Hampir semua masyarakat di Indonesia sudah tidak asing dan mengenal FIF serta bagaimana cara menggunakan jasa layanannya terutama pada jenis pembiayaan kendaraan. FIF atau FIF Group memang sudah berpengalaman dalam bidang pembiayaan yang meliputi modal kerja, multiguna, syariah, jasa serta investasi. Lantas, bagaimana cara cek saldo FIF dengan Mudah? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Bagi Kamu yang memiliki angsuran FIF, tentunya Kamu mendapatkan nomor kontrak sebagai identitas debitur. Cara cek angsuran FIF memang penting Kamu lakukan untuk menghindari denda keterlambatan pembayaran. Seperti halnya cara mengecek angsuran KUR BRI, kini kamu juga bisa melakukannya melalui online ataupun offline.

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, banyak orang yang lebih memilih cara cek angsuran FIF melalui online karena jauh lebih mudah dan cepat. Tidak hanya sebatas bisa digunakan untuk mengecek angsuran saja, kamu juga bisa memanfaatkan beberpa fitur yang tersedia seperti halnya bayar angsuran FIF melalui online sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang terdekat.

Nomor kontrak memang menjadi hal yang sangat penting untuk digunakan pada saat Kamu ingin cek angsuran FIF, kamu bisa melihatnya di buku angsuran atau menghubungi pihak FIF Group. Dengan menggunakan nomor kontrak debitur, maka Kamu dapat mengetahui berapa jumlah angsuran bulanan yang masih belum di bayar untuk kemudian menghitung pengeluaran secara jelas.

cek-angsuran-fif

Pada artikel kali ini Kami akan berbagi informasi kepada Kamu mengenai bagaimana cara cek angsuran FIF dan membayarnya. Tetapi sebelum ke pembahasan inti, disini ecerin akan mengulas sedikit profil perusahaan yang satu ini. Simak selengkapnya berikut ini.

Apa itu FIF?

PT Federal International Finance (FIFGROUP) merupakan perusahaan pembiayaan yang awalnya bernama PT Mitrapusaka Artha Finance pada 1 Mei 1989. Adanya perubahan pada komposisi pemegang saham Perseroan yang terjadi pada tahun 1991 yang lalu membuat Mitrapusaka Artha Finance berganti nama menjadi Federal International Finance yang merupakan entitas anak dari perusahaan PT Astra International Tbk. Federal International Finance bergerak dalam bisnis pembiayaan seperti:

  • Pembiayaan Investasi
  • Pembiayaan Modal Kerja
  • Pembiayaan Multiguna
  • Sewa Operasi (Operating Lease)
  • Kegiatan Berbasis Fee
  • Pembiayaan Syariah
  • Pembiayaan yang Lainnya berdasarkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan.

Seiring dengan berkembangnya bidang bisnis Perseroan, sejak tahun 1996 yang lalu Federal International Finance hanya fokus pada pembiayaan sepeda motor merek Honda. Melalui identitas baru FIFGROUP yang diluncurkan pada tahun 2013 lalu, menandai transformasi di dunia bisnis Perseroan dalam bisnis pembiayaan di Indonesia.

Per akhir tahun 2017, Perseroan memberikan layanan pembiayaan untuk kendaraan bermotor dan pembiayaan multiguna yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan nasabahnya. Langkah transformasi bisnis yang ada di bawah naungan brand FIFGROUP ini disertai dengan perkembangan lini usaha Perseroan.

Selain FIFASTRA, SPEKTRA dan AMITRA, pada Bulan Maret 2017 yang lalu, FIFGROUP juga meluncurkan DANASTRA yaitu produk pembiayaan yang berfokus pada layanan pembiayaan multiguna dan juga modal kerja. Untuk mendukung penjualan semua produknya pembiayaan tersebut, pada akhir 2018 Perseroan telah berhasil merintis FIFADA sebagai channel E-commerce.

Cara Cek Angsuran FIF

Cara cek tagihan FIF bisa dilakukan melalui online dan offline, baik itu via aplikasi, mobile customer, e-commerce, mini market, ataupun memdatangi kantor cabangnya secara langsung.

