilangan bisa diklaim kepada pihak perusahaan asuransi. Cara klaim asuransi mobil all risk ini juga cukup mudah dan tidak sulit, berikut ini merupakan tips dan langkah-langkahnya.

1. Sertakan Bukti Foto untuk Kerusakan Mobil

Hal pertama yang perlu Kamu lakukan jika ingin mengajukan klaim asuransi mobil all risk adalah dengan mendokumentasikan kerusakan pada mobil sekecil apapun. Segera buat laporan yang ditujukan kepada pihak perusahaan asuransi dengan memberikan foto sebagai bukti klaim kerusakan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi STNK, SIM, polis asuransi hingga surat keterangan dari kepolisian yang menyatakan bahwa mobil Kamu mengalami kerusakan akibat kecelakaan.

2. Jika Sedang Berada di Luar Kota, Hubungi Agen Asuransi Kamu

Cara klaim asuransi mobil all risk tidak harus dilakukan di kota tempat Kamu mengajukan asuransi. Akan tetapi, jika memang Kamu sedang berada di luar kota, maka kamu tetap bisa mengajukan klaim asuransi ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Cara klaim asuransi mobilnya adalah dengan menghubungi agen asuransi dan ceritakan semua kronologinya sampai mobil bisa mengalami kerusakan. Jika klaim asuransi diterima, maka agen asuransi akan merekomendasikan bengkel rekanan terdekat yang ada di kota tersebut.

3. Isi Formulir Klaim Asuransi yang Tersedia di Bengkel Rekanan

Setelah Kamu mendapatkan rekomendasi bengkel rekanan untuk mengajukan klaim asuransi, maka selanjutnya Kamu isi formulir klaim yang sudah tersedia di bengkel tersebut. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen sebagai persyaratan klaim mobil all risk yang nantinya akan dibutuhkan. Selanjutnya pihak bengkel yang akan melanjutkan proses pengajuan klaim asuransi ke agen. Jika cara klaim (claim) asuransi mobil diterima, maka bengkel akan langsung melakukan proses perbaikan terhadap mobil Kamu yang mengalami kerusakan.

4. Ajukan Konfirmasi Klaim ke Pihak Asuransi

Jika formulir dan berbagai persyaratan klaim telah Kamu penuhi, maka selanjutnya bengkel akan mengajukan konfirmasi ke pihak agen asuransi yang bersangkutan. Pihak bengkel akan langsung melakukan proses perbaikan terhadap mobil Kamu yang mengalami kerusakan. Dengan tips dan cara klaim asuransi mobil seperti ini, akan mempermudah Kamu sebagai pemilik asuransi untuk mengajukan klaim dimana saja dan kapan saja bahkan saat di luar kota juga.

Cara Klaim Asuransi Mobil di Beberapa Perusahaan Asuransi

Untuk detailnya, mungkin kamu ingin mencari tahu juga tentang bagaimana cara klaim asuransi mobil / kendaraan dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Berikut ini merupakan beberapa cara klaim asuransi mobil Honda, Toyota, Daihatsu, dan merek mobil yang lainnya.

A. Cara Klaim Asuransi Mobil di BCA Finance

BCA Multi Finance menawarkan tiga jenis pilihan produk asuransi kendaraan, yaitu asuransi mobil gabungan (comprehensive) yang akan menjamin kerugian akibat dari kecelakaan besar dan kecil serta kehilangan karena dicuri, asuransi mobil TLO (total loss only) yang akan menjamin kerugian akibat kecelakaan dengan minimal kerusakan ≥75% dari total harga pertanggungan atau kehilangan karena dicuri, serta asuransi credit protection yang akan memberikan jaminan perlindungan terhadap mobil kredit apabila tertanggung (debitur) meninggal dunia yang disebabkan karena sakit atau kecelakaan dalam masa kredit. Tips dan cara klaim asuransi mobil di BCA life adalah sebagai berikut.

