Breaking News

Cara Menutup Polis Asuransi AIA BCA Melalui Online dan Offline dengan Mudah

Ada kalanya terkadang kita merasa ingin berhenti dari asuransi karena keadaan darurat tertentu. Bagi kamu yang merupakan nasabah AIA, mungkin kamu juga pernah berpikir bagaimana cara menutup polis asuransi AIA BCA melalui online dan offline dengan mudah.

Penting bagi Kamu untuk teliti dan mencermati terlebih dahulu apa saja syarat dan dokumen yang harus dipersiapkan dan bagaimana caranya berhenti dan tutup polis asuransi Kamu di AIA.

Nah, pada kesempatak kali ini ecerin akan memberikan informasi terkait hal apa saja yang perlu dipertimbangkan jika Kamu mau berhenti menjadi peserta asuransi AIA BCA dan menutup polisnya.

Cara Menutup Polis Asuransi AIA BCA Melalui Online dan Offline

cara-tutup-polis-aia

Ada dua cara yang bisa Kamu pilih untuk berhenti dan menutup polis asuransi AIA BCA yang dimiliki, yaitu melalui online dan offline dengan mendatangi kantor cabang/pusat. Penasaran, bagaimana prosesnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Cara Berhenti dan Tutup Polis Asuransi AIA BCA Secara Offline 

Berikut ini merupakan langkah-langkah atau cara berhenti dan menutup asuransi AIA BCA secara offline. 
  1. Datang ke kantor cabang/pusat AIA atau menghubungi agen asuransi AIA.
  2. Siapkan polis asuransi asli dan KTP sebagai dokumen persyaratannya.
  3. Isi formulir pembatalan polis asuransi.
  4. Lengkapi dokumen persyaratan pendukung, seperti KTP, KK, buku rekening, dan yang lainnya.
Setelah semua proses di atas dilakukan dengan benar, nanti kamu akan diminta untuk menunggu konfirmasi dari pihak perusahaan AIA. Nantinya, pihak agen AIA BCA akan menghubungi kamu secara langsung terkait status penutupan polis asuransi milik Kamu.

Cara Menutup Polis Asuransi AIA BCA Melalui Online

Jika Kamu sudah yakin dan memiliki keputusan yang bulat untuk berhenti dari asuransi, maka ecerin.com akan memberikan contoh proses cara tutup polis asuransi AIA BCA melalui online.

1. Hubungi pihak bank BCA

Jika asuransi kita terhubung dengan pihak bank BCA secara langsung, maka ada baiknya jika Kamu menghubungi pihak BCA terlebih dahulu untuk berhenti dan menutup polis asuransi. Pihak bank nantinya akan meneruskan kita ke pihak perusahaan asuransi.

2. Hubungi pihak AIA

Setelah itu kita meminta permohonan pembatalan polis asuransi ke perusahaan AIA. Selanjutnya AIA akan memberikan kita formulir untuk diisi yang akan dibahas pada poin yang berikutnya.

3. Kosongkan saldo di rekening autodebet 

Jika Kamu merasa kalau membatalkan asuransi lewat AIA atau BCA terlalu sulit, maka Kamu bisa mencoba proses yang lainnya. Salah satunya adalah dengan cara mengosongkan saldo yang ada di rekening autodebet untuk membayar premi bulanan asuransi di AIA.

Jika sudah begitu, maka pihak asuransi nantinya akan menghubungi Kamu dan menanyakan terkait kelanjutan pembayaran asuransi Kamu. Nah, disini Kamu bisa menyampaikan tujuannya kalau ingin berhenti.

4. Tutup rekening BCA

Setelah Kamu mengosongkan rekening, maka Kamu juga bisa menutup rekening tersebut. Jika Kamu ingin mendaftar rekening baru, maka bisa ditanyakan saja kepada pihak bank BCA apakah rekeningnya akan bekerja sama dengan perusahaan asuransi AIA. Sampaikan ke pihak bank BCA jika Kamu tidak ingin bergabung.

