Bagaimana cara mencairkan asuransi AXA Mandiri sebelum jatuh tempo? Cukup banyak nasabah dari perusahaan AXA Mandiri yang mencari tahu informasi satu ini.

Perlu kamu ketahui sebelumnya kalo setiap polis asuransi memiliki masa perjanjian yang berbeda. Misalnya saja, jika pencairan dana baru bisa diambil apabila sudah berusia selama 5 tahun, 10 tahun, atau 15 tahun.

Nah, jika kamu membatalkan dan menutup polis asuransi AXA Mandiri, apakah uang premi bisa kembali dan dicairkan? Biar lebih paham, simak ulasan yang ada di bawah ini yuk!

Cara mencairkan Asuransi AXA Mandiri sebelum jatuh tempo

mencairkan-asuransi-sebelum-jatuh-tempo

Sebelum Kamu melakukan klaim asuransi asal-asalan, kemudian minta pencairan dana jauh sebelum jatuh tempo, maka akan sangat penting untuk kamu sebagai nasabah agar membaca dan memahami terlebih dahulu polis asuransi dengan jelas di awal. 

Karena setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki prosedur masing-masing dalam membantu nasabahnya untuk melakukan klaim dan mecairkan dana asuransi. 

Namun, bukan berarti nasabah juga bisa mengambilnya kapan saja sesuai kemauannya. Hal ini tergantung pada jenis polis asuransi yang kamu beli. 

Misalnya saja, jika kamu membeli jenis asuransi jiwa unit link yang nilai investasinya baru dapat diambil setelah 10 tahun, maka kamu harus sabar menunggu hingga akhir masa jatuh tempo.

Banyak kasus nasabah yang merasa kecewa karena mereka tidak mendapatkan nilai tunai dari hasil investasinya yang memang kebanyakan dari mereka yang melakukan pencairan dana sebelum waktunya dan tidak memahami apa yang tertulis dalam polis asuransi dengan baik dan benar.

Selain pencairan dana, ada juga juga pengembalian dana premi. Namun, biasanya hal ini juga baru dapat dilakukan pada akhir masa periode asuransi dan peserta asuransi tidak pernah mengajukan klaim asuransi sama sekali selama mereka menjadi pemegang polis.

Di perusahaan asuransi AXA Mandiri sendiri, salah satu contoh pencairan dana nasabah asuransi jiwa dapat dilakukan jika sudah mencapai hingga selama 5 tahun.

Kalau kamu merupakan salah satu nasabah asuransi jiwa AXA Mandiri yang sebentar lagi sudah mendekati 5 tahun dan ingin mencairkan dananya, maka segera Kamu hubungi agen atau customer service AXA Mandiri dan lakukan langkah-langkah mudah berikut ini.

1. Unduh formulir pencairan dana asuransi AXA Mandiri

Tidak perlu mendatangi kantor cabang, kamu bisa cek dan unduh sendiri formulir pencairan dana asuransi AXA Mandiri yang pada umumnya digabung dengan formulir pembatalan polis di https://axa-mandiri.co.id/formulir.

Isi formulir dengan lengkap benar, khususnya pada Detail Perubahan, Data Pribadi Nasabah, Penarikan Dana Investasi serta Rekening Tujuan Pencairan Manfaat Polis.

Pastikan juga kalau sudah ditandatangani dan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan lainnya, misalnya saja seperti fotokopi KTP nasabah, Buku Polis asli dll.

2. Siapkan dokumen dan persyaratan yang diminta

Beberapa dokumen persyaratan lainnya yang diperlukan, yaitu:
Data rekening, pastikan nama nasabah sesuai dengan Surat Kuasa Debet Rekening (SKDR).
Buat surat pernyataan jika nama nasabah berbeda dengan nama yang tercantum di rekening tujuan.
Minimal saldo asuransi yang dapat ditarik Rp 1 juta, sisa saldo Rp5 juta per polis.
Standar minimal jumlah penarikan tidak berlaku jika jumlah yang akan ditarik mengakibatkan saldo investasi jauh di bawah minimal yang telah ditentukan. 

3. Cek dan tunggu hasil pencairan dana asuransi AXA Mandiri

Dana asuransi AXA Mandiri tidak bisa langsung cair, setidaknya membutuhkan waktu 7 hari sejak dokumen persyaratan diterima dengan lengkap oleh kantor pusat AXA Mandiri. 

Karena, adanya proses verifikasi kelengkapan data dan kesesuaian dokumen oleh pihak perusahaan asuransi AXA Mandiri.

Biasanya, pencairan akan dilakukan sesuai dengan tanggal terbit polis asuransi AXA Mandiri milik nasabah, misalnya saja seperti berikut ini:

Polis terbit tanggal 1-15, maka pencairan akan dilakukan pada tanggal 1 sampai 3.
Polis terbit tanggal 16-31, maka pencairan akan dilakukan pada tanggal 16 sampai 18.

Jika proses pencairan asuransi AXA Mandiri Kamu gagal, maka Kamu cek kembali data data atau prosedur dan lakukan kembali proses ini dari awal.

Hubungi dan tanyakan juga kepada customer service AXA mandiri melalui email ke customer@axa-mandiri.co.id atau hotline resmi AXA Mandiri (021) 30058788.

Cara Membatalkan Polis Asuransi AXA Mandiri

  1. Hubungi call center AXA Mandiri di nomor +6221 3005 8788.
  2. Unduh formulir pembatalan di www.axa-mandiri.co.id.
  3. Mengembalikan dokumen polis asuransi AXA Mandiri Kamu.
  4. Menunggu proses pembatalan polis asuransi AXA Mandiri selesai dilakukan.

Layanan pengaduan dan nomor call center AXA Mandiri

  • Nomor Call Center AXA Mandiri 24 Jam:
    • AXA Mandiri SMS: 67999.
    • AXA Voice: +62 21 3005 9999.
  • Nomor Whatsapp AXA Mandiri: 08158153313.
  • AXA Mandiri Quick Response: (021) 3005 8788 dan faksimile di (021) 3005 7800.

Alamat Kantor Pusat Asuransi AXA Mandiri

AXA Tower Lantai GF
Jl. Prof Dr. Satrio Kav. 18, Kuningan City, Jakarta 12940.

Namun untuk mengirimkan komplain atau keluhan, kamu juga dapat mengirimkan surat ke alamat berikut ini:

Up. Complaint Management Unit AXA Financial
AXA Tower Lantai GF
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Kuningan City, Jakarta 12940.

Itulah informasi terbaru yang dapat ecerin sampaikan mengenai bagaimana Cara Mencairkan Asuransi AXA Mandiri Sebelum Masuk Masa Jatuh Tempo.