  • Laporkan Klaim ke Cabang BCA Multi Finance atau Claim Center Maskapai Asuransi, maksimal dalam kurun waktu 5 x 24 jam (5 hari kalender) sejak terjadinya musibah kecelakaan atau kehilangan.
  • Tertanggung harus melengkapi dokumen klaim asuransi: fotokopi KTP debitur, fotokopi KTP pengendara terakhir, fotokopi KTP pelapor selain debitur/pengendara terakhir, fotokopi SIM A/SIM C milik pengendara yang masih berlaku, STNK asli, fotokopi STNK, kunci kontak, formulir klaim asuransi kendaraan, STPL dari Kepolisian (jika ada perbuatan kejahatan, pencurian, kecelakaan berat, atau jika diperlukan oleh pihak asuransi), estimasi dari pihak bengkel resmi/rekanan untuk kasus klaim kecelakaan, foto unit mobil tampak empat sisi untuk kasus klaim kecelakaan, dokumen pendukung yang dilengkapi ahli waris debitur (fotokopi akta kematian debitur, fotokopi KTP ahli waris, fotokopi KK dan buku nikah, surat keterangan waris atau surat pernyataan ahli waris, dan surat kuasa untuk ahli waris jika lebih dari satu), serta surat blokir STNK dari Kaditlantas Polda & Surat Keterangan Kehilangan dari Kaditreskrim Polda/SKEP Polda (khusus untuk kasus kehilangan).
  • Pihak asuransi akan mengirimkan surveyor maksimal selama 2 hari kerja untuk melakukan survey di rumah atau tempat kerja tertanggung (tidak dibolehkan survey di bengkel).
  • Tertanggung dapat memilih sendiri bengkel rekanan yang diinginkan, tetapi pihak bengkel yang ditunjuk perlu memberikan estimasi total biaya perbaikan yang diperlukan terlebih dahulu, dan setelah maskapai asuransi menyetujui estimasi biaya yang dibutuhkan, maka SPK akan diterbitkan untuk segera dilakukan perbaikan.
  • Risiko sendiri (OR) dibayarkan oleh tertanggung kepada pihak bengkel sebelum mobilnya diserahkan oleh pihak bengkel.

B. Cara Klaim Asuransi Mobil Astra Buana Garda Oto

Asuransi kendaraan roda empat dari Astra Buana Garda Oto menyediakan 2 pilihan perlindungan, yaitu perlindungan secara comprehensive/all risk dan perlindungan TLO (total lost only). Berikut ini adalah tips dan cara klaim asuransi mobil di Astra Buana Garda Oto.

  • Hubungi Call Center Garda di nomor 1 500 112 yang memberikan layanan selama 24 jam.
  • Kamu juga bisa mengisi aplikasi formulir kerugian di website https://www.asuransiastra.com/garda-oto/new-claim.
  • Untuk klaim asuransi kehilangan atau kerusakan sebagian dari bagian kendaraan karena perbuatan jahat seseorang, seperti pencurian kaca spion atau ban cadangan/radio tape/mobil dibaret: sertakan juga laporan kerugian yang telah ditandatangani oleh tertanggung, fotokopi polis asuransi, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, dan surat keterangan dari pihak kepolisian setempat.
  • Untuk klaim asuransi kehilangan secara keseluruhan kendaraan karena perbuatan jahat, seperti pencurian kendaraan bermotor: sertakan laporan kerugian yang telah ditandatangani oleh tertanggung, fotokopi polis asuransi, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, keterangan dari pihak kepolisian setempat, Surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari pihak Polda setempat, surat blokir STNK, dan juga investigasi dari Lembaga Investigasi Independen (jika memang diperlukan).
  • Sementara itu, untuk klaim asuransi kerusakan kendaraan akibat kecelakaan: sertakan laporan kerugian yang telah ditandatangani oleh tertanggung, fotokopi polis asuransi, fotokopi STNK kendaraan, fotokopi SIM pengemudi, keterangan dari kepolisian setempat, dan surat tuntutan dari pihak ke III (jika memang ada).

C. Cara Klaim Asuransi Mobil ACA

Asuransi ACA juga meng-cover segala risiko, mulai dari partial loss atau kerugian sebagian, heavy loss, hingga kehilangan kendaraan. Berikut ini merupakan cara klaim asuransi mobil di ACA.

  • Lakukan klaim asuransi melalui online dengan mengunjungi situs resmi di https://aca.co.id/Klaim dan segera membuat laporan ke Layanan Nasabah Asuransi ACA melalui sambungan telepon di nomor (021) 319 99100 maksimal selama 72 jam setelah kejadian agar klaim asuransi dapat segera diproses.
  • Siapkan berbagai dokumen yang terkait dengan pelaporan, seperti SIM, STNK asli, polis asuransi, KTP, BPKB asli, STPL atau Surat Tanda Penerimaan Laporan, BAL LAPJU atau Berita Acara Pemeriksaan Laporan Kemajuan, Surat Kaditserse, kunci mobil, dan sebagainya.
  • Jika pengajuan klaim asuransi mobil diterima, maka pihak asuransi akan menerbitkan SPK atau Surat Perintah Kerja ke bengkel rekanan untuk memperbaiki semua kerusakan mobil kamu.

D. Cara Klaim Asuransi Mobil Sinarmas

Kamu bisa mengikuti cara klaim asuransi kendaraan Sinarmas dengan mudah, baik melalui telepon atau secara online dengan catatan kamu perlu segera membuat laporan paling lambat 5 (lima) hari setelah kejadian. Berikut ini merupakan tips dan langkah-langkahnya.