Syarat Berhenti dan Tutup Polis Asuransi AIA BCA

Tentunya, cara menutup asuransi AIA BCA tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa syarat yang harus Kamu penuhi. Adapun syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut.
  • Transaksi Batal/Penebusan Polis hanya bisa diproses jika formulir yang asli dan/atau berkas yang lainnya sebagai persyaratan telah diisi secara benar dan lengkap.
  • Khusus untuk produk asuransi unit link, semua kelengkapan di atas yang diterima oleh Kantor Pusat Penanggung/Pengelola hanya sampai pukul 13.00 WIB. Kita akan mendapatkan nilai unit pada hari berikutnya sesuai dengan tanggal terima berkas.
  • Polis yang sudah dilakukan Pembatalan/Penebusan tidak akan diperkenankan untuk melakukan Pemulihan polis asuransi.
  • Biaya administrasi bank dan transfer ditanggung oleh Kamu sebagai Pemegang Polis.
  • Biaya administrasi pembatalan SPAJ/Polis dan biaya pemeriksaan kesehatan (jika ada) ditanggung oleh Kamu sebagai Pemegang Polis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Setelah semua syarat di atas terpenuhi, maka kamu sudah bisa melakukan cara berhenti dan menutup polis asuransi AIA BCA agar disetujui.

Kelengkapan Dokumen Persyaratan Berhenti dan Menutup Polis Asuransi AIA BCA

Jika Kamu lebih memilih untuk membatalkan atau menutup polis melalui bantuan karyawan asuransi AIA secara langsung, maka Kamu nantinya akan diminta untuk mengisi Formulir Permohonan Pembatalan Polis Asuransi.

Ada beberapa data dan berkas yang perlu Kamu persiapkan untuk kelengkapan dokumen sebelum melakukan cara berhenti atau menutup polis asuransi AIA BCA, yaitu:
  • Nomor polis.
  • Nama pemegang polis.
  • Kewarganegaraan.
  • Lampiran fotokopi identitas pemegang polis yang masih berlaku, yaitu: KTP/SIM/Paspor untuk Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Lampiran fotokopi paspor dan KIMS/KITAS/KITAP dan mengisi formulir untuk Warga Negara Asing (WNA).
  • Alasan menutup polis asuransi.
  • Mengisi informasi data rekening untuk pengembalian premi (nama bank, nomor rekening, dan nama pemilik rekening).
Kamu juga perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai kelengkapan data untuk proses pengajuan pembatalan atau menutup polis asuransi AIA BCA, yaitu sebagai berikut.
  • Polis asli.
  • Surat kehilangan dari pihak kepolisian yang telah ditandatangani oleh Pemegang Polis (wajib jika polis asuransi hilang), jika surat kehilangan dari pihak kepolisian tidak ditandatangani oleh Pemegang Polis, maka Kamu wajib melampirkan surat pernyataan kehilangan yang juga ditandatangani oleh Pemegang Polis di atas meterai.
  • Fotokopi identitas Pemegang Polis yang masih berlaku, seperti KTP/SIM/Passport.
  • Formulir beda tanda tangan dan bermeterai yang ditandatangani oleh Pemegang Polis (jika memang ada perbedaan tandatangan).

Cara Mencairkan Asuransi AIA BCA

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara klaim dan mencairkan dana asuransi AIA BCA:

  1. Ajukan dokumen klaim asuransi di kantor pusat / cabang perusahaan AIA BCA terdekat.
  2. Pemeriksaan kelengkapan dokumen pengajuan klaim.
  3. Tunggu pemberitahuan dari pihak Asuransi AIA BCA yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Tunggu hasil keputusan klaim asuransi Kamu.
  5. Cek pembayaran klaim asuransi AIA BCA.
  6. Cek penerimaan klaim asuransi.
  7. Dana asuransi di cairkan.

Itulah beberapa informasi yang dapat Kami sampaikan terkait cara berhenti atau menutup polis asuransi AIA BCA beserta dengan dokumen persyaratan sebagai kelengkapan data.

Type and hit Enter to search

Close