Breaking News

Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera Agar Dana Cair

Walaupun kita sering mendengar istilah asuransi, tapi diantara kita masih ada banyak masyarakat yang tidak terlalu memahami apa itu asuransi dan apa saja manfaatnya bagi mereka. Alhasil sebagian dari mereka yang sudah memiliki asuransi akan memikirkan bagaimana cara menutup polis asuransi bumiputera. Padahal, asuransi bukanlah suatu hal yang sepele bahkan bisa juga dibilang sangat penting, terutama untuk hal perlindungan ataupun proteksi. Sebenarnya, apa sih Asuransi itu?

Apa itu Asuransi?

Asuransi adalah salah satu cara untuk mendapatkan perlindungan yang pada akhirnya berhubungan dengan kondisi finansial kamu. Secara umum, ada beberapa manfaat dari asuransi, yaitu:
  • Ketenangan dalam jangka panjang.
  • Berperan sebagai tabungan dan juga investasi.
  • Meminimalisir kerugian yang mungkin akan terjadi di masa mendatang.
  • Membantu mempermudah pengelolaan keuangan Kamu.
Sebelum kamu memutuskan untuk mengetahui cara tutup asuransi BumiPutera milik Kamu, ada baiknya jika Kamu memikirkan ulang secara matang. Tetapi jika Kamu memang sudah yakin, maka Kamu bisa mengikuti langkah-langlah di bawah ini.

Cara Tutup Polis Asuransi Bumiputera

cara-tutup-polis-bumiputera

Memang sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, terlebih lagi di industri asuransi, sehingga hal ini yang menyebabkan pemegang polis memutuskan untuk lebih memilih menutup asuransi Bumiputera milik mereka. Saat akan menawarkan produk asuransi, memang seharusnya para agen atau pegawai asuransi memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai bagaimana cara mendaftar dan juga cara menutup polis asuransi bumiputera. Selain itu, nasabah juga berhak untuk mendapatkan panduan hingga mereka terbebas dari berbagai masalah asuransi. Walaupun begitu, masih ada banyak alasan di balik keputusan para nasabah untuk berhenti dan memilih tutup polis asuransi milik mereka. Jadi, memang tidak bisa kita lihat hanya dari satu sisi saja.

Untuk cara menutup polis asuransi bumiputera, ada dua langkah, yaitu dengan datang ke kantor cabang terdekat dan melalui online via email. Saat Kamu memutuskan untuk menutup polis asuransi Kamu, kamu juga harus tahu bagaimana cara klaim asuransi bumiputera agar usaha kamu untuk mendapatkan hak tidak akan percuma.

1. Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera Melalui Kantor Pusat / Cabang

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, Bumiputera memiliki banyak kantor cabang yang tersebar disetiap daerah. Tentunya hal ini ditujukan agar bisa mempermudah niat kamu untuk segera menutup polis asuransi. Kamu bisa memilih kantor cabang di mana saja yang paling dekat dengan tempat tinggal atau tempat kamu bekerja saat ini. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk bisa datang ke kantor cabang perusahaan asuransi Bumiputera.

Konsultasikan dengan pegawai asuransi tentang prosedur penutupan polis asuransi Bumiputera. Selain itu, kamu juga bisa mengecek saldo asuransi Kamu di sana. Jika informasi yang diberikan sudah lengkap dan jelas sehingga kamu dapat memahami setiap prosesnya sampai berapa lama pencairan dana asuransi bumiputera, maka kamu bisa mengikuti semua prosedur cara penutupan polis asuransi.

2. Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera Melalui Email

Selain datang ke kantor cabang Bumiputera terdekat, kamu juga bisa mengikuti cara menutup polis asuransi Bumiputera melalui email. Bagi sebagian orang, langkah ini dinilai jauh lebih efisien karena mereka tidak perlu susah payah datang ke kantor cabang Bumiputera. Tentu saja, kamu bisa memilih cara mana yang paling nyaman dan memudahkan kamu untuk segera menutup polis asuransi. Saat ini Kamu telah hidup di zaman modern, yang dimana setiap layanan bisa didapatkan secara online atau digital. Untuk cara menutup polis via email, kamu harus tahu terlebih dahulu alamat email Bumiputera yang digunakan khusus untuk melayani penutupan polis.

Prosedur dan Dokumen Tutup Polis Asuransi Bumiputera

Terlepas dari apapun alasan yang kamu miliki untuk mengikuti cara menutup polis asuransi Bumiputera, ada banyak hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu dan juga Kamu pertimbangkan. Jika penutupan asuransi dilakukan sebelum waktunya, mungkin nantinya bakal ada denda yang harus kamu tanggung. Sama halnya seperti pada saat Kamu membeli asuransi dan mengajukan klaim, ada prosedur yang harus kamu jalankan juga saat Kamu ingin menutup polis. Kamu tidak bisa sesuka hati untuk berhenti membayar premi tanpa melakukan pengajuan penutupan. Apabila tidak mengikuti semua proses dan syarat penutupan polis, maka kamu tidak bisa mengharapkan pengembalian dana premi asuransi Bumiputera. Berikut ini merupakan prosedur yang harus kamu jalani.

1. Datang ke Kantor Cabang / Pusat Bumiputera

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya tentang cara menutup polis asuransi Bumiputera, maka kamu harus datang ke kantor cabang Bumiputera. Dengan kata lain, kamu harus mendatangi pihak perusahaan. Utarakan tujuan Kamu untuk menutup polis agar mereka bisa segera memproses permintaan kamu. Selain itu, Kamu juga bisa menghubungi mereka melalui telepon atau email, sehingga Kamu tidak perlu datang ke kantor cabang. Karena cara tutup polisa asuransi Bumiputera juga bisa dilakukan via email jika kamu sudah tahu berbagai prosedur dan prosesnya.

2. Lengkapi Dokumen dan Persyaratan

Untuk cara menutup polis asuransi Bumiputera milik kamu, perusahaan harus memastikan terlebih dahulu kelengkapan dokumen dan persyaratan. Ada dokumen yang berisi tentang pernyataan penutupan polis, yang dimana kamu harus melakukannya dengan sadar tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Jika ada poin dari dokumen yang kurang Kamu pahami, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas. Sementara untuk persyaratan yang harus kamu lengkapi, yaitu:
  • Kartu Identitas (KTP) asli dan fotokopi.
  • Fotokopi buku tabungan yang berbeda dengan rekening pendebetan.
  • Semua berkas asuransi termasuk kartu polis dan juga akad.

3. Menunggu Pengembalian Sisa Dana Premi Asuransi Bumiputera

Tidak bisa dipungkiri jika kamu berharap ada dana asuransi yang akan dikembalikan setelah Kamu memilih untuk menutup polis asuransi Bumiputera. Sesuai dengan perhitungan dan keputusan pihak penyedia asuransi, maka dana tentu tidak akan bisa kembali secara utuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi Kamu untuk memahami hal ini saat bersedia membeli polis jenis asuransi tertentu. Tunggu sampai perusahaan Bumiputera mengirimkan sisa dana premi Asuransi ke rekening kamu setelah semua dokumen serta persyaratan dipenuhi dan petugas memproses permintaan penutupan polis yang telah kamu ajukan.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat ecerin sampaikan mengenai cara menutup polis asuransi Bumiputera. Sebelum memutuskan untuk di tutup, ada baiknya jika kamu pikirkan lagi secara matang, karena dana premi asuransi Bumiputera tidak bisa dikembalikan secara utuh.

Type and hit Enter to search

Close