Apabila Kamu ingin tahu bagaimana cara cek angsuran FIF dengan mudah, silahkan Kamu simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Cek Sisa Angsuran FIF Lewat Online melalui i.Saku

Cara cek angsuran FIF yang pertama bisa Kamu lakukan melalui aplikasi i.saku. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya kalau i.saku merupakan produk uang elektronik dengan berbagai fitur pembayaran lengkap termasuk salah satunya yaitu angsuran FIF.

Untuk cara cek angsuran FIF lewat i.Saku, simak selengkapnya berikut ini:

  1. Unduh i.saku di Google Play Store
  2. Daftar menggunakan nomor Hp Kamu.
  3. Pilih menu Lihat Semua.
  4. Setelah itu, pilih menu Kredit Angsuran.
  5. Cari FIF Astra Spektra di kolom pencarian atas.
  6. Lalu, pilih menu FIF.
  7. Masukan nomor kontrak FIF Kamu.
  8. Pilih menu Bayar.
  9. Nanti akan muncul angsuran FIF Kamu secara detail.

2. Cara Cek Angsuran FIF Grup Lewat Indomaret

Apabila kamu tidak ingin mengikuti cara cek angsuran FIF lewat aplikasi, maka Kamu juga bisa mengecek angsuran melalui website Klik Indomaret. Kamu cukup memasukkan nomor kontrak FIF, kemudian nanti akan muncul secara detail informasi angsurannya. Jika kamu masih bingung, silakan ikuti langkah-langkah yanga ada di bawah ini.

  1. Masuk ke situs virtual.klikindomaret.com dari browser Hp kamu.
  2. Pastikan kalau Kamu sudah memiliki akun dan apabila belum, maka Kamu bisa pilih menu Masuk/Daftar.
  3. Masuk ke menu Multi Finance.
  4. Selanjutnya cari FIF.
  5. Masukkan nomor kontrak FIF dan pilih menu Bayar.
  6. Nanti akan tampil angsuran pada layar.

3. Cara Cek Angsuran FIF Lewat Aplikasi FIFGROUP Mobile Customer

Cara cek angsuran FIF selanjutnya bisa Kamu lakukan lewat aplikasi FIFGROUP Mobile Customer dari FIF secara gratis. Dengan aplikasi ini, maka Kamu bisa mengecek angsuran bulanan tanpa perlu memasukkan nomor kontrak. Selain itu, prosesnya juga mudah dan cepat serta bisa langsung sekalian membayarnya secara online. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Unduh FIFGROUP Mobile Customer di Smartphone Kamu
  2. Buka dan lakukan Pendaftaran.
  3. Setelah itu, nanti akan tampil angsuran untuk bulan ini.
  4. Untuk lebih detailnya, Kamu bisa pilih menu Lihat cicilan saat ini, maka angsurannya akan tampil secara rinci.

4. Cara Cek Tagihan FIF lewat Tokopedia

Tokopedia juga menyediakan fasilitas pembayaran FIF untuk semua jenis cicilan seperti motor, mobil ataupun multifinance yang lainnya. Pada dasarnya cara cek tagihan FIF lewat tokopedia ini bisa kamu Kamu lakukan melalui HP di websitenya. Supaya bisa memudahkan Kamu dan agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Buka situs Tokopedia di Smartphone Kamu.
  2. Pilih menu Angsuran.
  3. Kemudian cari dan pilih FIF pada kolom penyedia pinjaman.
  4. Masukkan nomor kontrak FIF milik Kamu.
  5. Pilih menu Bayar.
  6. Rincian angsuran nanti akan muncul.

5. Cara Cek Angsuran FIF Lewat Minimarket

Cara cek angsuran FIF berikutnya adalah Lewat Indomaret, Alfamart, Alfa Express, Lawson serta Alfamidi. Dengan menggunakan nomor kontrak milik kamu, maka Kamu bisa secara langsung menanyakan berapa sisa angsuran FIF Kamu kepada kasir sebelum melakukan pembayaran.

Berikut ini merupakan cara cek angsuran FIF lewat mini market dengan mudah:

  1. Datang ke minimarket terdekat.
  2. Tunjukan nomor kontrak FIF Kamu ke kasir.
  3. Nantinya kasir akan menyebutkan berapa nominal angsuran bulanan FIF milik Kamu.

