Breaking News

BPJS PBI dan Non PBI: Apa Bedanya? Bagaimana Cara Mengurusnya?

Saat ini peserta BPJS Kesehatan di Indonesia dikelompokkan menjadi dua, yaitu peserta BPJS PBI dan Non PBI. Peserta BPJS PBI adalah peserta BPJS yang mendapatkan bantuan iuran dari pemerintah.

Sedangkan, peserta BPJS Non PBI adalah peserta BPJS Kesehatan yang membayar iuran secara mandiri. PBI sendiri merupakan singkatan dari Penerima Bantuan Iuran.

bpjs-pbi-dan-non-pbi

Perbedaan Antara BPJS PBI dan Non PBI

Uraian diatas merupakan sedikit penjelasan tentang perbedaan BPJS PBI dan Non PBI. Penerima BPJS PBI Jaminan Kesehatan yaitu kelompok masyarakat di Indonesia dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah atau warga tidak mampu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sehingga mereka tidak perlu membayar iuran setiap bulannya, tetapi masyarakat tetap tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan aktif. Sedangkan peserta BPJS Non PBI Jaminan Kesehatan ini bisa juga disebut dengan peserta BPJS reguler. Mereka adalah sekelompok orang yang masih mampu untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya.

Cara Cek BPJS PBI Melalui Online

Peserta BPJS PBI adalah peserta yang terdaftar aktif sebagai penerima bantuan iuran dari pemerintah. Status keanggotaan tersebut bisa dicek secara online. Salah satunya yaitu melalui aplikasi Mobile JKN. Ketika Kamu sudah login ke dalam aplikasi tersebut, maka Kamu akan langsung mengetahui status kepesertaan BPJS Kamu masih aktif atau sudah tidak aktif.

Berikut ini merupakan cara cek BPJS Kesehatan PBI melalui online via aplikasi Mobile JKN:

  1. Unduh aplikasi Mobile JKN di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi Mobile JKN di smartphone jika sudah terinstall.
  3. Pilih menu “Pendaftaran Pengguna Mobile”.
  4. Lengkapi form informasi data diri sesuai dengan identitas, seperti kartu BPJS Kesehatan, NIK, tanggal lahir, alamat email, nomor HP, password, dan konfirmasi password.
  5. Cek email untuk melihat kode verifikasi pendaftaran.
  6. Masukkan kode tersebut pada bagian kolom verifikasi pendaftaran, lalu pilih menu “Verify”.
  7. Setelah pendaftaran selesai dan berhasil, langkah berikutnya adalah login di aplikasi Mobile JKN.
  8. Buka kembali aplikasi Mobile JKN di Smartphone Kamu.
  9. Login dengan memasukkan NIK dan password pada kolom yang tersedia.
  10. Masukkan kode captcha pada kolom yang tersedia.
  11. Lalu pilih menu “Login”.
  12. Pilih menu “Peserta”.
  13. Layar akan menampilkan status kepesertaan dan nomor BPJS Kesehatan milik Kamu.

Selain itu, Kamu juga bisa mengecek status keanggotaan melalui situs resmi BPJS Kesehatan di daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking dengan memasukkan data nomor BPJS serta tanggal lahir Kamu.

Syarat Daftar Peserta BPJS PBI

Untuk mendaftar sebagai salaj satu peserta BPJS PBI Jaminan kesehatan, maka Kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan, yaitu: KTP, KK, Surat Keterangan Tidak Mampu dari pejabat daerah yang berwenang, foto tempat tinggal dan anggota keluarga yang belum memiliki BPJS, serta surat pengantar pendaftaran PBI.

Fasilitas BPJS PBI

Fasilitas yang bisa Kamu dapatkan dari BPJS PBI ini memang berbeda dan tidak sebaik fasilitas untuk peserta BPJS Non PBI. Peserta BPJS PBI hanya bisa memilih Fasilitas Kesehatan (Faskes) pada tingkat satu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di tahap pertama.

Sementara itu untuk peserta BPJS Non PBI sendiri dapat memilih Faskes yang sesuai dengan keinginannya, selama Faskes yang dipilih telah bekerjasama sebagai rekanan dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, peserta BPJS PBI juga hanya bisa mendapatkan layanan kelas tiga saja dalam pelayanan kesehatan. Sedangkan peserta BPJS Non BPI bisa memilih dari kelas satu, dua, atau tiga, sesuai dengan kemampuan mereka membayar iuran setiap bulannya.

Namun mulai tahun 2022 saat ini, kabarnya pemerintah akan menerapkan BPJS Kelas StKamur. Hal ini memiliki arti jika tidak akan ada lagi pembedaan kelas satu, dua, atau tiga dalam pelayanan kesehatan dengan BPJS.

Cara Daftar BPJS PBI Melalui Online

BPJS PBI merupakan salah satu program bantuan dari pemerintah Indonesia di bidang pelayanan kesehatan. Sehingga perlu berbagai verifikasi untuk menentukan siapa saja peserta yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

Hal inilah yang membuat pendaftaran BPJS PBI tidak bisa dilakukan melalui online. Peserta harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat yang sesuai domisili secara langsung agar bisa mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan untuk daftar BPJS PBI.

Walaupun demikian, daftar BPJS PBI adalah hal yang mudah jika Kamu telah memenuhi kriteria dalam persyaratan. Namun jika tidak, maka Kamu masih bisa mendaftar sebagai peserta BPJS Non PBI.

Type and hit Enter to search

Close