  • Hubungi Customer Care asuransi Sinarmas di nomor 021 23567888 atau 5050 7888, atau
  • mengirim email ke frondesk.klaim_mbu@sinarmas.co.id, atau
  • Registrasi melalui website resmi di www.sinarmas.co.id pada menu layanan konsumen-registrasi klaim asuransi, atau
  • Langsung mengunjungi Kantor Cabang Asuransi SinarMas terdekat
  • Untuk pengajuan klaim asuransi kecelakaan (partial loss): surveyor akan melakukan survei kendaraan terlebih dahulu di kantor cabang Asuransi SinarMas terdekat atau di rumah / kantor tertanggung, nasabah perlu menyertakan kelengkapan dokumen (formulir klaim yang sudah di isi dengan lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli, formulir klaim dengan stempel dari perusahaan khusus polis serta nama perusahaan, Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Kepolisian setempat (STPL) khusus untuk kendaraan yang mengalami kerusakan parah atau kehilangan spare parts kendaraan/lecet akibat perbuatan jahat orang lain), setelah itu perusahaan asuransi akan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) supaya kendaraan dapat segera diperbaiki di bengkel rekanan.
  • Untuk pengajuan klaim CTLO (Constructive Total Loss) atau kendaraan mengalami kerusakan parah: maka kamu perlu melengkapi dokumen BPKB asli, STNK asli, Surat Blokir STNK asli, kunci kendaraan asli dan juga cadangan, buku KIR (untuk kendaraan sejenis pick up), 2 lembar kwitansi kosong yang sudah di tanda tangani oleh pihak tertanggung (salah satunya harus bermaterai), faktur asli, surat pernyataan Subrogasi yang sudah ditandatangani diatas materai, dan juga surat pelepasan hak (jika a/n perusahan atau badan hukum)
  • Untuk pengajuan klaim asuransi kehilangan kendaraan (stolen): nasabah juga harus mempersiapkan kelengkapan dokumen, seperti formulir klaim yang sudah di isi secara lengkap, STNK asli, Surat Penyitaan dari pihak kepolisian (khusus untuk STNK yang disita), kunci kendaraan asli dan cadangan, KTP asli (jika nama pelapor yang terdapat pada formulir klaim asuransi bukan nama tertanggung, formulir klaim asuransi yang berstempel perusahaan (khusus polis asuransi a/n perusahaan), Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kantor kepolisian setempat, BPKB asli, faktur asli, Surat Blokir STNK asli, dan juga Surat Keterangan Hilang asli dari Polda.

E. Cara Klaim Asuransi Mobil Allianz

Berikut ini merupakan tips dan cara klaim asuransi mobil Allianz yang bisa kamu lakukan.

  • Segera membuat laporan kepada pihak Allianz dalam jangka waktu kurang dari 72 jam, terhitung sejak kejadian, baik untuk kerugian akibat kecelakaan atau kehilangan
  • Dapatkan persetujuan dari perusahaan asuransi dengan cara memberikan semua data melalui telepon/fax/telex/surat, seperti nomor polis asuransi, nama pemilik polis, merek kendaraan, nomor polis kendaraan, tanggal kejadian, tempat kejadian, kerugian benda, dan uraian singkat kronologi terjadinya kecelakaan/kerugian.
  • Lengkapi dan serahkan semua dokumen pendukung klaim, seperti formulir klaim, fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, dan surat keterangan dari kepolisian setempat (B.A.P.) untuk klaim kendaraan jika kehilangan perlengkapan standard/non-standard atau kehilangan kendaraan dan juga jika kendaraan kamu mengalami rusak berat serta menyangkut pihak ketiga.
  • Khusus klaim asuransi kehilangan kendaraan atau kerusakan total, dokumen yang perlu Kamu lengkapi yaitu STNK asli, kunci kontak kendaraan minimal 2, surat keterangan KADIT RESERSE POLDA, BPKB asli dan faktur, blanko kwitansi kosong rangkap tiga, dan juga melakukan pemblokiran STNK.
  • Khusus untuk cara klaim asuransi mobil yang melibatkan tanggung jawab hukum pihak ketiga (bila dituntut untuk mengganti semua kerugiannya), semua dokumen yang diperlukan adalah surat keterangan dari kepolisian setempat (Berita Acara Pemeriksaan), fotokopi STNK dan SIM dari pihak ketiga, surat tuntutan dari pihak ketiga yang sudah ditandatangani diatas materai, foto kerugian materi dari pihak ketiga, dan juga surat pernyataan ada atau tidaknya asuransi.
  • Tunggu keputusan atas tanggung jawab dari pihak asuransi mengenai tindakan untuk memperbaiki atau mengganti biaya perbaikan kerusakan yang terjadi.
  • Untuk detail lebih lengkapnya, kamu bisa mengecek informasi pada website resmi Allianz di https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-kendaraan.html# atau hubungi call center dan kunjungi kantor Divisi Klaim PT Asuransi Allianz Utama Indonesia secara langsung.