6. Cara Cek Angsuran FIF Lewat ATM

FIF juga bekerjasama dengan berbagai Bank ternama di Indonesia untuk memudahkan pembayaran angsuran pelanggannya. Kamu dapat memanfaatkan mesin ATM untuk mengecek angsurannya kapan saja.

Setiap bank akan memiliki menu yang berbeda, silahkan simak cara cek angsuran FIF berikut ini:

Lewat ATM BCA


  1. Masukkan kartu ATM BCA Kamu.
  2. Masuk ke menu Transaksi Lainnya.
  3. Masuk ke menu Pembayaran.
  4. Pilih menu Pinjaman.
  5. Pilih menu FIFGROUP.
  6. Masukkan nomor kontrak FIF Kamu.
  7. Jumlah angsuran FIF Kamu akan muncul dilayar ATM.

Lewat ATM BRI


  1. Masukkan kartu ATM BRI Kamu.
  2. Masuk ke menu Transaksi Lain.
  3. Pilih menu Pembayaran.
  4. Pilih menu Cicilan.
  5. Masukkan kode 001 yang diikuti nomor kontrak FIF Kamu.
  6. Pilih menu Benar.
  7. Informasi angsuran FIF Kamu akan tampil.

Lewat ATM BNI


  1. Masukkan ATM BNI Kamu.
  2. Pilih MENU LAIN.
  3. Pilih menu PEMBAYARAN.
  4. Pilih menu ANGSURAN KREDIT.
  5. Pilih menu PEMBIAYAAN LAINNYA.
  6. Masukkan kode 1004 yang dilanjutkan dengan nomor kontrak FIF Kamu.
  7. Pilih menu TEKAN JIKA BENAR.
  8. Informasi angsuran FIF Kamu ditampilkan.

7. Cara Cek Angsuran Lewat Halo FIF

Cara cek angsuran FIF bisa Kamu lakukan dengan menghubungi call center. Jika prosesnya ingin cepat dilayani, maka telepon Halo FIF di nomor 1500-343. Kemudian sebutkan nomor kontrak dan CS akan segera memberikan informasi jumlah angsuran bulanan Kamu.

Tersedia juga layanan cara cek angsuran FIF lewat WhatsApp, kamu bisa chat langsung ke nomor WhatsApp FIF di 089521500343. untuk menanyakan berapa angsuran Kamu. Jika Kamu tidak ingin mengeluarkan biaya, maka Kamu juga bisa mengirim email ke hallofif@fifgroup.astra.co.id atau bisa juga dengan mengunjungi sosial media resmi milik FIF.

8. Cara Cek Angsuran FIF di Kantor Pos

Berikutnya adalah cara cek angsuran FIF lewat kantor POS dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan kontraknya.
  2. Kunjungi kantor POS terdekat
  3. Datangi loket pembayaran
  4. Berikan nomor kontrak FIF kepada petugas.
  5. Setelahnya itu petugas akan menyebutkan jumlah angsuran FIF dan Kamu dapat langsung membayarnya.

9. Cara Cek Angsuran FIF di Kantor Cabang

Cara cek angsuran FIF terakhir adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang FIF terdekat untuk menanyakan jumlah angsuran bulanan ataupun mendapatkan informasi tagihan yang lainnya. Cukup dengan memberitahu petugas nomor kontrak milik Kamu, maka akan langsung dilayani oleh petugas, silahkan Kamu tanyakan soal angsuran atau masalah pembayaran lainnya.

Cara Bayar Angsuran FIF

  1. Masukkan Kartu ATM Kamu.
  2. Pilih menu “Transaksi Lain”.
  3. Pilih menu “Pembayaran”.
  4. Pilih menu “Cicilan”.
  5. Masukkan Kode Finance dan nomor kontrak, untuk FIFGROUP yaitu “001+No.Kontrak Kamu”,
  6. kemudian pilih menu “Benar”
  7. Informasi Pembayaran FIFGROUP, kemudian pilih “Bayar”
  8. Simpan struk ATM pembayaran FIF Kamu sebagai bukti yang sah.

Itulah beberapa informasi terbaru yang dapat Kami sampaikan mengenai bagaimana cara cek angsuran FIF milik Kamu melalui berbagai langkah yang bisa Kamu pilih.