F. Cara Klaim Asuransi Mobil Mandiri Tunas Finance

Untuk cara klaim asuransi mobil dari MTF atau Mandiri Tunas Finance, berikut dokumen persyaratan yang harus dilengkapi:

  • Isi formulir klaim asuransi mobil.
  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk klaim asuransi kerusakan, seperti fotokopi KTP, fotokopi SIM, fotokopi STNK, dan fotokopi polis.
  • Sedangkan untuk proses pengajuan klaim asuransi kehilangan, siapkan semua dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi KTP, laporan kehilangan dari pihak kepolisian setempat, surat blokir STNK, dan juga Surat Kadit Serse Polisi (wajib).
  • Untuk informasi yang lebih lengkapnya, Kamu bisa menghubungi customer service Hallo Mandiri Tunas Finance di nomor layanan pelanggan 1500-059 pada hari dan jam kerja Senin - Jumat pukul 08.30 - 17.30, atau mengirim email ke customer.service@mtf.co.id, atau hubungi customer service MTF melalui chat Whatsapp resmi di nomor 081113705740 (chatbot MARSHA), atau kunjungi website resmi MTF di https://www.mtf.co.id.

G. Cara Klaim Asuransi Mobil Cakrawala Proteksi

Untuk cara klaim asuransi mobil di perusahaan asuransi ini, kamu wajib melaporkan klaim awal kurang dari 3 x 24 jam setelah kejadian. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Hubungi 24H Hotline Claim Insurance di nomor 021 – 5313 2777, atau
  • Kunjungi kantor cabang ACPI terdekat di tempat kamu, atau
  • Ajukan Klaim ACP Digital melalui website resminya untuk layanan klaim asuransi kendaraan bermotor di www.cakrawalaproteksionline.com, atau
  • Langsung download aplikasi CakrawalaProteksiOnline untuk pengguna Android di Google Play Store.
  • Segera bawa mobil Kamu ke Kantor cabang Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia atau Service Point untuk segera dilakukan pengecekan kendaraan oleh petugas survey atas kerusakan yang diajukan sebagai klaim.
  • Isi semua formulir klaim asuransi secara lengkap dan jelas serta serahkan kembali kepada petugas survey dengan melampirkan dokumen pendukung klaim asuransi.
  • Setelah semua persyaratan dipenuhi, petugas survey akan langsung mengarahkan Kamu ke bengkel rekanan untuk melakukan perbaikan.
  • Untuk klaim asuransi secara digital, isi laporan klaim dan upload foto dokumen yang diperlukan. Selanjutnya, staff asuransi akan menghubungi kamu kembali dengan detail mengenai jadwal survey ke rumah Kamu.
  • Untuk kelengkapan dokumen pendukung klaim kerugian sebagian, klaim asuransi kendaraan hilang, hingga klaim kendaraan rusak berat, cek daftar lengkapnya di https://www.cakrawalaproteksi.com/Layanan/KlaimMotor.

Biaya Klaim Asuransi Mobil / Kendaraan

Apakah klaim asuransi mobil bayar? Kalau iya, berapa biaya klaim asuransi mobil? Nah, untuk menjawab semua pertaan ini, sebenarnya tergantung kondisi dan juga kasus apa yang membuat kamu memerlukan pengajuan klaim asuransi. Karena, ada beberapa kondisi klaim yang dimana kamu memerlukan biaya own risk atau yang juga sering disebut sebagai deductible. Own risk atau deductible adalah biaya risiko yang ditanggung atau dikeluarkan sendiri oleh pemilik asuransi mobil pada saat mengajukan klaim asuransi.

Besaran nominal biaya deductible atau risiko sendiri tergantung kebijakan dari setiap perusahaan asuransi. Jika secara umum, biaya deductible untuk polis asuransi all risk adalah berikisar Rp 300.000 per kejadian. Sementara itu, untuk kasus huru-hara, besarannya sekitar 10% dari nilai klaim, yaitu minimal sebesar Rp 500.000.

Itulah beberapa cara klaim asuransi mobil All Risk dan TLO yang bisa Kamu lakukan beserta dengan syarat dan biaya yang perlu Kamu persiapkan.

Type and hit Enter to search

Close